Kelebihan dan Kekurangan Barang dari Plastik yang Perlu Anak Ketahui

Cari tahu yuk apa kelebihan dan kekurangan produk yang terbuat dari plastik

15 September 2021

Kelebihan Kekurangan Barang dari Plastik Perlu Anak Ketahui
Instagram/polykencana

Barang atau produk yang terbuat dari plastik tidak kalah bagusnya dengan barang yang terbuat dari bahan lainnya. Dari tahun ke tahun, barang dengan bahan utama plastik justru semakin banyak digunakan, seperti wadah, tempat makan, botol minum, sisir, gantungan baju, bahkan meja dan kursi.

Hal tersebutlah yang menyebabkan manusia tidak lepas dari penggunaan plastik dan berkembangnya industri untuk menghasilkan produk-produk dengan kualitas yang lebih baik.

Tidak hanya itu, barang plastik juga sangat membantu manusia dalam berbagai kebutuhan. Biasanya, barang dari bahan plastik sering dimanfaatkan sebagai bagian dari alat masak karena bahan plastik merupakan isolator yang baik, sehingga tidak menghantarkan panas dan aman digunakan.

Selain mudah dibentuk menjadi berbagai barang, barang yang terbuat dari plastik juga memiliki kelebihan dan kekurangannya loh. Seperti apa sih kelebihan dan kekurangan barang dari plastik?

Berikut ini telah Popmama.com rangkum kelebihan dan kekurangan barang dari plastik yang perlu kamu ketahui. Disimak, ya!

1. Apa itu plastik

1. Apa itu plastik
Pixabay/hans-2

Plastik merupakan jenis makromolekul yang dibentuk dari proses polimerisasi.

Polimerisasi sendiri ialah proses penggabungan molekul sederhana melalui proses kimia menjadi molekul besar (polimer).

Polimer tersebut apabila terkena panas dan tekanan, ia akan mudah dibentuk menjadi berbagai bantuk sesuai kebutuhan.

Secara ilmiah, plastik adalah polimer yang merupakan serangkaian banyaknya atom yang saling mengikat menjadi satu. Terdapat banyak kandungan dalam plastik, yakni beberapa karbon saja, atau berisi nitrogen, oksigen, dan lainnya. Tidak hanya dari material karet saja, plastik juga bisa dibuat dari berbagai material, misalnya polyvynil dan polyethylene.

Berdasarkan fisiknya, plastik terbagi menjadi dua, yaitu polimer thermoplastik atau polimer yang memiliki sifat tidak tahan panas dan polimer termosetting atau polimer yang tahan terhadap panas.

Sementara itu, plastik terbagi menjadi tiga berdasarkan sumbernya, yakni polimer alami, polimer sintetis, dan polimer alami yang dimodifikasi.

Editors' Picks

2. Kelebihan plastik

2. Kelebihan plastik
Pixabay/katrina_s-5565009/

Terdapat banyak kelebihan dari barang yang berbahan plastik yang membuat manusia sering menggunakannya dalam kebutuhan. Berikut kelebihan barang dari plastik.

  1. Bahan plastik adalah bahan yang kuat, tetapi ringan.
  2. Menjadi isolator pada alat masak yang terbuat dari plastik karena menghambat panas.
  3. Plastik termasuk benda yang fleksibel karena dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk/benda/produk dengan beragam kegunaan.
  4. Daya tahan barang dari plastik akan lebih awet dan tahan lama.
  5. Barang dengan bahan plastik harganya lebih terjangkau.
  6. Perawatannya sangat mudah, sehingga tidak perlu repot-repot membersihkannya dengan pembersih khusus.
  7. Tidak terdapat unsur logam, sehingga aman dan tidak akan berkarat.
  8. Barang atau produk dari plastik memiliki beragam variasi warna.
  9. Barang dari plastik juga tahan terhadap aliran listrik, sehingga dapat dijadikan sebagai pengaman pada benda-benda yang dapat menghantarkan listrik.

3. Kekurangan plastik

3. Kekurangan plastik
Pixabay/hans-2

Selain kelebihan, barang atau produk dari plastik juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya unsur pembentuk plastik itu sendiri.

Berikut kekurangan barang atau produk plastik yang perlu diketahui agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengganggu kesehatan.

  1. Bahan plastik sulit untuk diurai, sehingga dapat menyebabkan tumpukan sampah.
  2. Apabila dibuang sembarangan, barang atau produk dari plastik dapat menyumbat saluran air atau selokan dan mengotori laut, sehingga mengganggu kehidupan hewan-hewan laut dan dapat menyebabkan banjir saat hujan deras.
  3. Barang yang terbuat dari bahan plastik terdapat bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan.
  4. Meski tahan terhadap karat, produk dari plastik tidak tahan terhadap jamur, terutama apabila barang atau produk tersebut diletakkan pada suhu yang lembap dan tertutup.
  5. Tidak semua plastik dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga ada beberapa jenis barang yang mudah meleleh, bahkan berubah bentuk.

4. Cara menanggulangi sampah plastik

4. Cara menanggulangi sampah plastik
Pexel/shvets-production

Salah satu yang dapat dilakukan untuk menanggulangi sampah plastik ialah mendaur ulang.

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah dan menjadikan sesuatu yang berguna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daur ulang merupakan pemrosesan kembali barang yang pernah dipakai, misalnya serat, kertas dan air untuk mendapatkan produk baru.

Dengan mendaur ulang, masalah-masalah lingkungan yang sering kali menjadi bencana bagi manusia dapat teratasi dan dapat melindungi serta melestarikan alam lingkungan karena memiliki banyak manfaat.

Misalnya, mengurangi limbah TPA, membantu konservasi SDA, mengurangi emisi rumah kaca, hemat uang, dan mengurangi insinerasi (pembakaran).

Itulah kelebihan dan kekurangan barang yang terbuat dari plastik. Meskipun lebih banyak kelebihan, tetapi jika terlalu banyak digunakan barang plastik akan menjadi sumber pencemaran lingkungan karena membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terurai dengan sendirinya.

Sehingga, barang atau produk plastik tersebut akan menumpuk menjadi sampah dan akan menimbulkan pencemaran.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.