Interlac: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping pada Anak

Yuk, ketahui berbagai macam manfaat dari obat Interlac!

13 Oktober 2021

Interlac Manfaat, Dosis, Efek Samping Anak
Dok. Interlac

Mengalami gangguan pencernaan selalu menjadi masalah utama yang dialami oleh anak-anak. Kita sebagai orangtua tentu merasa bingung dan khawatir akibat anak yang sering mengalami masalah gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut tentu mengharuskan orangtua untuk memberikan obat kepada sang anak, apalagi jika saat itu kita berada di situasi yang tidak bisa ke rumah sakit.

Namun, jangan sampai memberi sembarang obat pencernaan pada anak ya, Ma!

Walaupun sama-sama termasuk obat pencernaan, tetapi kegunaan serta dosis obat diare yang ditujukan pada anak dan orang dewasa tentu berbeda.

Interlac, merupakan salah satu obat pencernaan yang bisa Mama berikan pada anak ketika mengalami gangguan pencernaan.

Interlac merupakan sebuah suplemen yang mengandung probiotik, yakni bakteri lactobacillus reuteri yang berguna untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan sekaligus memelihara kesehatan dalam sistem pencernaan.

Mama yang ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai obat yang mengatasi masalah pencernaan, berikut Popmama.com sudah merangkum informasi mengenai Interlac untuk Mama. Simak penjelasannya yuk, Ma!

1. Apa itu Interlac?

1. Apa itu Interlac
tokopedia.com

Interlac merupakan sebuah suplemen makanan yang dapat membantu masalah pencernaan pada si Kecil. Suplemen ini mengandung probiotik dari Lactobacillus reuteri yang sangat efektif untuk mengatasi masalah kesehatan pada saluran pencernaan dan mengurangi mikroba penyebab terjadinya peradangan.

Selain itu, suplemen ini dapat pula dikonsumsi oleh bayi, anak-anak dan orang dewasa.

Suplemen ini terdiri dari 3 jenis, yaitu Interlac drop, Interlac sachet dan juga Interlac tablet.

Untuk Interlac drop sendiri dapat dikonsumsi oleh bayi atau yang berusia di bawah 1 tahun. Interlac sachet dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia 1-3 tahun. Sedangkan untuk Interlac tablet dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia di atas 4 tahun sampai orang dewasa.

Selain sebagai suplemen makanan, Interlac juga dapat dikonsumsi untuk menjaga sistem imun pada tubuh.

Editors' Picks

2. Manfaat dari mengkonsumsi Interlac

2. Manfaat dari mengkonsumsi Interlac
lazada.co.id

Sebagai obat dan suplemen makanan untuk si Kecil, Interlac tentu memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi. Beberapa manfaat dari Interlac diantaranya:

  • Dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan pada bayi dan juga anak-anak
  • Dapat membantu untuk memperkuat dinding usus agar tidak mudah terinfeksi
  • Dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan
  • Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Dapat membantu melancarkan pencernaan
  • Dapat membantu mengobati perut kembung
  • Dapat mengurangi kolik pada bayi
  • Dapat membantu mempercepat penyembuhan diare
  • Dapat meningkatkan sistem imun pada bayi, khususnya bayi prematur
  • Dapat mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik pada bayi, anak-anak dan dewasa

Beberapa manfaat ini dapat Mama dapatkan apabila mengkonsumsi Interlac. Tentunya, dengan mengkonsumsi Interlac dapat membantu Mama dan si Kecil mengatasi masalah gangguan pencernaan yang sering terjadi.

3. Dosis serta aturan pakai dalam mengkonsumsi Interlac

3. Dosis serta aturan pakai dalam mengkonsumsi Interlac
Pexels/Pixabay

Setiap obat pasti memerlukan dosis yang tepat untuk dikonsumsi. Dosis untuk Interlac sendiri tiap jenisnya berbeda-beda. 

Untuk Interlac drop dapat dikonsumsi tanpa harus sesuai dengan resep dokter. Namun, tetap harus menyesuaikan ketentuan dari anjuran dosisnya.

Pada anak-anak dapat mengkonsumsi Interlac drop satu kali sehari dengan menuangkan 5 tetes Interlac drop, tapi jangan lupa untuk mengocoknya terlebih dahulu ya, Ma!

Sedangkan untuk Interlac tab sendiri dapat dikonsumsi dengan cara mengunyahnya, apabila langsung ditelan maka dikhawatirkan tidak akan mendapat khasiatnya.

Suplemen ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, namun akan lebih baik apabila mengkonsumsinya sesudah makan.

Selain itu, suplemen ini tidak dapat dijadikan sebagai pengganti makanan ya, Ma!

Dosis untuk dikonsumsi juga harus sesuai keterangan dan tidak boleh ditambahkan. Apabila hal ini terjadi ditakutkan akan membuat anak mengalami overdosis.

Interlac dapat disimpan di tempat penyimpanan yang sejuk. Hal ini agar bakteri baik yang terkandung di dalam Interlac tidak akan mudah rusak dan mati. Dengan menyimpannya secara benar maka manfaat dari suplemen ini sendiri akan memberikan hasil yang maksimal.

Selain itu hindari tempat yang dapat dijangkau dengan mudah oleh anak, karena ditakutkan dapat dikonsumsi anak tanpa adanya pengawasan dari orangtua.

4. Efek samping dari mengkonsumsi Interlac

4. Efek samping dari mengkonsumsi Interlac
Pexels/cottonbro

Setiap obat maupun suplemen kemungkinan memiliki efek samping tersendiri apabila dikonsumsi, baik dalam waktu jangka panjang atau pun pendek. Bagaimana dengan efek samping pada Interlac?

Untuk Interlac drop maupin interlac tab telah melalui uji klinis dan belum ditemui efek samping. Sebab itulah tidak dituliskan efek samping setelah mengonsumsi produk ini di dalam kemasannya, demikian penjelasan yang Popmama.com dapatkan dari Desvita Asterina Sari, Jr Brand Manager Interlac.

Mama tidak perlu khawatir, "Dokter anak pun juga menyarankan menjaga saluran cerna karena untuk membantu menjaga imun tubuh, demikian imbuhnya.

Seperti tertulis pada laman idai.or.id, dalam saluran cerna manusia terdapat 400 spesies mikroorganisme yang jumlahnya mencapai hamper 100 triliun. Bila dirunut dari atas, lambung, memiliki jumlah bakteri paling rendah karena tingkat keasamannya yang tinggi, kemudian diikuti usus halus dan usus besar.

Bakteri tertentu, seperti E coli, Clostridium, Proteus, dan Staphylococcus dalam saluran cerna dapat menimbulkan penyakit sehingga disebut sebagai bakteri pathogen. Adapun beberapa bakteri lainnya, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus justru memberi keuntungan bagi kesehatan manusia sehingga dikenal sebagai bakteri “baik”.

Lactobacillus inilah yang menjadi kandungan Interlac.

5. Harga dan di mana membeli Interlac

5. Harga mana membeli Interlac
freepik/aleksandarlittlewolf

Harga dari suplemen ini sebenarnya bermacam-macam, dan juga terbilang cukup mahal. 

Interlac drop sendiri umumnya dijual mulai dari harga sekitar Rp.257.000 sampai Rp.470.000, sedangkan Interlac tab dan Interlac sachet mulai dari sekitar harga Rp.300.000 sampai Rp. 400.000 per kotaknya.

Obat Interlac ini dapat Mama temukan di apotek terdekat. Selain itu dapat pula Mama temukan di aplikasi belanja online lainnya.

Nah, itu informasi mengenai obat dan suplemen makanan Interlac yang perlu Mama ketahui. 

Walaupun memiliki kisaran harga yang cukup mahal, namun suplemen ini memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi, terutama pada masalah kesehatan pencernaan.

Semoga informasi seputar Interlac ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.