Ini Cara Asik Menyelesaikan 14 Hari Social Distancing Bersama Anak

Selain seru, kegiatan yang dilakukan bersama anak ini dapat menjadi sarana bonding, Ma!

19 Maret 2020

Ini Cara Asik Menyelesaikan 14 Hari Social Distancing Bersama Anak
Freepik/prostooleh

Pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan social distancing. Ini merupakan salah satu strategi yang paling efektif untuk menghindari penyebaran virus Corona, Covid-19, saat ini.

Social distancing berarti mengurangi interaksi dengan banyak orang dan menghindari tempat-tempat umum agar virus tidak menyebar.

Saat melaksanakan social distancing, Mama berada di rumah bersama anak-anak minimal selama 2 minggu atau sampai waktu yang ditentukan. Pastinya ini akan membuat anak merasa bosan jika tidak melakukan apa pun di rumah.

Mama dapat menyusun jadwal kegiatan menarik yang dapat dilakukan bersama anak, misalnya selama 2 minggu.  

Berikut 14 solusi dari Popmama.com saat Mama dan si Anak berada di rumah. Yuk, coba bersama! 

Hari Pertama- Breakfast Challenge

Hari Pertama- Breakfast Challenge
Pixabay/fcleetus

Selama ini Mama selalu menyiapkan sarapan untuk anak. Bagaimana jika anak diberi tantangan untuk menyiapkan sarapan kesukaannya atau keluarga. Beri kebebasan pada anak untuk berkreasi, jangan lupa awasi agar tidak terjadi kecelakaan kecil yang tidak diharapkan di dapur.  

Mama dapat membantu anak untuk membuat perencanaan dan berbelanja. Kegiatan ini, selain dapat mempererat ikatan anak dan Mama, juga menjadi sarana belajar anak. Di sini anak belajar untuk membuat dan menjalankan rencananya itu.

Hari Kedua- Meditasi

Hari Kedua- Meditasi
Pxhere/ CC0 Domain Pictures

Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja tetapi anak-anak pun bisa mengalaminya. Anak pun dapat melakukan meditasi seperti orang dewasa, hanya waktu dan rentang perhatian lebih pendek daripada orang dewasa.

Meditasi dapat menenangkan pikiran anak (dan Mama tentunya) agar terhindar dari stres atau pikiran negatif. Beberapa teknik meditasi yang dapat Mama lakukan bersama anak seperti bernapas, mendengarkan, berekspresi, bergerak, atau berjalan.

Untuk menambah informasi soal meditasi, baca juga: Apakah Anak Mama Perlu Melakukan Meditasi? Ini Manfaatnya!

Hari Ketiga- Mewarnai

Hari Ketiga- Mewarnai
Freepik/Rawpixel.com

Siapkan buku mewarnai atau Mama dapat mengunduh beberapa gambar pilihan anak di internet dan mencetaknya. Gambar pun siap untuk diwarnai sesuai selera anak.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, anak belajar soal kesabaran, kreativitas, dan kerapian di sini. Selain itu, anak juga belajar berekspresi melalui penentuan warna pilihannya.

Hari Keempat- Say Hello

Hari Keempat- Say Hello
Antara Foto/ Hasan Sakri Ghozali

Apakah anak pernah membuat telepon dari kaleng atau dari kertas? Jika belum, ini saat yang tepat untuk bereksperimen bersama anak. Sediakan 2 buah kaleng bekas, misalnya kaleng susu kental manis. Bolongi bagian dasar tiap kalengdan pasang benang kasur. Telepon pun siap dipakai.

Jika tidak punya kaleng, anak dapat membuatnya dari kertas dengan menggambar di selembar kertas, warnai, dan gunting. Telepon kertas siap dipakai untuk bermain.

Hari Kelima- Membuat Boneka Kaos Kaki

Hari Kelima- Membuat Boneka Kaos Kaki
Youtube/8 o'clock sun

Apakah anak suka bermain dengan boneka? Jika ya, maka ini kegiatan yang cocok untuk dilakukan bersama anak. Cukup dengan menggunakan kaos kaki yang sudah usang, anak pun dapat membuat boneka sesuai dengan kreativitasnya.

Minta anak memilih warna kaos kaki, muka boneka yang akan dibuat, bagaimana dengan rambutnya, pakaiannya, atau apakah bonekanya akan memakai sepatu. Setelah selesai, anak dapat memberi nama boneka barunya itu.

Hari Keenam- Kontes Hoop-hoop

Hari Keenam- Kontes Hoop-hoop
hoopnotica.com
Permainan outdoor untuk anak perempuan

Mama lawan anak, siapakah yang paling jago bermain hula hoop? Untuk membuktikannya, Mama dapat mengadakan perlombaan hula hoop bersama anak. Diskusikan bersama anak mengenai lomba yang akan diadu dan bagaimana peraturannya. Jangan lupa siapkan hadiah bagi yang memenangkan perlombaan ini.

Selain menghabiskan waktu luang, Mama dan anak pun dipaksa untuk aktif bergerak.

Hari Ketujuh- Truth or Dare

Hari Ketujuh- Truth or Dare
Freepik/User14699452

Apakah Mama mengalami kesulitan untuk membuat anak mau bercerita lebih banyak tentang hari-harinya di sekolah? Nah, kegiatan ini cocok untuk dilakukan bersama anak.

Ajak anak bermain permainan 'truth or dare'. Mama dan anak bisa saling mengajukan pertanyaan atau ujian jika tidak mau menjawab pertanyaan. Jangan lupa, Mama juga harus jujur menjawab pertanyaan anak.

Kegiatan ini menjadi cara yang menyenangkan untuk melakukan pendekatan dengan si Anak, Ma.

Ini bisa jadi cara menyenangkan untuk bonding.

Editors' Picks

Hari kedelapan-Lomba Menebak Makanan

Hari kedelapan-Lomba Menebak Makanan
Freepik/awesomecontent

Ayo uji lidah anak, apakah ia bisa menebak makanan dengan mata tertutup. Siapkan beberapa jenis makanan dan minta anak untuk menebaknya. Jangan lupa untuk menutup matanya dengan sapu tangan atau bandana ya, Ma.

Anak pun bisa melakukan sebaliknya. Minta mereka untuk menyiapkan beberapa makanan dan Mama menebaknya dengan mata tertutup. Dijamin seru, Ma.

Hari kesembilan- Memasak Bersama Anak

Hari kesembilan- Memasak Bersama Anak
Freepik/Prostooleh

Yuk, ajak anak untuk menyiapkan makanan kesukaan keluarga. Selain itu, Anak dan Mama dapat mencoba resep baru. Minta anak untuk menyiapkan bahan sesuai resep dan ikuti tahapan-tahapan memasak. Di sini anak belajar untuk memahami dan mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan. Jangan lupa beri apresiasi atas usahanya, Ma.  

Mama bisa mencoba resep ini bersama dengan anak:

Hari Kesepuluh- Berkebun

Hari Kesepuluh- Berkebun
Freepik

Di hari kesepuluh, Mama dapat mengajak anak untuk berkebun. Perkenalkan anak dengan peralatan-peralatan untuk berkebun, jenis tanah, nama-nama tanaman yang ada.

Anak juga dapat belajar bagaimana bertanam yang baik, berapa kali harus menyiram tanaman, bagaimana dengan pemberian pupuk. Nah, anak pun mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan pelajaran tentang biologi yang ia dapat di sekolah.   

Hari Kesebelas- It’s Movie Day!

Hari Kesebelas- It’s Movie Day
Freepik/vgstockstudio

Hampir semua anak suka menonton. Hari ini, biarkan anak untuk memilih film kesukaan atau film yang belum ia tonton. Dekor ruang keluarga menjadi bioskop mini. Jangan lupa siapkan cemilan untuk menambah keseruan menonton.

Hari Keduabelas- Yoga Bersama Anak

Hari Keduabelas- Yoga Bersama Anak
Freepik/jcomp

Meski libur atau di rumah saja, olahraga tetap harus berjalan. Ini waktu yang tepat untuk mencoba pose-pose yoga yang ingin Mama lakukan. Siapkan matras, Mama dan anak bisa melakukan yoga di taman atau di dalam rumah.

Selain mengisi waktu luang, tubuh pun terasa segar setelah melakukan yoga. Pose yoga bisa dilihat di sini, Ma: Wajib Dicoba! 8 Pose Yoga yang Mudah dan Seru untuk Anak

Hari Ketigabelas- Menyusun Block Tower

Hari Ketigabelas- Menyusun Block Tower
Pixabay/Counselling

Balok-balok berwarna-warni juga bisa digunakan untuk mengisi waktu luang di hari ini. Mama bisa meminta anak untuk menyusun menara dan menara yang tertinggi menjadi pemenangnya. Tidak hanya menara saja, anak pun dapat berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Minta anak untuk menjelaskan kepada Mama apa yang ia buat. Di sini anak belajar untuk menuangkan imajinasinya ke balok-balok dan menjelaskan ke Mama dalam bentuk cerita.  

Hari Keempat belas- Story Telling

Hari Keempat belas- Story Telling
Freepik/Prostooleh

Inilah saat yang tepat untuk mengeluarkan koleksi buku cerita rakyat untuk anak. Tidak punya buku cerita? Jangan khawatir, Mama dapat mengunduhnya dari internet cerita apa saja yang ingin Mama ceritakan ke anak.

Selain itu, Mama dapat membuat cerita berantai dengan menyebutkan satu dua kalimat dan minta anak untuk melanjutkan. Di akhir cerita, Mama dan anak akan mendapatkan cerita yang unik.

Nah, tinggal di rumah selama social distancing menjadi menyenangkan dengan melakukan beberapa kegiatan bersama anak.

Kegiatan apa yang suka dilakukan oleh Mama bersama dengan anak untuk mengisi waktu luang? Yuk, komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.