Penting! Inilah 4 Pilar Utama dalam Prinsip Gizi Seimbang

Lakukan prinsip ini agar tumbuh kembang anak menjadi lebih sehat ya, Ma

10 Januari 2021

Penting Inilah 4 Pilar Utama dalam Prinsip Gizi Seimbang
Pexels/Mary Taylor

Anak membutuhkan gizi yang seimbang agar sehat. Selain itu, gizi yang seimbang membuat tubuh menjadi terjaga, sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan optimal. Kebutuhan gizi tidak hanya dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya saja, melainkan dari pola hidup sehat, menjaga berat badan serta berolahraga.

Mama sebagai orangtua penting sekali untuk melakukan prinsip gizi seimbang yang baik untuk anak-anak. Caranya dengan menerapkan pola hidup yang aktif dan berolahraga, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam serta menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.

Terkait dengan gizi seimbang yang perlu dipenuhi oleh anak-anak, maka 4 pilar utama sebagai prinsip utama harus dipahami dengan baik. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa pilar utama untuk memenuhi gizi yang seimbang pada anak-anak. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Ma!

1. Menerapkan pola hidup aktif dan berolahraga

1. Menerapkan pola hidup aktif berolahraga
Pixabay/DLimadesign

Aktivitas fisik pasti akan dilakukan oleh semua orang, baik untuk anak-anak ataupun dewasa. Untuk itu, untuk memenuhi gizi seimbang pada anak-anak, baiknya menerapkan pola hidup yang aktif dan berolahraga.

Jangan biarkan anak menjadi anak yang jarang bergerak. Apalagi jika si Anak sudah mengenal handphone pasti akan kecanduan. Hal ini bisa berakibat anak hanya ingin bermain handphone dan berdiam diri di kamar.

Untuk mengajak anak agar aktif dan berolahraga, Mama perlu tegas terhadap penggunaan handphone yang terlalu lama. Anak tidak perlu olahraga yang berat karena kekuatan fisiknya pun belum seperti orang dewasa pada umumnya. 

Ajak anak bersepeda atau berjalan kaki di taman atau komplek rumah. Lakukan hal ini menjadi rutinitas agar si Anak terbiasa bergerak dan berolahraga. Selain itu, jangan larang anak bermain dengan aktif saat di rumah. Dengan bergerak, anak akan mengelurkan keringat dan tubuh pun menjadi bugar.

Editors' Picks

2. Menjaga berat badan ideal

2. Menjaga berat badan ideal
Freepik/Nareekan

Keseimbangan gizi dalam tubuh bisa dilihat dari berat badan seseorang yang ideal dalam indeks massa tubuh (IMT). Untuk mendapatkan berat badan ideal, anak harus memakan makanan yang bergizi. Pilihlah makanan yang mengandung serat dan karbohidrat agar tidak mudah cepat lapar.

Jika anak diberi makanan asal-asalan saja tanpa melihat kandungan gizi pada makanan. Maka makanan tidak bisa memenuhi gizi dan anak akan cepat lapar. Lapar terjadi karena kurangnya karbohidrat dan serat pada tubuh.

Jadi, mulai sekarang perhatikan pola makan anak ya, Ma. Karena dengan pola makan anak yang asal dapat membuat anak mudah lapar. Hal ini akan mengakibatkan anak berujung obestitas karena terlalu banyak mengonsumsi makanan.

3. Mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam

3. Mengonsumsi makanan beraneka ragam
Pexels/Alex Green

Semua makanan umumnya memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa satu macam aneka makanan tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan lainnya.

Jadi, Mama perlu memberikan anak-anak makan dengan beraneka ragam makanan yang mengandung banyak manfaat. Tubuh membutuhkan karbohidrat, vitamin, lemak, protein, dan lainnya untuk menjadi sehat.

Untuk itu berilah anak makanan yang kaya akan manfaat. Misalnya saat memberikan makan siang, berikan makanan yang terdapat di dalamnya karbohidrat, lemak, vitamin, protein, dan lainnya. Begitupun juga pada sarapan dan makan malam.

Untuk karbohidra bisa memberikan nasi atau kentang. Protein dengan lauk seperti ikan, telur, ayam, dan tahu tempe. Sedangkan mineral dan vitamin bisa didapatkan dari buah dan sayur.

Namun, berilah makanan dengan cukup dan tidak berlebihan. Agar berat badan tetap ideal. Selian itu, jika si Anak ingin cemilan, berikan makanan yang sehat dan bergizi.

4. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat

4. Menerapkan pola hidup bersih sehat
Freepik/nakaridore

Terapkan pola hidup yang sehat pada anak. Semua hal itu bisa dimulai dari rumah lho, Ma. Rumah yang bersih dan nyaman akan terhindar dari segala penyakit. Terinfeksinya penyakit dapat mempengaruhi keseimbangan gizi pada tubuh.

Jika anak sakit maka nafsu makan akan berkurang, lemas selama beraktivitas. Padahal saat tubuh sedang sakit penting memakan makanan yang bergizi untuk pulih kembali. Keseimbangan gizi dan terinfeksi penyakit ternyata berhubungan nih, Ma.

Maka dari itu, ciptakan pola hidup yang sehat dan bersih. Kebersihan tidak hanya dari rumah saja, melainkan diri sendiri juga harus dijaga. Terapkan pola hidup bersih pada anak-anak.

Itulah beberapa pilar utama untuk memenuhi gizi yang seimbang pada anak-anak. Mulai sekarang lebih diperhatikan lagi ya, Ma. Agar anak menjadi sehat dan tumbuh kembang dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.