5 Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Jantung pisang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan selama hamil nih, Ma!

21 Oktober 2021

5 Manfaat Jantung Pisang Ibu Hamil
veganmiam.com

Buah pisang sering sekali dikonsumsi oleh ibu hamil karena memberikan manfaat kesehatan untuk janin di dalam kandungan. Selain buahnya, jantung pisang yang berwarna merah keunguan juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Mungkin banyak yang mendengar beragam mitos yang beredar mengenai konsumsi jantung pisang dapat membuat bayi berukuran kecil hingga keguguran. Namun, perlu diketahui bahwa mitos tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya secara medis. 

Jantung pisang yang dikonsumsi selama masa kehamilan justru bisa memberikan banyak manfaat positif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada satu jantung pisang segar cukup beragam, seperti sumber energi, protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C hingga kalsium.

Saat ingin mengonsumsi jantung pisang, Mama dapat mengolahnya menjadi sebuah lodeh atau menu makanan lain sesuai selera.

Terkait jantung pisang untuk ibu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkum berbagai manfaat positifnya saat dikonsumsi. 

Cari tahu manfaat jantung pisang saat dikonsumsi ibu hamil yuk, Ma!

1. Meredakan kram perut yang menganggu aktivitas selama hamil

1. Meredakan kram perut menganggu aktivitas selama hamil
livemint.com

Menjalani masa-masa kehamilan tentu tidaklah mudah karena ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi seperti kram perut. Kondisi ini normal, namun ibu hamil akan merasa tidak nyaman dalam menjalani aktivitas keseharian apalagi bila terjadi secara tiba-tiba. 

Saat rahim yang berguna ruang pada janin di dalam perut terus bertambah besar, maka memicu tekanan pada otot, sendi hingga pembulu darah. Kondisi inilah yang membuat perut semakin lama akan merasa sakit atau kram. 

Jika Mama mulai merasakan kram perut disela-sela menjalani kehamilan ini, cobalah untuk mengatasinya dengan cara alami yaitu dengan mengonsumsi pisang atau jantung pisang. Perlu diketahui bahwa jantung pisang dapat mengandung sejumlah kalium dalam jumlah yang besar, sehingga membantu pelepasan pelepasan hormon progesteron dalam tubuh. 

Ketika proses progesteron dilepaskan, maka ini dapat mengurangi aliran darah yang cukup deras di sekitar rahim. 

Editors' Picks

2. Mampu memperlancar sistem pencernaan menjadi lebih optimal

2. Mampu memperlancar sistem pencernaan menjadi lebih optimal
Freepik/elnurfreepik

Konstipasi, sembelit atau susah buang air besar seringkali menjadi masalah selama masa kehamilan. Sembelit bisa terjadi karena pola makan yang buruk selama hamil. 

Ibu hamil tidak bisa menyepelekan saat mengalami sembeli dan susah BAB karena ini dapat menganggu aktivitas sehari-hari. 

Dilansir dari American Pregnancy, ada beberapa cara dalam mengatasi sembelit saat hamil seperti mengonsumsi makanan berserat, mencukupi asupan air setiap harinya, rutin berolahraga selama hamil hingga mengonsumsi makanan serta minuman yang mengandung probiotik. 

Selain itu, ibu hamil dapat mencegah sembelit dengan mengonsumsi jantung pisang untuk mengembalikan sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Manfaat ini bisa dirasakan karena jantung pisang memiliki kandungan serat serta mengandung sejumlah besar basa, sehingga dapat mengurangi gas dan tingkat keasaman yaang ditemukan di dalam sistem pencernaan. 

Saat jantung pisang dikonsumsi secara rutin sesuai dengan porsinya, maka ibu hamil mendapatkan manfaat positif dan membantu sistem pencernaan menjadi lebih optimal. 

3. Mencegah munculnya anemia akibat kekurangan zat besi 

3. Mencegah muncul anemia akibat kekurangan zat besi 
Pinterest.com

Anemia bisa terjadi sewaktu-waktu pada ibu hamil apalagi saat tubuh kekurangan zat besi. Ketika mengalami anemia, maka darah di dalam tubuh seolah tidak mengandung cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Ibu hamil yang kekurangan asupan zat besi dapat memperburuk kondisi kehamilan. Demi kesehatan tetap terjaga dan terhindari dari anemia, ibu hamil bisa mengonsumsi jantung pisang karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. 

Jantung pisang bisa memenuhi kebutuhan harian selama hamil, namun perlu diutamakan kebersihan sebelum dikonsumsi. 

4. Meningkatkan suasana hati menjadi tidak stres

4. Meningkatkan suasana hati menjadi tidak stres
Freepik/Yanalya

Saat hamil tak jarang banyak sekali yang mengalami mengalami stres dengan berbagai masalah, sehingga memicu suasana hati menjadi tidak kondusif. 

Bahkan beberapa orang menjadi lebih sensitif dan mudah sekali marah karena emosinya sedang tidak stabil. Jika dibiarkan dan terjadi secara berangsur-angsur, ini akan membuat kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan terganggu. 

Selain berusaha untuk rileks seperti mendengarkan musik agar suasana hati menjadi lebih baik, ada baiknya mengonsumsi jantung pisang selama masa kehamilan. Jantung pisang yang dikonsumsi oleh ibu hamil membantunya terhindar dari risiko stres hingga depresi. 

5. Mampu melawan radikal bebas saat dikonsumsi secara rutin

5. Mampu melawan radikal bebas saat dikonsumsi secara rutin
Pixabay/RondellMelling

Radikal bebas yang cukup tinggi akan terakumulasi di dalam tubuh tanpa disadari, sehingga dapat memicu stres oksidatif. Untuk membantu tubuh terhindari dari radikal bebas, ibu hamil dapat mengonsumsi jantung pisang karena terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 

Mengonsumsi jantung pisang pun juga dapat menurunkan risiko penuaan dini dan memerangi kanker dalam tubuh nih, Ma. Jika biasanya hanya pisang yang dikonsumsi, sekarang jantung pisang juga bisa menjadi alternatif makanan. 

Nah, itulah beberapa manfaat positif yang bisa dirasakan oleh ibu hamil usai mengonsumsinya. Sebelum mengonsumsi jantung pisang, usahakan untuk membersihkannya terlebih dahulu agar dapat memberikan manfaat positif untuk tubuh. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.