Perlu Diketahui, Ini Sumber Energi Alternatif yang Ada di Bumi

Ada berbagai macam energi yang di muka bumi ini

12 Maret 2022

Perlu Diketahui, Ini Sumber Energi Alternatif Ada Bumi
Pexels/kaiquestr

Sumber energi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber energi yang dapat diperbaharui biasa disebut sebagai energi alternatif.

Sumber energi alternatif ini kerap kali menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena dinilai lebih aman dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Penggunaan energi alternatif juga ditujukan untuk mengurangi pemakaian energi hidrokarbon yang bisa menimbulkan polusi dan merusak  lingkungan.

Hal tersebut dikarenakan energi hidrokarbon memiliki emisi karbon dioksida yang tinggi, sehingga dapat memicu pemanasan global atau globalwarming.

Nah, agar pengetahuan kamu mengenai sumber energi semakin bertambah, berikut ini telah Popmama.com rangkum mengenai sumber energi alternatif yang ada di bumi. Yuk, disimak!

1. Pengertian sumber energi alternatif

1. Pengertian sumber energi alternatif
Pexels/rodolfoclix

Sumber energi alternatif adalah jenis sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak akan pernah habis. Sumber energi ini juga tidak memberikan dampak berupa pembuangan karbon dioksida secara berlebihan.

Menurut Natural Resources Defense Council (NDRC), energi alternatif adalah sumber “energi bersih” yang berasal dari proses alami dengan terus menerus terisi ulang.

Berbeda dengan energi nuklir. Meski pun sumber energi nuklir tidak menimbulkan dampak pembuangan karbon dioksida, tetapi pada proses pembuatannya energi nuklir menyebabkan pencemaran lingkungan. Oleh sebab itu, energi nuklir sangat tidak disarankan.

Editors' Picks

2. Macam-macam sumber energi alternatif

2. Macam-macam sumber energi alternatif
Pexels/Pixabay

Sebagai sumber energi alternatif yang tidak akan habis, tetapi kita juga harus bijak dalam memanfaatkannya. Sumber energi alternatif sendiri bermacam-macam, yaitu sebagai berikut.

1. Panas matahari

Matahari memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya di luar angkasa saja, tetapi di bumi pun matahari sangat berperan penting. Hal tersebut dikarenakan matahari dapat mendukung kehidupan makhluk hidup di bumi.

Cahaya atau panas matahari merupakan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui dan tidak akan habis. Dengan panas matahari, manusia dapat memenuhi kebutuhan energi dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula hewan dan tumbuhan.

Pemanfaatan energi dari panas matahari sebagai sumber tenaga listrik ini mengeluarkan emisi yang sangat sedikit ketimbang dari energi fosil.

2. Air

Sumber energi alternatif berikutnya adalah air. Air bisa didapatkan di mana saja. Karena itu, air termasuk sumber energi alternatif yang tidak akan habis dan dapat diperbaharui.

Sumber energi air ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tenaga listrik. Tidak heran jika pemanfaatannya kini mulai dikembangkan di Indonesia.

3. Angin

Angin merupakan sumber energi alternatif yang paling bersih. Hal tersebut dikarenakan penggunaan embusan angin, terutama pada pembangkit listrik tidak menimbulkan emisi, apalagi polusi. Meski begitu, pemanfaatan sumber energi angin di Indonesia masih minim.

4. Biomassa

ramah lingkungan. Biomassa bisa menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan limbah organik dari sektor pertanian, industri, bahkan domestik. Energi biomassa mampu menghasilkan listrik dan  bahan bakar dengan biaya rendah.

3. Bentuk pemanfaatan sumber energi dari panas matahari

3. Bentuk pemanfaatan sumber energi dari panas matahari
Pexels/khanh-le-207985

Matahari merupakan sumber energi yang paling penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, energi panas matahari juga sangat berguna untuk hewan dan tumbuhan.

Indonesia memiliki potensi penghasil energi panas bumi terbesar di dunia karena mempunyai banyak gunung dan pegunungan vulkanik. Sumber energi ini juga tidak akan pernah habis meski digunakan terus menerus.

Energi panas matahari biasanya dimanfaatkan untuk diubah menjadi energi listrik. Untuk mengubahnya, diperlukan alat bernama panel surya. Panel surya tersebut akan mengubah radiasi matahari menjadi energi listrik.

4. Cara memanfaatkan sumber energi angin

4. Cara memanfaatkan sumber energi angin
Pexels/osho

Sama seperti sumber energi panas matahari, sumber energi angin juga tidak akan pernah habis dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan apa pun. Sumber energi ini biasanya dimanfaatkan untuk menjadi sumber pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan.

Alat yang digunakan untuk membuat pembangkit energi listrik ini adalah kincir angin. Nantinya, kincir angin dihubungkan ke mesin generator dan mengubahnya menjadi energi listrik.

5. Manfaat adanya sumber energi air

5. Manfaat ada sumber energi air
Pexles/Pixabay

Selain energi panas matahari dan angin, ternyata sumber energi air juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan.

Untuk menghasilkan energi listrik, biasanya dilakukan dengan membuat bendungan untuk menampung air dan menggunakan alat bernama kincir air.

Dengan kincir air, nantinya akan ada energi kinetik yang kemudian dihubungkan dengan generator. Generator tersebutlah yang akan menghasilkan listrik, untuk kemudian dialirkan.

Itu dia penjelasan mengenai sumber energi alternatif yang ada di bumi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Mama dan anak mama ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk