5 Tips Mengulang Pelajaran Anti Membosankan untuk Anak Sekolah

Biar nggak bosan saat mengulang materi pelajaran, coba cara ini yuk!

7 Desember 2021

5 Tips Mengulang Pelajaran Anti Membosankan Anak Sekolah
Freepik/Pressfoto

Mengulang kembali materi pelajaran di sekolah memang sering kali menjadi hal yang membosankan bagi sebagian anak. Nggak jerang jika banyak anak yang merasa membaca atau mengingat ulang materi menjadi hal yang tidak menarik perhatian mereka.

Meski sering membuat rasa bosan, mengulang materi pelajaran justru menjadi salah satu cara efektif anak untuk meningkatkan kualitas dari hasil belajarnya, Ma. Ini karena akan membuat anak mama lebih mudah mengingat materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Agar mengulang pelajaran lebih bersemangat dan anti bosan, yuk simak beberapa tips yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Siapkan fokus dan konsentrasi penuh terlebih dahulu, inilah tips mengulang pelajaran anti membosankan untuk anak!

1. Menyiapkan fokus dan konsentrasi penuh sebelum memulai belajar

1. Menyiapkan fokus konsentrasi penuh sebelum memulai belajar
Freepik

Kunci penting dan utama dalam menyelesaikan pelajaran adalah menyiapkan fokus dan konsentrasi penuh terlebih dahulu. Ketika mendapat informasi dari materi pelajaran baru, maka konsentrasi penuh sangat diperlukan untuk menyerap serta memahami materi yang disampaikan guru.

Jika sudah selesai, anak masih butuh pengulangan, tak masalah kok! Hal ini justru lebih efektif daripada harus mengulang semua pelajaran karena sebelumnya tidak fokus menerima materi yang masuk. Setidaknya anak sudah lebih siap dan tinggal mengulang bagian yang memang menurutnya belum dipahami sepenuhnya.

Editors' Picks

2. Memahami kata kunci penting dari materi yang dipelajari

2. Memahami kata kunci penting dari materi dipelajari
Freepik/Pressfoto

Setelah fokus sudah didapatkan, selanjutnya mencari dan memahami kata kunci penting dari materi pelajaran yang sedang dipelajari. Cara ini akan lebih efektif untuk menghindari rasa bingung dan bosan karena banyaknya kata atau kalimat yang sedang diulang.

Ajak anak mama untuk menggarisbawahi kata-kata kunci yang penting dari materi pelajaran tersebut, tujuannya gar lebih mudah diingat dan dipahami saat sedang mengulang kembali pelajaran tersebut. Meski awalnya cukup sulit, namun jika dengan ketelitian dan kesabaran, nantinya anak lebih terbiasa dan bersemangat dalam mengulang kembali materi pelajarannya.

3. Ulangi materi pelajaran yang paling menarik

3. Ulangi materi pelajaran paling menarik
Freepik/ArthurHidden

Sama seperti menjawab soal ujian, tentu kita akan diminta menjawab soal yang jauh lebih mudah terlebih dahulu, bukan? Begitu pula dengan mengulang materi pelajaran. Ajak anak mama untuk mengulangnya dengan materi yang paling menarik menurutnya.

Saa anak tertarik akan suatu hal, maka akan memudahkannya dalam memahami pelajaran tersebut. Cara ini akan membantunya mencegah rasa bosan yang muncul terlalu dini lantaran pelajaran yang dipilih adalah pelajaran yang cukup menarik dan disukai olehnya.

Ketika sudah menentukan apa dan mengapa materi pelajaran tersebut menarik baginya untuk terlebih dahulu diulang, maka semangat belajarnya pun akan lebih terpupuk dan terjaga selama proses pembelajaran.

4. Beri jeda dengan istirahat dan menjernihkan pikiran

4. Beri jeda istirahat menjernihkan pikiran
Freepik/tirachardz

Meski harapannya adalah anak tetap fokus dalam mengulang materi pelajaran yang ada, namun perlu diingat bahwa meluangkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran juga hal yang anak butuhkan saat belajar.

Jika terus berfokus pada materi pelajaran tanpa adanya waktu istirahat, ini juga bukanlah hal yang tepat. Keseimbangan dalam belajar juga jadi hal penting yang anak perlu lakukan agar proses belajar menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Saat anak sudah mulai hilang fokus, Mama bisa mengajaknya untuk istirahat sejenak dengan memberikan camilan atau mengajaknya ngobrol seputar hal-hal ringan yang ia sukai. Dengan begitu anak dapat kembali fokus pikirannya nantinya karena sudah diberi jeda istirahat.

5. Hindari mengulang beberapa materi di waktu yang bersamaan

5. Hindari mengulang beberapa materi waktu bersamaan
Freepik/Gpointstudio

Saat ujian tiba, anak sering kali dihadapkan dengan mengulang kembali pelajaran di waktu yang bersamaan. Padahal, cara ini dirasa kurang efektif dan bisa berdampak pada hasil belajar itu sendiri, Ma.

Hal ini lantaran fokus anak terpecah menjadi beberapa bagian dalam mengulang materi yang berbeda. Tak heran jika cara seperti ini akan membuat anak lebih mudah lupa dalam mengulang dan memahami materi yang sedang ia baca kembali.

Untuk itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengatur jadwal yang tepat untuk mempelajari setiap pelajaran. Pastikan untuk menghindari menumpuk beberapa materi secara bersamaan demi fokus yang tidak terpecahkan.

Meski sering kali membosankan, mengulang materi pelajaran yang diajarkan di sekolah sangat membantu anak untuk menunjang keberhasilan akademik mereka. Untuk itu, semoga tips di atas bisa diterapkan oleh anak mama dalam mengulang materi pelajaran anti membosankan ya.

Tetap semangat dan selalu berusaha lebih baik setiap harinya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.