Anak Menanyakan Tentang Seks? Begini Tips yang Harus Mama Lakukan

Bagaimana ya cara mengatasinya? Ini yang harus Mama lakukan

7 Februari 2020

Anak Menanyakan Tentang Seks Begini Tips Harus Mama Lakukan
Thotsntots

Anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar. Maka tak jarang anak menanyakan berbagai macam pertanyaan dan bisa saja anak menanyakan hal yang terkait dengan alat kelaminnya atau bagaimana dia dilahirkan atau bagaimana seseorang hamil.

Biasanya jika anak tiba-tiba menanyakan hal ini, Mama terkadang kelabakan untuk menjawab pertanyaannya. Santai, Popmama.com akan berbagi tips menghadapi anak yang tiba-tiba menanyakan hal seputar seks:

1. Mama harus jujur

1. Mama harus jujur
Freepik/Pressfoto

Anak kecil sangat mempercayai orangtuanya. Jadi Mama harus jujur terhadap informasi yang diberikan kepada anak. Jika berbohong dan anak mengetahuinya, maka anak akan kehilangan kepercayaan dan menjadi susah untuk mempercayai orang lain.

Maka dari itu, ketika anak menanyakan tentang seks berikan informasi yang jujur dan akurat.

2. Beritahu informasi secara fakta namun tetap sederhana

2. Beritahu informasi secara fakta namun tetap sederhana
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Meskipun harus berbicara jujur dan sesuai fakta, akan tetapi jika berbicara kepada anak kecil sederhanakan bahasa mama. Ingat bahwa anak kecil belum bisa menerima hal-hal rumit, maka jelaskan sesederhana mungkin ya, Ma.

Jika ingin menjelaskan bagaimana anak tersebut bisa lahir, maka gunakan kata yang tepat. Seperti benih dari papa dan telur dari mama bertemu di perut mama, dan bayi tersebut tumbuh di tempat yang namanya rahim. 

Editors' Picks

3. Ajarkan hal lain yang sama pentingnya dengan seks

3. Ajarkan hal lain sama penting seks
irishtimes.com

Mama adalah sumber pengetahuan bagi anak. Seumur hidupnya, anak akan belajar dari orangtua mereka dan orangtua tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mengajarkan anak dengan positif tentang seks dan sesuatu yang sama pentingnya dengan seks, seperti cara menghargai orang lain, bersikap baik, caranya berempati, dan menghargai orang lain.

4. Selalu bersikap tenang

4. Selalu bersikap tenang
parenting.firstcry.com
Ilustrasi

Orangtua di Indonesia cenderung akan kaget dan bingung bagaimana caranya menghadapi anak yang menanyakan berkaitan dengan seks. Ma, tenang saja ini bukan akhir dari dunia. Jangan khawatir Ma, jelaskan secara perlahan kepada anak dan biarkan ini menjadi topik yang umum dibicarakan.

Jangan sampai seks menjadi topik yang tabu sehingga ketika terkena masalah terkait alat kelaminnya anak menjadi ragu untuk terbuka berkaitan dengan hal tersebut.

5. Menjelaskan melalui buku cerita

5. Menjelaskan melalui buku cerita
Freepik/prostooleh

Banyak ahli telah menulis banyak buku tentang bagaimana caranya mengajarkan seks kepada anak. Cara mudah untuk membantu Mama mengajarkan seks, bisa memakai buku-buku itu. Mulailah dengan buku pengenalan anatomi tubuh untuk anak, kemudian sambil membaca, Mama bisa memberikan informasi tentang seks.

Beberapa cara diatas semoga dapat membantu mama dalam membicarakan seks kepada anak dengan lebih santai dan tenang. Semangat terus ma dalam mendidik anak dan arahkan terus anak ke arah yang positif ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.