4 Manfaat Makan Buah Naga Selama Kehamilan Trimester Kedua

Ini dia Ma, manfaat dari mengonsumsi buah naga pada saat kehamilan

29 Oktober 2019

4 Manfaat Makan Buah Naga Selama Kehamilan Trimester Kedua
Freepik/dashu83

Buah naga ada dua macam, yang berdaging merah dan putih. Buahnya lunak dan banyak bijinya, tapi tenang bijinya bisa dimakan. Rasanya tawar dan sedikit manis. Memiliki banyak kandungan air di setiap gigitannya.

Apakah Mama sudah mengetahui manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin? Buah naga mudah ditemui dan kaya akan vitamin bergizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut Popmama.com sebutkan 4 manfaat buah naga.

1. Kaya akan nutrisi vitamin

1. Kaya akan nutrisi vitamin
Freepik

Nggak kalah hebatnya dengan buah-buahan jenis lain, buah naga merupakan sumber nutrisi yang baik karena banyak mengandung vitamin C, fitokimia, protein, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

Vitamin B1 yang terkandung dalam buah naga juga berkhasiat untuk membantu tumbuh kembang janin, membantu penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat untuk menghasilkan energi.

Untuk mendapat manfaat maksimal, kamu bisa bergantian mengonsumsi buah naga dan jeruk. Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sama-sama tinggi.

2. Sumber karbohidrat

2. Sumber karbohidrat
Freepik/dashu83

Kandungan buah naga yang kaya akan sumber karbohidrat, merupakan sumber energi alami yang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi. Kebutuhan karbohidrat saat sedang hamil tentu akan meningkat di mana biasanya Mama cenderung untuk mengonsumsi jenis karbohidrat yang itu-itu saja.

Kalau Mama merasa bosan, sesekali bisa mengganti sumber karbohidrat dengan buah naga, tapi tenang kamu tetap mendapatkan manfaat gizi yang sama.

Editors' Picks

3. Banyak seratnya

3. Banyak seratnya
Freepik/dashuu83

Selama masa kehamilan, tak jarang wanita mengeluhkan masalah pada sistem pencernaan, misalnya sembelit. Nah, untuk mengurangi gangguan karena sembelit ini, Mama bisa rajin mengonsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya adalah buah naga.

Buah naga memiliki kandungan serat yang banyak, jadi cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam satu porsi buah naga mengandung sekitar 0,3-0,9 gram serat.

4. Sumber lemak sehat

4. Sumber lemak sehat
Freepik

Selama masa kehamilan, lemak tidak hanya dibutuhkan sebagai sumber energi. Lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak bayi dalam perut Mama. Satu porsi buah naga mengandung 0,1-0,6 gram lemak, yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh.

Jangan khawatir Ma, konsumsi lemak yang bersumber dari buah naga tidak akan membuat akan Mama bertambah gemuk.

Lemak yang terkandung dalam buah naga aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan baik untuk janin dalam mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama masa kehamilan.

Ma, itulah 4 manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin. Masih ada buah lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk rajin makan buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil ya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!