Dikenal Sebagai Sumber Karbohidrat, Ini Manfaat Konsumsi Kentang Ma

Bisa meningkatkan fungsi dan membantu perkembangan otak anak, lho

23 Juli 2020

Dikenal Sebagai Sumber Karbohidrat, Ini Manfaat Konsumsi Kentang Ma
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi anak-anak dan baik bagi pertumbuhan mereka.

Selain itu, kentang diperkaya dengan vitamin C, vitamin A, folat, kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium yang baik untuk tubuh. 

Menambahkan kentang pada menu makanan si Kecil, sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau direbus. Bukan digoreng, agar kandungan nutrisi pentingnya tak rusak, Ma.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, berikut Popmama.com rangkum manfaat konsumsi kentang bagi anak-anak yang dirangkum dari beragam sumber. 

1. Baik untuk kesehatan pencernaan anak

1. Baik kesehatan pencernaan anak
Unsplash/Ben White

Kentang termasuk makanan dengan kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk keteraturan sistem pencernaan. 

Kentang juga bisa mencegah anak dari diare dan bisa menjadi pilihan makanan si Kecil saat dilanda diare karena kaya akan kalium.

Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan pada bagian kulitnya. Jadi, cara terbaik mengolah kentang untuk anak, yaitu dengan memasaknya secara utuh tanpa dikupas, Ma. 

Editors' Picks

2. Tingkatkan perkembangan otak si Kecil

2. Tingkatkan perkembangan otak si Kecil
Unsplash/Ben White

Penting untuk Mama ketahui bahwa kentang merupakan makanan yang baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Hal ini karena kentang memiliki jumlah tembaga dan besi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan aktivitas otak. 

Kandungan mangan, kalium, dan vitamin B6 dan C dalam kentang pun dapat membantu fungsi otak lebih baik. Sementara pusat saraf merespons positif terhadap kandungan asam lemak dan asam amino yang ditemukan dalam kentang. 

Mama bisa mengolah kentang dengan cara memanggangnya utuh tanpa dikupas dan tanpa tambahan garam. Mengonsumsi kentang juga bisa meningkatkan daya ingat si Kecil. 

3. Bantu jaga kesehatan dan kekuatan tulang

3. Bantu jaga kesehatan kekuatan tulang
Unsplash/MI PHAM

Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc dalam kentang membantu tubuh anak untuk membangun dan mempertahankan struktur serta kekuatan tulang.

Mengonsumsi kentang juga dapat mencegah tulang dari pengeroposan. Namun, takaran atau porsinya perlu diperhatikan ya, Ma. Jangan terlalu berlebihan dan juga kurang. Jadi, sebaiknya diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya. 

4. Sumber antioksidan dan vitamin C untuk tubuh

4. Sumber antioksidan vitamin C tubuh
Unsplash/Leo Rivas

Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. 

Radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. 

Kentang juga diperkaya dengan kandungan vitamin C yang bisa memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang dan gigi, dan menjaga sistem kekebalan tubuh, Ma. 

5. Rangsang pertumbuhan sel-sel baru

5. Rangsang pertumbuhan sel-sel baru
Unsplash/Steven Libralon

Salah satu kandungan dalam kentang yang baik untuk tubuh adalah vitamin B6. Vitamin B6 dikenal sebagai zat yang berguna untuk proses pemecahan protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa.

Vitamin ini berperan penting dalam membentuk sel darah, memelihara kesehatan saraf, membantu produksi antibodi, dan menunjang pencernaan protein.

Itulah 5 manfaat kentang untuk kesehatan anak jika dikonsumsi jadi menu sehari-hari. Selain memerhatikan porsi dan cara pengolahan kentang yang baik, Mama juga perlu mengimbangi dengan makanan kaya nutrisi lainnya agar tumbuh kembang anak maksimal. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.