5 Manfaat Pisang untuk Balita, Cocok untuk Dijadikan MPASI lho, Ma!

Pisang mengandung nutrisi yang penting bagi perkembangan dan pertumbuhan anak

25 Februari 2020

5 Manfaat Pisang Balita, Cocok Dijadikan MPASI, Ma
allindiaroundup.com

Setelah berusia 6 bulan, pencernaan anak sudah lebih kuat untuk mencerna makanan padat. Ia pun sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).

Pada waktu ini, Mama bisa mengeluarkan semua kreativitas Mama untuk menyajikan makanan bergizi untuk anak. Ada banyak sekali jenis makanan, seperti sayuran dan buah-buahan, yang dapat diolah menjadi MPASI.

Nah, salah satu buah yang sangat baik untuk dijadikan MPASI adalah pisang. Buah ini akan memberikan banyak manfaat karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, kalsium, vitamin B9, vitamin B6, dan lain-lain.

Teksturnya yang lembut pun ramah untuk pencernaan anak. Sesuai usia, Mama bisa memberikan pisang dalam bentuk bubur (untuk usia 6 bulan), potongan-potongan kecil (untuk usia 9 bulan), maupun dalam bentuk buah utuh (1 tahun ke atas).

Oleh karena itu, tidak perlu ragu memberikan pisang sebagai MPASI anak Mama. Berikut Popmama.comulas manfaat yang akan anak dapatkan:

1. Berat badan bertambah

1. Berat badan bertambah
nutrifid.org

Pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi lho, Ma. Menurut US Department of Agriculture, dalam 100 gram pisang terdapat 22,84 gram karbohidrat. Tidak heran jika pisang termasuk dalam makanan penambah berat badan.

Nah, jika Mama ingin menaikan berat badan anak, berikanlah pisang sebagai MPASI. Mama bisa memberikan setengah atau satu buah pisang setiap harinya. Jangan lupa pilih pisang yang manis agar anak menyukainya ya, Ma!

2. Sistem pencernaan menjadi lebih sehat

2. Sistem pencernaan menjadi lebih sehat
Kidspot

Konsumsi serat selalu direkomendasikan untuk membuat pencernaan sehat. Pasalnya, serat dapat menyerap air di pencernaan sehingga feses yang terbentuk lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

Nah, pisang juga mengandung serat lho, Ma. Dalam 100 gram pisang terdapat 2,6 gram serat.

Oleh karena itu, berikan pisang kepada anak supaya pencernaannya sehat dan lancar ya. Apalagi jika anak sedang mengalami sembelit, buah pisang sangat direkomendasikan.

Editors' Picks

3. Tulang menjadi lebih kuat

3. Tulang menjadi lebih kuat
happykids.hu

Tahukah Mama? Anak usia 1-3 tahun membutuhkan 650 miligram kalsium per hari agar pertumbuhan tulangnya maksimal. Nah, Mama bisa mencukupi kebutuhan tersebut dengan memberikan pisang.

Apalagi, pisang tidak hanya mengandung kalsium. Ia juga mengandung protein yang penting agar tubuh dapat menyerang kalsium yang dikonsumsi. Lengkap sekali kan, Ma?

4. Mata menjadi lebih sehat

4. Mata menjadi lebih sehat
todaysparent.com

Saat ini, orangtua harus lebih waspada dalam menjaga kesehatan mata anak. Tidak sedikit anak yang terpaksa menggunakan kacamata karena terlalu sering melihat layar gadget.

Nah, pisang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi pisang, mata anak pun akan menjadi lebih sehat.

5. Perkembangan otak lebih optimal

5. Perkembangan otak lebih optimal
parentingandbabies.com

Vitamin B9 atau yang biasa disebut sebagai asam folat dapat mendorong pembentukan DHA. Oleh karena itu, ia adalah vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan otak. Bahkan, vitamin ini sangat direkomendasikan bagi ibu hamil agar terhindar dari kelahiran cacat lho, Ma.

Nah, pisang adalah salah satu buah yang mengandung asam folat. Oleh karena itu, berikan pisang dalam bentuk MPASI agar perkembangan otak anak lebih optimal ya, Ma.

Itu dia lima manfaat yang akan anak dapatkan jika mengonsumsi pisang sebagai MPASI. Lengkap sekali kan, Ma?

Tapi perlu diingat, konsumsi pisang yang berlebihan berisiko menimbulkan konstipasi. Oleh karena itu, berikan pisang sesuai porsinya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.