Yuk Biasakan Anak Makan di Meja Makan, Ternyata Tidak Sulit Lho!

Susah sekali meminta si Kecil duduk diam di meja makan, bagaimana cara mengatasinya ya?

21 Februari 2021

Yuk Biasakan Anak Makan Meja Makan, Ternyata Tidak Sulit
soposted.com

Pengalaman makan di meja makan bersama si Kecil akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus merepotkanmu. Rasanya sulit sekali membuat anak duduk diam di kursi selama makan.

Sebentar saja anak-anak akan langsung bergerak, berlarian ke ruangan lain. 

Sebenarnya makan di meja makan merupakan sebuah hal sederhana yang perlu dibiasakan.

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan tersebut dapat mempererat hubungan si Kecil dengan orangtua, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, sampai membangun sikap disiplin dalam diri anak.

Mengutip dari jocormack.com, waktu yang baik untuk si Kecil duduk makan bersama di meja makan ialah lebih dari 20 menit. Menurut penelitian yang dilakukan, terdapat lebih banyak efek positif yang didapat ketika anak-anak dengan durasi rata-rata 19,9 menit. Efeknya berbeda sekali dengan anak yang rata-rata waktunya 16,4 menit. 

Lalu bagaimana caranya agar si Kecil mau duduk selama itu jika belum 5 menit saja ia sudah berpindah-pindah tempat?

Tenang saja Ma, Popmama.com punya cara tepat yang dapat membantumu.

Dengan bimbingan yang tepat disertai kesabaran, Mama tentunya dapat membiasakan si Kecil melakukan hal tersebut. 

Yuk, simak rangkuman cara membiasakan anak makan di meja makan berikut ini.

1. Sajikan makanan dengan cara yang menyenangkan

1. Sajikan makanan cara menyenangkan
Freepik/prostooleh

Suasana makan yang begitu-begitu saja dapat menjadi salah satu alasan mengapa anak tidak suka berdiam diri di meja makan. Untuk mengatasinya, Mama perlu membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. 

Mama dapat melakukannya dengan menghias makanan yang kamu sajikan dengan sayuran beragam warna dan bentuk-bentuk yang lucu. Atau mungkin dengan memainkan game sederhana di waktu makan, seperti menebak warna atau nama makanan yang terdapat di piringnya.

Sebenarnya kamu tidak perlu selalu kreatif untuk membuat waktu makan menyenangkan. Cukup membuat variasi menu dan cara penyampaian yang menyenangkan pastinya akan membuat anak tertarik mengikuti waktu makan di meja makan bersamamu. 

2. Pilih menu makanan kesukaan si Kecil

2. Pilih menu makanan kesukaan si Kecil
www.youngparents.com
sarapan anak sebelum berangkat sekolah

Salah satu cara menarik perhatian si Kecil agar bertahan di meja makan ialah dengan menyediakan makanan yang ia suka. 

Mama dapat memilih makanan-makanan yang aman, cocok dan ia sukai. Melihat makanan kesukannya tersedia di meja makan tentu membuatnya memilih untuk berdiam diri menikmatinya. Siapa yang tidak tahan melihat makanan kesukannya tersedia di meja makan?

Mama juga dapat menambahkan makanan lainnya seperti sayur dan buah untuk melengkapi gizi dan nutrisi si Kecil. Sediakan juga peralatan makan sesuai dengan kebutuhan mereka ya Ma. 

Editors' Picks

3. Ajak anak membantu menyiapkan makanan

3. Ajak anak membantu menyiapkan makanan
Freepik/karlyukav

Meminta anak terlibat dalam proses menyiapkan makan dapat membuat mereka lebih menghargai waktu makan di meja makan. 

Meskipun anak masihlah kecil, mereka dapat ikut membantu mempersiapkan hal sederhana, seperti membantu menuangkan sayur ke mangkuk atau menyiapkan sendok dan garpu. Jika tidak bisa, mereka juga dapat memperhatikanmu memasak makanan yang hendak kalian santap nantinya. 

Faktanya terlibat dalam penyiapan makanan akan membuat anak-anak merasa bangga akan pekerjaan mereka. Hal tersebut akan membuat anak lebih menghargai makanan ketika dihidangkan dan disantap nantinya. Tidak heran jika ini membuat mereka mau menikmati makanan di meja makan dengan tenang. 

4. Buka dengan pembicaraan ringan

4. Buka pembicaraan ringan
raisingchildren.net.au

Anak-anak tentunya suka berbicara, benar bukan? Dan inilah yang dapat kamu lakukan untuk membuat waktu makanmu bersama si Kecil menjadi lebih menyenangkan. 

Ketika bersantap di meja makan, Mama dapat menghangatkan suasana dengan pembicaraan ringan bersama si Kecil. Tanyalah pengalaman menyenangkan si Kecil selama hari itu, film yang ia sukai, atau hal-hal apapun yang menarik perhatian mereka. 

Pembicaraan yang menarik perhatian anak akan membuat mereka bertahan menikmati percakapan bersamamu di meja makan. Tidak heran cara ini merupakan cara yang sederhana yang ampuh membuat anak diam di meja makan. 

Oh ya, tetap perhatikan untuk tidak berbicara saat makan ya.

5. Ijinkan anak membawa mainan

5. Ijinkan anak membawa mainan
Freepik/user14907079

Bagi si Kecil, mainan seolah menjadi barang berharga yang sangat penting. Bukan hanya menghiburnya, mainan juga seolah menjadi temannya. Tidak heran jika ia selalu ingin membawa mainan kemanapun, termasuk ketika makan. 

Guna membuatnya mau berdiam di meja makan, Mama sebenarnya dapat mengijinkan anakmu membawa mainan. Melansir dari mykidslickthebowl.com, membawa mainan kesukaannya seperti boneka atau mobil-mobilan dapat membuat si Kecil mau duduk tenang di meja makan. 

Jika kamu berniat melakukannya, tetapkan aturan yang pasti, seperti misalnya hanya mengijinkan mereka membawa 1 mainan dan mereka tidak boleh menukarnya ketika waktu makan telah dimulai. 

6. Contohkan kebiasaan ini pada anak

6. Contohkan kebiasaan ini anak
Freepik/bearfotos

Mama dan Papa merupakan seorang role model bagi anak-anak, dan ini juga berlaku ketika kalian berada di meja makan. 

Saat anak tidak dapat bersikap diam di meja makan, orangtua dapat menunjukkan bagaimana sikap yang baik. Sebaiknya kamu tidak makan sambil melakukan kegiatan lain, semisal memegang handphone.

Fokus dan berikan contoh yang baik pada anak untuk memanfaatkan waktu makan sebaik-baiknya. 

Ketika kamu dapat melakukannya dengan baik, maka anak-anak juga akan menirukan hal serupa. Mereka juga nantinya akan terbiasa untuk duduk diam di meja makan. 

Akhir kata, mengingat anak yang kamu hadapi masihlah sangat kecil, kamu mungkin perlu lebih realistis dan memahami kondisi mereka. Mama dan Papa tidak dapat sepenuhnya mengharapkan anak-anak untuk duduk diam makan dalam waktu sekitar 20 menit. 

Itulah beberapa cara mengajarkan anak makan di meja makan bersama keluarga. Pastinya sesekali ada gangguan yang membuat mereka beranjak dari meja makan. Itulah mengapa keberhasilan anak diam sejenak saya patut kamu apresiasi. Ini nantinya akan memberikan semangat pada anak untuk mengulangi hal serupa. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.