Ungkap 5 Penyebab Mata Belekan pada Anak Balita

Jagalah selalu kebersihan mata si Kecil, ya

17 Juni 2019

Ungkap 5 Penyebab Mata Belekan Anak Balita
Freepik/yupachingping

Si Kecil yang masih berusia di bawah lima tahun sudah mengalami mata belekan? Sementara belekan atau lebih dikenal kotoran mata yang berlebihan ini merupakan gabungan dari lendir, minyak, sel kulit, serta kotoran lain berkumpul menjadi satu dengan volume yang lebih banyak.

Biasanya belekan pada anak berwarna jernih atau putih yang awalnya muncul di bagian satu mata, kemudian menyebar ke bagian mata lainnya.

Belekan bisa dikatakan normal jika muncul pada kondisi tertentu seperti saat bangun tidur, namun jangan disepelekan. Gejala mata belekan harus segera diatasi, karena terbilang bisa menular pada orang lain.

Oleh sebab itu, ketahui 5 penyebab mata belekan pada anak balita yang sudah dirangkum oleh Popmama.com :

1. Disebabkan oleh alergi

1. Disebabkan oleh alergi
Freepik/Serhii_bobyk

Belekan yang terjadi pada anak balita biasanya berbentuk kecil dan kering. Gejala belek yang satu ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi dan terasa gatal.

Sementara alergi pada mata anak disebabkan oleh allergen atau zat yang menimbulkan alergi seperti partikel debu.

Saat anak mengalami belekan yang disertai hidung meler dan menghasilkan cairan atau bersin, kemungkinan hal tersebut memang benar terjadi akibat alergi.

Untuk mengetahui apakah anak mengalami sinusitis kronis yang disebabkan oleh alergi, segeralah bawa si Kecil ke dokter agar dilakukan tes alergi.

2. Infeksi sinus

2. Infeksi sinus
Freepik/parinyabinsuk

Mata belekan yang terjadi pada anak balita biasanya dengan kondisi mata merah, berlendir hingga pembengkakan pada bagian sudut matanya. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata anak. 

Namun Mama perlu waspadai jika anak mengalami efek samping seperti demam, hidung tersumbat, nyeri sinus, dan kotoran mata berwarna kehijauan yang disebabkan oleh infeksi sinus.

Saat ada gejala tersebut pada anak, segeralah hubungi dokter untuk pemeriksaan agar dokter dapat mendiagnosis apakah masalah pada mata si Kecil benar disebabkan oleh infeksi sinus atau bukan.

Editors' Picks

3. Konjungtivitis oleh bakteri

3. Konjungtivitis oleh bakteri
Freepik/bearfotos

Mata si Kecil terdapat belek yang berwarna kuning dan bengkak pada kelopaknya?

Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata.

Mama dapat melihat kotoran di matanya, jika berwarna kekuningan atau kehijauan, mata terlihat kemerahan dan anak mengeluhkan rasa terbakar kemungkinan semua gejala tersebut mengarah ke konjungtivitis oleh bakteri.

Sebelum infeksi bertambah parah dokter akan meresepkan antibiotik untuk si Kecil, baik berupa penggunaan tetes mata atau salep mata.

4. Konjungtivitis karena virus

4. Konjungtivitis karena virus
Freepik/user7123622

Coba cek, apakah mata anak ada kotoran berwarna jernih atau putih pada matanya yang disertai masalah pernafasan atas? Jika seperti itu kondisinya, kemungkinan si Kecil mengalami belekan akibat konjungtivitis oleh virus.

Belekan akibat konjungtivitis virus ini tidak bisa ditangani dengan antibiotik.

Pencegahan penyebaran virus jadi hal penting untuk diperhatikan, sebab jika tidak berhati-hati malah bisa membuat seluruh penghuni rumah menjadi sakit mata.

Oleh karenanya beritahukan kepada seluruh anggota keluarga agar tidak menyentuh mata anak, segeralah mencuci tangan bila mengenai mata.

5. Mata anak terlalu kering

5. Mata anak terlalu kering
Freepik/Rawpixel.com

Ada berbagai macam penyebab mata belekan pada anak balita. Penyebab mata belekan berikutnya disebabkan karena mata yang kering.

Di mana dalam air mata terdapat 4 kompenen yaitu air, lendir, anti bodi dan minyak. Jika air mata anak terganggu, maka proses produksi air mata si Kecil bisa terhambat. Akibatnya matanya dapat mengering karena kekurangan cairan.

Kondisi mata tersebut terjadi ketika mata tidak menghasilkan air mata seperti seharusnya. Nah, ketika air mata tidak bisa melumasi matanya dengan baik maka si Kecil bisa menimbulkan lendir di sekitar matanya.

Ma, selalu perhatikan kebersihan mata anak balita. Usahakan agar menjaga kebersihan mata si Kecil menggunakan perban yang dicelupkan dalam air hangat, bola kapas atau lap kain bersih yang berfungsi untuk mengangkat kotoran di kedua matanya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!