TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Tempat Belajar Teater Jakarta

Anak mama punya cita-cita menjadi aktris atau aktor? Yuk, simak informasi berikut

25 September 2022

10 Rekomendasi Tempat Belajar Teater Jakarta
Freepik

Anak mama sering meniru potongan adegan di sebuah teater atau sinetron? Atau mungkin si Kecil sudah memiliki cita-cita menjadi aktris atau aktor sejak kecil?

Untuk menjadi seorang pemeran dalam sebuah teater, tentunya anak mama harus memiliki bekal kemampuan yang mumpuni. Sebab, aktris atau aktor tidak hanya bermodalkan wajah cantik dan tampan saja.

Teater memiliki pengertian yang merujuk pada seni bermain peran yang menceritakan sebuah cerita melalui tindakan (kata-kata dan gerakan) oleh seorang pemeran. Di zaman sekarang ini, sekolah teater sudah banyak bermunculkan, tidak terkecuali di Jakarta.

Nah, bisa jadi referensi bagi anak mama yang ingin mengasah kemampuan berakting, berikut telah Popmama.com rangkum 10 rekomendasi tempat belajar teater Jakarta yang bisa Mama pertimbangkan. Simak sampai akhir ya, Ma!

1. Hollywood Acting School

1. Hollywood Acting School
Freepik/rawpixel-com

Hollywood Acting School yang didirikan oleh Adipati Dolken, Anjasmara, dan Shanker dengan visi mewujudkan impian seseorang untuk menjadi aktor. Meski demikian, Hollywood Acting School ini dibuat dengan sistem one stop.

Selain karena pentusnya yang memang berlatar belakang sebagai aktor, Hollywood Acting School juga bekerjasama dengan salah satu agensi, yakni Headline Management. Tidak heran jika tempat belajar teater satu ini menjadi tempat terbaik untuk mendalami akting.

Dengan adanya kerja sama tersebut, memungkinkan siswa yang lulus dapat memiliki kesempatan untuk direkrut.

Ada banyak artis-artis berpengalaman, seperti Anjasmara, Yama Carlos, Adipati Dolken, dan lainnya yang turut ikut mengajar lho, Ma. Selain itu, pelajaran yang akan didapat juga tidak hanya akting saja. Ada pula scriptwriting, directingclass, publicspeaking, modeling, hingga vocalclass.

Jika Mama berminat mendaftarkan di kecil atau memerlukan informasi lebih lanjut, Mama bisa langsung berkunjung ke Jl. Kemang Utara IX No.41, DKI Jakarta atau melalui website resminya di https://sekolahactinghollywood.com/.

2. DPAS (Didi Petet Acting School)

2. DPAS (Didi Petet Acting School)
Freepik

Seperti yang kita ketahui, almarhum Didi Petet atau Didi Widiatmoko merupakan aktor legendaris Indonesia. DPAS (Didi Petet Acting School) ini didirikan oleh Didi Petet.

Selain itu, Didi Petet juga Menyusun sendiri kurikulum pembelajaran yang ada di DPAS. Mulai dari pembelajaran aktualisasi diri, konsentrasi, imajinasi dan penghayatan, analisa naskah, analisa peran dan observasi, dan penciptaan peran.

Tidak hanya itu, DPAC juga memiliki tiga jenis kelas yang bisa anak mama pilih, yakni Kelas Reguler yang berjalan selama 3 bulan, Kelas Privat dan Group dengan 10 kali pertemuan, dan Kelas Eksklusif bersama Yayu AW Unru.

DPAS berlokasi di Jl. Cempaka Putih Tengah XXVI A No.8, RT.2/RW.6, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Jakarta Pusat. Mama bisa datang secara langsung guna mendapatkan informasi lebih lanjur terkait harga dan jadwal latihan.

Sebelum mendaftar, pastikan usia anak mama sudah berusia di atas 15 tahun ya, Ma.

3. Sanggar Ananda

3. Sanggar Ananda
Freepik

Sangar Ananda merupakan sebuah tempat belajar teater atau acting di Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Berdiri sejak 1989 dan merupakan bagian dari Samaradhanapro, Sanggar Ananda dengan Aditya Gumay sebagai pimpinan telah meraih Piala Menpora (1989) dan 17 Piala Teater Festival Anak se-DKI (2008-2010).

Sanggar ini memiliki 3 kategori usia, yakni 4 – 7 tahun usia anak-anak, 13 – 20 tahun usia remaja, dan 20 – 50 tahun dewasa. Adapun materi latihan yang tersedia di Sanggar Ananda adalah akting, presenting, modeling, dan modern dance.

Sanggar Ananda berada di Infinia Park, Blok B-69, Jl. Dr. Saharjo No. 45, Jakarta Selatan (belakang pasaraya Manggarai). Untuk mendaftarkan anak mama ke sanggar ini sangat mudah. Mama bisa mendatangi langsung kantor pusatnya atau daftar secara online di https://sanggarananda.net/.

Soal harga, Mama tidak perlu khawatir. Sanggar Ananda biasanya menyediakan diskon sekitar 500rb dan gratis 1 kali latihan.

4. Aura Entertainment

4. Aura Entertainment
Freepik

Bergerak di bidang Production House, Talent Management, dan Acting School, Aura Entertainment menjadi salah satu tempat belajar teater di Jakarta terbaik. Dengan visi dan misi yang dimiliki sebagai pengembang bakat-bakat putra/putri bangsa yang ingin sukses di entertainment, tidak heran jika Aura Entertainment mendapat pengakuan dan prestasi.

Terdapat 2 paket yang bisa Mama pertimbangkan, yakni Private Reguler dengan masa belajar 12 bulan dan jadwal yang fleksibel seharga Rp7.000.000, Private Intensive dengan masa belajar 12 bulan seharga Rp6.100.000, dan Private Exclusive 12 bulan masa belajar seharga Rp5.000.000.

Perlu Mama ketahui, Aura Entertainment ini memiliki banyak benefit, seperti dibuatkan film pendek, info casting, hingga job shooting.

Aura Entertainment berlokasi di Jl. Swadarma Raya No. 54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Mama bisa mendaftarkan anak mama secara langsung, melalui website http://auraentertain.weebly.com/ ataupun menghubungi 0811-1085-688 dan 0819-1002-0078.

Editors' Picks

5. Kelas Akting Salihara

5. Kelas Akting Salihara
Freepik

Tempat belajar teater di Jakarta selanjutnya ad akelas acting Salihara. Biasanya, Salihara membuka kelas setiap tahunnya dan berjalan dari bulan Januari hingga Maret.

Memang, kelas yang diadakan ini cukup singkat karena Salihara memiliki metode sistem Stanislavski yang menjunjung tinggi realisme di dalam akting. Dengan demikian, kelas pun hanya terdiri dari dua kelas saja, yakni Kelas I untuk para murid pemula dan Kelas II untuk para murid yang telah mengikuti Kelas I.

Di akhir pembelajaran, murid Kelas Akting Salihara akan tampil dalam pertunjukan di Teater Salihara.

Salihara sendiri beralamat di Jl. Salihara No.16, Ps. Minggu, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan. Jika Mama ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan mendaftarkan buah hati mama, Mama bisa kunjungi website resminya di https://kelas.salihara.org/.

6. Pena Artha Cinema School

6. Pena Artha Cinema School
Freepik

Selain kelas acting, Pena Artha Cinema School memiliki berbagai kelas lain. Mulai dari sinematografi, sound engineering, hingga cinema editing. Karena itulah Pena Artha Cinema School disebut sebagai one-stop-entertainment.

Pendidikan dan pelatihan di tempat belajar teater Jakarta satu ini dapat diikuti oleh laki-laki dan perempuan dari semua kalangan, usia minimal 6 tahun atau sudah bisa membaca.

Terdapat beberapa level kelas akting yang bisa anak mama ikuti, di antaranya Acting School Basic, Acting School Intermediate, dan Acting Workshops.

Bagimana, Ma? Apakah Mama tertarik untuk mendaftarkan anak mama? Untuk pendaftaran, Mama bisa menghubungi Mr. Budi Cahyono di (021) 95973001 atau datang langsung ke kantor yang berlokasi di Senayan Trade Center lt. 1 no. 1057-1058A, Jl. Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat.

Informasi lebih lanjut, kunjungi https://penaartha.wordpress.com/acting-school/.

7. Sakti Actor Studio

7. Sakti Actor Studio
Freepik

Sakti Actor Studio merupakan sebuah kursus akting di Jakarta yang bisa Mama pertimbangkan. Dipimpin oleh Eka D. Sitorus, Sakti Actor Studio atau SAS ini mampu menggembleng mental dan cara perpikir para calon dan aktornya dalam mengekspresikan perannya.

Ada beragam kelas dan harga yang tersedia, di antaranya Kelas Akting Elementary, Kelas Akting Intermediate, dan Kelas Akting Anak. Untuk harga, Mama tidak perlu khawatir. Biaya kelas yang dimiliki Sakti Actor Studio cukup terjangkau.

Sementara untuk pendaftaran, Mama bisa kunjungi akun twitter Sakti Actor Studio  @EKADSITORUS, Instagram @ saktiactorstudio, atau hubungi 0813-8052-0529.

8. Learning Acting

8. Learning Acting
Freepik

Rekomendasi tempat belajar teater Jakarta berikutnya adalah Learning Acting yang berada di Jalan Abdul Majid Dalam 2 No. 21, Komp. Deplu Cipete Selatan, Jakarta. Tempat belajar teater ini menawarkan lima kelas, yaitu Basic Class, Intermediet Class, Meisner Class 1/Advance Class, Meisner Class 2/Expert Class, dan Kids Class

Pengajaran difokuskan pada teknik dasar olah tubuh, suara, dan pernafasan dengan metode learning by doing untuk memudahkan dalam menyerap materi. Selain itu, anak Mama juga akan dibekali teknik dasar akting di depan kamera agar berhasil saat casting nanti.

Untuk pendaftaran menjadi murid Learning Acting, Mama bisa menghubungi 0838-9608-9144 atau dengan mengunjungi website resmi di http://learningactingperformingartsschool.blogspot.com/.

9. Demiz Academy

9. Demiz Academy
demizacademy.com

Demiz Academy atau Deddy Mizwar Academy adalah rekomendasi tempat belajar teater berikutnya untuk anak mama. Demiz merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal di Jl. Kalibata Tengah No. 30 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan yang menyediakan program kursus bidang Industri Kreatif.

Demiz menawarkan beberapa program khusus akting, yaitu tingkat pemula anak, tingkat pemula dewasa, tingkat menengah dewasa. Selain itu, Demiz juga menyediakan kursus komedi bagi anak mama yang ingin menjadi komedian. 

Tenaga pengajar yang ada di Demiz ini tidak perlu diragukan lagi. Anak mama akan dibimbing langsung oleh Deddy Mizwar, Aria Kusumadewa, Derry Oktami, Didi Hasyim, Harris Syaus, dan instruktur tamu lainnya. Soal harga, Demiz Academy mematok harga mulai dari Rp2.500.000 hingga Rp4.500.000. Harga tersebut bisa jadi sudah termasuk diskon.

Setiap anak yang ingin bergabung harus melakukan pembayaran uang dimuka untuk bisa mengisi formulir pendaftaran. Karena itu, Mama perlu menghubungi pihak Admin Demiz Academy (cellurar number & WhatsApp 0813-9829-9301) terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut di https://demizacademy.com/.

10. Studio Akting Heha

10. Studio Akting Heha
hehaproduction.com

Studio Akting Heha merupakan lembaga pelatihan akting non-formal yang berdomisili di Jakarta, tepatnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan Kby. No.43, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Berdiri sejak tahun 2019, Studio Akting Heha telah sukses melahirkan sekitar lima puluh lebih lulusan aktor-aktor muda yang aktif berkarya dan diakui di industri, seperti Adry Pradana, Alyssa Abidin, Anastasia Audrey, Arawinda, Arianti Kuntari, Bertha Telaumbanua, Brigitta Cynthia, Chanceline Ebel, Del Vikesha, Erik Lasmono, Farhan Rasyid, Frans Nicholas, Hizrian Maladzan, Indian Akbar, dan Jessiana Parison.

Selain berprofesi menjadi aktor, Studio Akting Heha juga melahirkan berbagai kegiatan berkarya lainnya di ranah modelling, seni musik, seni pertunjukan, seni bela diri, seni grafis dan multimedia, hingga seni tari dan produksi film.

Jika anak mama sangat ingin belajar teater, Studio Akting Heha menjadi pilihan yang tepat. Apalagi sejak 2021, Studio Akting Heha telah bekerja sama dengan Swan Studio, yakni rumah produksi yang sudah menggarap banyak film-film Indonesia sejak tahun 2018.

Untuk pendaftarannya, Mama bisa datang ke lokasi Studio Akting Heha atau WhatsApp di nomor 0812-1010-5672.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat belajar teater Jakarta. Tempat-tempat teater tersebut bisa jadi bahan pertimbangan Mama dan Papa sebelum mendaftakan si Kecil. Pastikan lokasinya dekat dengan rumah Mama dan biayanya sesuai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk