6 Macam Sumber Energi yang Ada di Sekitar Kita

Selain minyak bumi, ada banyak sumber energi di sekitar kita loh

16 September 2021

6 Macam Sumber Energi Ada Sekitar Kita
Pexels/pixabay

Sumber energi merupakan elemen penting dalam keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Semua manusia pasti membutuhkan energi untuk kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia terdapat berbagai macam sumber energi, misalnya batu bara, minyak bumi, gas alam, hingga biomassa. Energi-energi tersebut dijadikan sebagai sumber energi utama oleh manusia.

Lantas, apa sih pengertian sumber energi itu sendiri?

Secara umum, sumber energi merupakan sebuah kekuatan yang dimiliki oleh suatu benda, sehingga benda tersebut mampu melakukan pekerjaan.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha, misalnya berjalan, belajar, bekerja, makan, mandi, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan energi untuk dapat bergerak.

Manusia dapat bergerak dan melakukan aktivitas karena memiliki energi yang berasal dari makanan.

Sumber energi terbagi menjadi dua, yaitu sumber energi terbarukan dan sumber energi tidak terbarukan. Sumber energi terbarukan biasanya disebut sumber energi alternatif.

Energi alternatif adalah energi yang dihasilkan bukan dari bahan bakar minyak bumi dan bahan bakar konvensional. Energi alternatif dapat diperbaharui, tetapi apabila digunakan terus menurus jumlahnya juga bisa habis loh.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 macam sumber energi yang ada di sekitar kita untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Disimak sampai akhir ya!

1. Energi matahari

1. Energi matahari
Pixabay/pexels

Energi matahari merupakan energi yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis, meskipun digunakan secara terus menerus. Energi matahari ini bisa didapatkan dengan mudah dan gratis.

Matahari sendiri telah menjadi sumber utama penghasil energi yang biasa disebut dengan tenaga surya. Tenaga surya tersebut digunakan manusia untuk menghasilkan listrik.

Hanya saja, perlu dipasang panel surya yang dapat mengumpulkan sinar matahari dan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk membangun reaktornya.

2. Batu bara

2. Batu bara
Pexels/pixabay

Sumber energi satu ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya bisa digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik, batu bara juga bisa menjadi bahan baku pembuatan semen dan baja.

Hanya saja, untuk mendapatkan batu bara ini harus dilakukan penambangan dan penggalian terlebih dahulu di tempat tertentu. Di Indonesia terdapat beberapa daerah penghasil batu bara terbesar, yakni Sawahlunto, Sumatera Barat; Meulaboh, Aceh Barat; Tanjung Enim dan Lahat, Sumatera Selatan; Pulau Laut Kalimantan Selatan; Samarinda Kalimantan Timur; dan Sorong, Papua.

Namun, batu bara memiliki dampak negatif karena tingkat polusinya yang tinggi.

Editors' Picks

3. Panas bumi

3. Panas bumi
Pixabay/lacasadicomo-479006

Selain energi matahari, panas bumi juga merupakan sumber energi yang tidak akan habis dan tidak terbatas. Bumi akan mengeluarkan uap panas bumi yang nantinya dijadikan listrik agar bisa digunakan sehari-hari oleh manusia.

Indonesia menjadi negara terbesar kedua penghasil listrik energi panas bumi di dunia.

4. Air

4. Air
Pexels/diego-madrigal-162471

Sama seperti energi matahari, air juga bisa menjadi sumber energi pembangkit listrik.

Selain mudah didapatkan dan tidak ada biaya, air juga termasuk sumber energi yang tidak akan habis dan tidak terbatas.

Indonesia sendiri telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di beberapa daerah, salah satunya PLTA Cirata di Purwakarta, Jawa Barat.

5. Gelombang pasang

5. Gelombang pasang
Pixabay/fotoworkshop4you-2995268

Meski belum sering digunakan, tetapi gelombang pasang termasuk salah satu sumber energi yang ada di sekitar kita.

Sumber gelombang pasang berasal dari gelombang pasang surut pergerakan air laut. Pergerakan pasang surut air laut tersebut dapat diubah menjadi energi listrik untuk digunakan dalam keseharian.

Penggunaannya memang tidak merusak lingkungan, tetapi untuk dapat memanfaatkan gelombang pasang ini membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk membangun reaktornya. Selain itu, kecepatan ombak yang tidak bisa diprediksi dan pemilihan lokasi menjadi kendala.

Pemanfaatan gelombang pasang telah tertuang dalam Peta Potensi Energi Laut 2014 dan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional yang disetujui oleh DPR menjadi PP.

6. Angin

6. Angin
Pexels/pixabay

Angin merupakan sumber energi di sekitar yang juga tidak terbatas dan tidak akan habis sama seperti air dan energi matahari. Selain itu, angin juga ramah lingkungan.

Apabila kamu pernah melihat kincir angin berukuran besar dengan jumlah yang banyak di suatu tempat, berarti kincir angin tersebut digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin.

Angin yang menggerakkan kincir angin, akan menyalakan turbin yang kemudian menghasilkan tenaga listrik. Meskipun sangat ramah lingkungan, tetapi untuk pembuatannya membutuhkan biaya yang besar.

Indonesia diketahui memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT), di antaranya energi angin dan panas bumi. Akan tetapi, pemanfaatannya belum optimal dan hanya beberapa proyek pembangkit tenaga angin yang sudah dibangun, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PTLB) Sidrap 75 Mega Watt (Mega Watt/MW).

Itulah 6 sumber energi yang ada di sekitar kita, selain minyak bumi. Sumber energi tersebut umumnya digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang dapat merusak lingkungan akibat tingginya emisi karbon dioksida, yang dapat menyebabkan pemanasan global. Sebab itu, sekarang ini di Indonesia banyak yang memanfaatkan sumber energi alternatif untuk memenuhi kelangsungan hidup.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.