5 Tips Jitu Agar Anak Sukses Mengerjakan Ujian Secara Online di Rumah

Meski ujian dikerjakan di rumah karena sedang school from home, si Anak tak boleh malas-malasan!

6 April 2020

5 Tips Jitu Agar Anak Sukses Mengerjakan Ujian Secara Online Rumah
Freepik/pressfoto

Badai pandemi virus Covid-19 mengubah banyak rutinitas harian yang dijalankan masyarakat sehari-hari. Tak terkecuali juga dunia pendidikan yang merasakan imbasnya. Kegiatan belajar-mengajar pun mengalami perubahan, dari yang biasanya dilakukan tatap muka di kelas konvensional, beralih ke online di rumah.

Para murid dari berbagai jenjang pendidikan akan menghadapi Ujian Akhir Sekolah secara online di penghujung semester ini. Sebagai orangtua, perlu menyiapkan anak agar sukses mengerjakan soal-soal ujian walau prosesnya dilakukan secara online di rumah. Popmama.com punya beberapa tips dan strategi nya nih, Ma, yaitu:

1. Bangun tepat waktu

1. Bangun tepat waktu
familiesforlife.sg

Meskipun semua kegiatan belajar-mengajar dan ujian dilakukan di rumah secara online, kedisiplinan tetap nomor satu lho, Ma. Jangan sampai di hari H ujian online anak telat bangun.

Bentuk kebiasaan bangun tepat waktu selama seminggu sebelum hari ujian online tiba. Bisa dibantu dengan mengatur alarm atau pun membangunkan anak lebih pagi.

Editors' Picks

2. Lakukan rutinitas pagi seperti biasa

2. Lakukan rutinitas pagi seperti biasa
Freepik/tirachardz

Jika bangun tepat waktu, anak punya kesempatan lebih untuk mempersiapkan diri tanpa terburu-buru. Pastikan anak sudah mandi dan bila perlu kenakan pakaian yang rapi. Studi menemukan, mandi dan mengenakan pakaian yang rapi bisa menambah semangat dalam belajar atau bekerja, layaknya jika kita benar-benar berangkat ke sekolah atau ke kantor. 

Setelah mandi dan mengenakan pakaian rapi, pastikan anak sarapan ya, Ma. Meski dengan selembar roti dan segelas susu, perut yang terisi terbukti dapat meningkatkan fokus anak dalam belajar dan mengerjakan soal ujian. 

3. Atur tempat ujian yang nyaman

3. Atur tempat ujian nyaman
freepik.com/evening_tao

Karena dilakukan di rumah, bukan berarti ujian dilakukan dengan sembarangan. Atur satu tempat khusus dengan meja dan kursi yang nyaman, pencahayaan yang baik, dan alat-alat yang mendukung, seperti laptop, koneksi internet serta peralatan tulis-menulis.

Dengan tempat ujian yang nyaman, anak dapat lebih berkonsentrasi mengerjakan ujian tanpa terdistraksi. Bila di rumah ada anak-anak yang lain, sediakan tempat khusus supaya anak yang mengikuti ujian tidak merasa terganggu jika ada keributan.

4. Baca baik-baik petunjuk ujian

4. Baca baik-baik petunjuk ujian
Freepik/Peoplecreation

Bagi sebagian anak dan orangtua, ujian online adalah hal yang baru. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan dan aturan-aturan yang harus dipahami. Misalnya, bagaimana caranya menjawab pertanyaan ganda, jawaban seperti apa yang dihitung valid dan yang tidak, dan lain-lain.

Untuk itu, penting melakukan poin-poin nomor satu hingga tiga agar Mama maupun anak punya waktu lebih membaca petunjuk cara mengerjakan soal-soal secara online. Apabila ada peraturan yang tidak dimengerti, jangan ragu bertanya ke guru sebelum ujian online dimulai.

5. Terapkan kedisiplinan

5. Terapkan kedisiplinan
Freepik

Meski dilakukan secara online di rumah, kedisiplinan belajar harus tetap dijunjung. Walau tidak ada guru yang mengawasi secara langsung, orangtua harus secara aktif memantau perkembangan belajar anak di rumah dan jangan sampai memberi kesempatan anak untuk menyontek. Bagaimana pun juga, yang harus dipahami dalam situasi ini adalah media belajar yang berubah dari konvensional ke online, tanpa mengubah esensi dari belajar itu sendiri.

Kondisi ini mungkin tak mudah dijalani ya, Ma, terutama bagi orangtua yang belum pernah bersentuhan dengan cara belajar online beserta tools-tools-nya. Begitu pula bagi orangtua yang harus membagi waktu antara bekerja di rumah dengan mengawasi anak yang harus belajar di rumah pula. Tetapi, niscaya pengalaman di masa pandemi ini akan berguna dan memberikan wawasan baru di dunia pendidikan di Indonesia. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.