Ketahui Penyebab Terjadinya Demam pada Anak

Tidak hanya karena penyakit, imunisasi juga dapat menyebabkan demam

16 November 2021

Ketahui Penyebab Terjadi Demam Anak
Freepik/peoplecreations

Demam merupakan sebuah penyakit yang seringkali terjadi pada anak-anak. Umumnya, demam terjadi pada saat suhu tubuh melewati batas normal, yakni melewati 37,2 derajat Celsius. 

Gangguan demam timbul biasanya akibat kurangnya daya tahan tubuh sang anak yang lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Walaupun demam juga disebut sebagai sebuah pertanda dari tubuh anak yang melawan terjadinya infeksi, tetapi demam juga disebabkan beberapa hal.

Selain dikarenakan oleh infeksi, demam juga dapat timbul karena dipicu oleh infeksi pada bakteri atau faktor dari suhu lingkungan.

Dengan munculnya demam, biasanya menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh pada anak sedang bekerja aktif untuk memerangi berbagai macam infeksi, seperti flu.

Tidak hanya itu, demam umumnya muncul karena adanya perintah dari otak untuk meningkatkan suhu tubuh. Pada saat ini terjadi, maka akan membuat sel-sel darah putih melawan virus serta bakteri yang muncul dan mengganggu tubuh.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum penyebab demam pada anak yang perlu Mama ketahui.

1. Mengalami infeksi virus dan bakteri

1. Mengalami infeksi virus bakteri
Freepik/pch.vector
Ilustrasi

Infeksi seringkali terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Sehingga menjadi penyebab demam pada anak. Hal ini diakibatkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada tubuh baik dari virus maupun bakteri. 

Adanya infeksi ini tentu menyebabkan terjadinya demam tinggi disertai berbagai penyakit lainnya, diantaranya flu, amandel, infeksi amandel, infeksi saluran kemih, cacar, infeksi ginjal, batuk rejan dan berbagai jenis lainnya.

Editors' Picks

2. Efek dari imunisasi

2. Efek dari imunisasi
Freepik

Imunisasi atau vaksinasi juga dapat menyebabkan terjadinya demam lho, Ma! Anak-anak tentunya memerlukan imunisasi untuk membantu tumbuh dan kembang serta sebagai daya tahan tubuh bagi sang anak. Namun, imunisasi juga dapat memberikan efek samping pada tubuh, yaitu demam.

Walaupun begitu, demam yang terjadi akibat dari terjadinya imunisasi ataupun vaksinasi masih tergolong pada demam yang normal sehingga Mama tidak perlu khawatir.

Untuk mengatasi hal ini, Mama dapat menanyakan kepada dokter yang bertugas dalam memberikan imunisasi tersebut mengenai bagaimana cara penanganan yang harus dilakukan ketika terjadinya demam setelah imunisasi.

3. Akibat pakaian dan suhu lingkungan

3. Akibat pakaian suhu lingkungan
Freepik/user18526052

Faktor lain yang dapat membuat tubuh anak jadi mengalami demam adalah karena adanya aktivitas yang dilakukan di luar ruangan serta berada di cuaca yang panas.

Apabila anak memiliki aktivitas yang berada di luar ruangan dengan cuaca yang sangat panas, ini dapat membuat anak menjadi mengalami demam, maka sangat disarankan pada anak untuk dapat menggunakan penutup kepala seperti topi ketika berada di luar ruangan.

Selain itu, demam juga dapat terjadi karena anak yang menggunakan baju terlalu tebal, sehingga membuat suhu tubuh menjadi meningkat. Hal ini biasanya sering terjadi kepada bayi. Maka dari itu, bayi dianjurkan untuk mengenakan pakaian tebal ketika berada di suhu yang cukup dingin saja.

4. Demam berdarah

4. Demam berdarah
Freepik/jcomp

Penyebab terjadinya demam selanjutnya disebabkan oleh adanya infeksi virus seperti DBD. Biasanya DBD akan muncul dengan demam yang tinggi selama 1-2 hari pertama. Kemudian, pada hari ke-3 sampai 5 mulai turun dan terkadang akan naik kembali pada saat hari ke-4 dan 5.

Pada saat itu, badan akan mulai terasa lemas dan membuat badan menjadi tidak semangat. Sehingga membuat anak akan lebih memilih untuk tidur.

Apabila keadaan seperti ini terjadi, maka Mama dianjurkan untuk dapat memeriksakan ke dokter, mulai dari pemeriksaan darah secara lengkap atau melakukan IgG IgM Dengue.

5. Adanya radang selaput otak atau infeksi otak

5. Ada radang selaput otak atau infeksi otak
Freepik

Tidak hanya hal yang ringan, demam juga dapat diakibatkan oleh infeksi virus yang berbahaya, salah satunya seperti meningitis dan juga ensefalitis.

Apabila si Kecil mengalami demam yang tidak wajar, maka Mama harus segera memeriksakannya ke dokter. Anak yang mengalami penyakit ini tentunya harus dicurigai.

Biasanya demam yang terjadi akan disertai dengan kejang-kejang yang terjadi berulang kali dengan waktu yang lama ataupun dapat disertai dengan kesadaran yang jadi menurun.

Nah, itulah penyebab demam pada anak yang perlu Mama ketahui. Jadi, penyakit bukan hanya penyebab dapat terjadinya demam ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.