5 Panduan Makan Bersama Anak di Restoran di Masa New Normal

Ada perubahan yang harus dipatuhi ya, Ma

11 Juni 2020

5 Panduan Makan Bersama Anak Restoran Masa New Normal
saposyprincesas.com

Bulan Juni jadi masa transisi bagi warga Jakarta untuk bersiap menuju kehidupan normalan baru. Jika ingin makan di restoran bersama anak, pastikan beberapa hal demi keamanan bersama. 

Jika sebelumnya hanya boleh dibungkus bawa pulang atau order melalui pesan antar, kini sudah ada beberapa restoran yang mulai buka untuk makan di tempat.

Pengunjung memesan makanan dari daftar menu, duduk di kursi pelanggan kemudian menghabiskan makanan di restoran hingga selesai. 

Hal ini tentu membuat banyak orang tertarik mencoba makan di restoran. Nantinya restoran kembali dipenuhi pengunjung akan menjadi pemandangan yang biasa saja.

Namun tak bisa sembarangan, karena tetap ada protokol keamanan yang harus dipatuhi jika ingin makan di restoran bersama keluarga.

Berikut ini Popmama.com jabarkan mengenai panduan cara makan di restoran bersama anak saat new normal.

1. Pastikan restoran yang akan didatangi terjamin kebersihannya

1. Pastikan restoran akan didatangi terjamin kebersihannya
nytimes.com/ Ross D. Franklin/ Associated Press

Ingin menjaga kesehatan bersama, banyak restoran meningkatkan kualitas kebersihannya. Mulai dari menggunakan masker, sarung tangan, hingga mengukur suhu tubuh semua karyawannya saat bekerja. 

Jika Mama yakin dengan kebersihan restoran tersebut. boleh saja mengajak si Kecil makan di tempat tersebut. Namun jika tidak, lebih baik urungkan niat sementara, agar tidak menyesal di kemudian. 

Editors' Picks

2. Terus terapkan physical distancing

2. Terus terapkan physical distancing
shutterstock.com/Creativa Images

Saat ini, restoran harus mematuhi beberapa hal terkait kenormalan baru. Salah satunya, menjaga jarak antar kursi dan meja makan. Dengan begitu, para pengunjung bisa tetap makan dengan rasa aman. 

Meski tergoda melihat restoran favorit sudah buka, dan ternyata ramai, lebih baik bersabar menunggu bergantian daripada memaksa duduk di tempat yang penuh.

Begitu juga saat mengantre, pastikan untuk tetap menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Jangan lupa menggunakan masker dan tidak menyentuh wajah. 

Si Kecil mungkin akan tergoda berlarian atau berdekatan dengan orang lain. Ini akan jadi tugas Mama dan Papa untuk memastikan mereka tetap dalam jarak aman dari orang lain.

3. Selalu cuci tangan sebelum makan

3. Selalu cuci tangan sebelum makan
Shutterstock/Casezy idea

Salah satu tindakan pencegahan paling efektif adalah dengan mencuci tangan. Sebelum makan, pastikan mengajak anak mencuci tangannya terlebih dahulu. 

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Untuk menghemat air, pastikan untuk menutup keran selama sedang mencuci tangan dengan sabun. Hanya nyalakan keran saat membilas tangan. 

Begitu juga setelah selesai makan, pastikan untuk mengajak anak membersihkannya dengan mencuci tangan. Jika sangat terpaksa, bisa juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer

Usahakan untuk memberikan hand sanitizer yang khusus untuk anak, ya, Ma. Karena kandungannya lebih lembut dan ramah pada kulit anak. 

4. Pilih menu makanan yang segar dan sehat

4. Pilih menu makanan segar sehat
Freepik

Di masa seperti ini, pastikan untuk selalu memilih makanan sehat untuk menjaga imun tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan makanan yang segar dan sehat untuk si Kecil. 

Kalau ingin makanan mentah atau setengah matang, harus pastikan kembali kebersihannya. Jika tidak yakin dengan kualitas kebersihannya, lebih baik pilih menu yang lain. 

Jika makanan mentah tertempel bakteri dan virus, tentu akan langsung masuk ke tubuh. 

Sementara makanan yang matang sempurna tergolong lebih aman daripada yang mentah. 

Namun pastikan untuk menghindari makanan yang berkai-kali digoreng atau dihangatkan berulang. 

5. Pilih restoran yang memiliki siklus udara yang baik

5. Pilih restoran memiliki siklus udara baik
Bistecca

Sebentar lagi mal akan buka, tentu dibarengi dengan restoran di dalamnya juga akan buka. Pertimbangan memilih restoran di masa new normal adalah yang memiliki siklus udara yang baik. 

Jika ada restoran dengan area outdoor, usahakan untuk duduk di sana. Udara bebas dinilai lebih aman dibanding dalam ruangan yang siklus udaranya buruk. 

Langkah terakhir yang paling aman dilakukan adalah makan di rumah saja. Bawa pulang makanan dari restoran jika dirasa terlalu penuh atau kebersihan mejanya tidak meyakinkan. 

Bagaimanapun, keamanan dan kesehatan keluarga yang utama. Itulah panduan cara makan di restoran bersama anak saat new normal. Selalu jaga kesehatan Mama dan keluarga ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.