5 Manfaat Yogurt yang Baik Bagi Kesehatan Anak

Probiotik pada yogurt merupakan bakteri baik untuk tubuh lho

2 November 2018

5 Manfaat Yogurt Baik Bagi Kesehatan Anak
Pexels/Pixabay

Membicarakan yogurt, pastinya sudah banyak yang tahu bahwa yogurt mengandung banyak protein dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Yoghurt memiliki manfaat yang sama baiknya dengan susu. Tak hanya itu Ma, yoghurt pun memiliki kadar ph 4,5 yang tidak akan ditemui di dalam air susu murni lho.

Dengan kadar ph tersebut maka yogurt dapat meluluhkan sel-sel jahat yang menempel di tubuh. Anak-anak yang bergerak lebih cepat akan aktivitasnya, maka energinya akan terkuras.

Untuk penunjang kegiatannya, si Kecil membutuhkan asupan gizi yang memadai. Salah satunya yaitu bisa mengonsumsi yogurt.

Sedangkan yoghurt yang dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan pokok, kandungan gizinya pun sangat tinggi dan membuatnya layak untuk dikonsumsi secara rutin Ma.

Tapi tahukah Mama apa saja manfaat yogurt untuk anak? Di bawah ini ada ulasan 5 manfaat minuman probiotik yang baik untuk pertumbuhan si Kecil:

1. Kaya akan kalsium

1. Kaya akan kalsium
Pexels/Pixabay

Jika biasanya Mama memberikan susu untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Namun, si Kecil juga bisa mendapatkan kalsium dari sumber lain seperti yogurt.

Mengonsumsi yogurt, mereka bisa mendapatkan kebutuhan kalsium mereka setiap hari. Sekitar delapan ons yogurt mengandung 400 mg kalsium, dibandingkan dengan susu yang hanya mengandung 100 mg setiap delapan ons lho Ma.

Jadi yogurt begitu menguntungkan bagi anak-anak. Rutin meminum yogurt maka bisa meningkatkan perkembangan tulang saat pertumbuhannya.

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem imun anak

2. Meningkatkan sistem imun anak
Pexels/Johannes Plenio

Percaya nggak Ma? Bahwa yogurt juga terbukti mampu membantu kerja organ tubuh. Kerja tubuh yang berkaitan dengan produksi energi, pengembangan kemampuan kognitif, dan meningkatkan sistem imun yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ketiganya akan berjalan dengan baik apabila anak mengonsumsi yogurt secara rutin. Selain itu juga probiotik dari yogurt bisa menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan membantu fungsi kerja sistem pencernaan. 

3. Mengandung berbagi vitamin

3. Mengandung berbagi vitamin
Pexels/Pixabay

Ma, yogurt itu juga mengandung berbagai jenis vitamin. Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium, riboflavin, vitamin B12.

Dari semua vitamin itu diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf pada anak.

4. Baik untuk kesehatan usus

4. Baik kesehatan usus
Pexels/Pixabay

Sebagai salah satu sistem pencernaan, usus memiliki dampak besar terhadap kesehatan tubuh.

Nah, Manfaat lain yag bisa diperoleh anak ketika mengonsumsi yogurt ialah meningkatkan kesehatan ususnya.

Kultur aktif yang ada pada yogurt membantu dapat meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

5. Menjaga berat badan anak

5. Menjaga berat badan anak
Pexels/Naomi Shi

Siapa bilang anak-anak tak bisa mengalami obesitas?

Apalagi saat ini banyak ditemukan kasus obesitas pada anak, nantinya bisa meningkatkan kadar kolesterol yang tekanan darah tinggi saat dia dewasa lho.

Untuk menghindari kelebihan berat badan dan menjaga kesehatan anak maka yogurt bisa membantu ia dalam hal ini.

Yogurt yang rendah kalori  bagus untuk menjaga berat badan mereka. Dengan rutin mengonsumsi yogurt itu artinya memberikan rasa kenyang dan menunda lapar. 

Ma, itulah nutrisi yang terkandung dalam yogurt yang bisa bermanfaat bagi anak-anak untuk menjaga kesehatannya.

Baca juga: Bikin Obesitas dan Telat Bicara! Ini 7 Bahaya Container Baby Syndrome

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.