7 Tingkatan Nama Neraka dan Penghuninya yang Bisa Diajarkan ke Anak

Yuk, tambah keimanan dan pengetahuan anak soal nama-nama Neraka dan penghuninya

6 Mei 2021

7 Tingkatan Nama Neraka Penghuni Bisa Diajarkan ke Anak
Pexels/jens-mahnke

Sebagai umat Islam, mengajarkan ke anak Rukun Iman dan Rukun Islam wajib diajarkan. Salah satu dalam rukum Iman adalah percaya terhadap hari akhir. 

Dalam Al-Quran setelah hari Kiamat datang manusia akan dibangkitkan kembali untuk menuju nisab atau hari penghakiman. Di hari itu, manusia akan diberi keputusan berdasarkan amalnya di dunia. Ada yang akan masuk neraka dan ada yang akan masuk surga.

Neraka sendiri dibagi ke dalam beberapa pintu dan kelompok. Sebagai seorang orangtua muslim yang baik, kita bisa mengajarkan ke anak nama-nama neraka dan penghuninya sebagai pembelajaran untuk memperkuat iman kepada Allah SWT.

Sungguh neraka adalah negeri kesengsaraan yang sangat mengerikan.

Seringan-ringannya siksaaan di dalamnya sama sekali tak bisa dianggap enteng. Dalam sebuah riwayat lain, Rasulullah pernah bertanya tentang keadaan neraka kepada malaikat Jibril.

Jibril pun menjawab “Sesungguhnya Allah menciptakan neraka, kemudian menyalakannya sejak seribu tahun sampai memerah (apinya). Kemudian, Dia menyalakannya lagi selama seribu tahun sampai memutih. Kemudian Dia menyalakannya lagi selama seribu tahun sampai menghitam. Tak heran, jika neraka itu hitam dan gelap."

Jibril bahkan menjelaskan jika setimba air neraka dikucurkan ke bumi, maka manusia yang mencicipinya akan terbunuh. Sebegitu ngerinya siksa api neraka dan siksaan di dalamnya. 

Dikutip dari website nu.or.id, Ustaz M. Tatam Wijaya yang merupakan Pengasuh Majelis Taklim Syubbanul Muttaqin menafsirkan nama neraka dan calon penghuninya.

Di dalam Al-Quran juga sudah menyebutkan ketujuh nama pintu atau tingkatannya. Berikut Popmama.com rangkum nama-nama neraka dan penghuninya yang bisa diajarkan ke anak Mama!

1. Neraka Hawiyah

1. Neraka Hawiyah
Pexels.com

Nama neraka pertama adalah neraka Hawiyah. Disebutkan dalam banyak riwayat bahwa neraka ini merupakan tingkatan neraka yang paling bawah. Penghuni neraka ini adalah orang munafik. Mereka yang masuk ke dalam neraka Hawiyah adalah orang mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan selama hidup di dunia. 

Nama-nama neraka dan penghuninya yang lain berbeda sesuai dengan amal kebaikan manusia yang diperbuat selama di dunia. Neraka Hawiyah disebutkan dalam surat Al-Qaari'ah ayat 8-11. Dalam Al-Quran, neraka Hawiyah dipenuhi oleh api yang amat panas.

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌوَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْنَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya:
"Dan adapun orang yang ringan timbangan (amal kebaikannya), maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu? (yaitu) Api yang sangat panas." (QS. Al-Qaari'ah: 8-11)

3. Neraka Saqar

3. Neraka Saqar
Pexels.com

Selanjutnya, nama-nama neraka dan penghuninya yang bisa diajarkan ke anak adalah neraka Saqar. Neraka ini diperuntukkan bagi orang yang mengingkari dan mendustakan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dalam sebuah riwayat lain, penghuni neraka Saqar adalah orang-orang yang tidak shalat, tidak menyantuni orang miskin, orang yang suka membicarakan yang batil, dan orang yang mendustakan hari Pembalasan.

Dahsyatnya siksa neraka Saqar terdapat dalam Al-Quran surat Al-Mudatsir ayat 42-44.

مَا سَلَـكَكُمۡ فِىۡ سَقَرَ. قَالُوۡا لَمۡ نَكُ مِنَ الۡمُصَلِّيۡنَ. وَلَمۡ نَكُ نُطۡعِمُ الۡمِسۡكِيۡنَۙ

Artinya:
"Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar? Mereka menjawab, "Dahulu kami termasuk orang-orang yang tidak mengerjakan shalat dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin." (QS. Al-Mudatsir: 42-44)

Editors' Picks

3. Neraka Jahim

3. Neraka Jahim
Pexels.com

Selanjutnya adalah neraka Jahim yang berisi orang-orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah SWT. Neraka ini bisa dibilang sebagai tempat orang yang melakukan dosa-dosa besar dan tidak akan diampuni oleh-Nya.

Dalam Al-Quran surat As-Syu'araa ayat 91-92 neraka ini disebut. Begitupun dalam surat At-Takaatsur ayat 6 yang menyebut neraka Jahim adalah tempat bagi orang-orang  yang sombong dan suka pamer atas harta kekayaan, namun lalai mengingat Allah.

لَتَرَوُنَّ الۡجَحِيۡمَۙ

Artinya:
"Niscaya kau akan benar-benar melihat neraka Jahim." (QS. At-Takaatsur: 6)

4. Neraka Sa'ir

4. Neraka Sa'ir
Pexels.com

Neraka Sa'ir diperuntukkan bagi orang-orang yang mengingkari kebesaran dan kekuasaan Allah. Neraka ini juga ditunjukkan bagi orang  suka merampas atau memakan harta anak yatim, sedangkan Allah dan Rasul-Nya memerintahkan untuk mencintai dan mengasihi mereka.

Siksa dan dahsyatnya api neraka Sa'ir diriwayatkan dalam Al-Quran surat  Al-Mulk ayat 5.

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيْحَ وَجَعَلْنٰهَا رُجُوْمًا لِّلشَّيٰطِيْنِ وَاَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيْرِ

Artinya:
"Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala." (QS. Al Mulk: 5)

5. Neraka Huthamah

5. Neraka Huthamah
Pexels.com

Nama-nama neraka dan penghuninya untuk orang yang bergosip, mengumpat, atau berkata kotor adalah neraka Huthamah. Neraka ini juga diperuntukkan kepada orang-orang  yang serakah dalam mengumpulkan harta dan tidak mau menginfakkan hartanya dan tidak mau membayar zakat.

Kedahsyatan siksa neraka ini sebagaimana terdapat dalam Surat Al-Humazah ayat 4-9.

كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ.وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ. نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ. ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَة. إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ. فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَة

Artinya:
"Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke (neraka) Huthamah dan tahukah kamu apakah itu (neraka) Huthamah? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api (neraka) itu ditutup rapat-rapat atas mereka, (sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang." (QS. Al-Humazah: 4-9) 

6. Neraka Lazha'

6. Neraka Lazha'
Pexels.com

Neraka Lazha' diceritakan memiliki api yang menyala-nyala dan paling panas. Saking panasnya, kulit kepala orang-orang yang disiksa di sana sampai meleleh dan terkelupas dari tulang tengkorak mereka. 

Dalam riwayat lain, disebutkan jika neraka Lazha' diperuntukkan bagi mereka yang berpaling dan mengingkari apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Neraka ini juga diperuntukkan bagi orang-orang yang serakah dalam mengumpulkan harta dan pelit terhadap sesamanya. 

Dalam sebuah riwayat, Syekh al-Samarqandi menafsirkan, kata naran talazha dalam ayat adalah neraka sangat memberatkan para penghuninya. Adapun orang-orang yang akan memasukinya, menurut al-Samaqandi adalah mereka yang celaka di penghujung hayatnya karena mendustakan tauhid dan berpaling dari keimanan, berpaling dari ketaatan kepada Allah dan menghadap untuk menaati setan. 

Kedahsyatan siksa di neraka Lazha' disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Ma'arij ayat 15-18.

.كَلَّا ؕ اِنَّهَا لَظٰىۙ. نَزَّاعَةً لِّلشَّوٰى.تَدۡعُوۡا مَنۡ اَدۡبَرَ وَتَوَلّٰىۙ. وَجَمَعَ فَاَوۡعٰى.

Artinya:
"Sama sekali tidak! Sungguh, neraka (Lazha')itu api yang bergejolak yang mengelupaskan kulit kepala.Yang memanggil orang yang membelakangi dan yang berpaling (dari agama), dan orang yang mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." (QS. Al-Ma'arij: 15-18)
 

7. Neraka Jahannam

7. Neraka Jahannam
Pexels.com

Neraka ini banyak disebut dan diriwayatkan dalam Al-Quran. Neraka Jahannam adalah tempat yang paling berat siksaannya. Neraka ini dihuni oleh orang-orang kafir dan musyrik yang secara terang-terangan mengingkari keesaan Allah dan menentang ajaran Rasulullah.

Diterangkan oleh mayoritas ulama tafsir, Jahanam adalah tingkatan teratas neraka. Allah menyebutkan neraka ini di dalam Al-Quran dalam surat Al-Hijr ayat 43-44. Dalam Al-Quran, disebutkan jika neraka Jahannam sangat dahsyar siksaannya.

وَاِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَابٍۗ لِكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ

Artinya:
"Dan sesungguhnya (neraka) Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para pengikut setan) semuanya. (Neraka) Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka" (QS. Al-Hijr: 43-44)

Diriwayatkan jika Nabi Muhammad SAW sampai pingsan ketika ditunjukkan Jibril mengenai neraka Jahannam. Saat itu Jibril berkata jika neraka Jahannam akan dihuni oleh para pelaku dosa besar dari kalangan umat Rasulullah. Mereka meninggal dan tak sempat bertaubat.

Nama-nama neraka dan penghubuninya wajib diajarkan ke anak untuk menambah keimanannya. Selain itu, pengetahuan tentang nama-nama neraka Allah SWT juga bisa menjadi pengingat untuk kita lebih giat beribadah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.