Ketahui 5 Penyebab Mimisan pada Anak saat Tidur

Si Kecil sering mimisan saat tidur? Perhatikan hal berikut, Ma!

12 November 2021

Ketahui 5 Penyebab Mimisan Anak saat Tidur
alodokter.com

Mimisan sering juga disebut dengan epitaksi, ini merupakan pendarahan atau keluarnya darah dari dalam hidung. Mimisan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada anak-anak.

Mimisan terjadi karena adanya selaput pembuluh darah yang pecah dari dalam hidung, sehingga terjadinya keluar darah dari hidung. Biasanya mimisan sering terjadi karena faktor cuaca ataupun ada masalah kesehatan.

Namun, bagaimana jika mimisan terjadi ketika anak sedang tidur? Mimisan terjadi pada anak yang memiliki kekebalan tubuh yang rentan. Mimisan yang terjadi ketika sedang tertidur umumnya terjadi karena beberapa hal.

Berikut Popmama.com sudah merangkum penyebab mimisan pada anak saat tidur yang perlu Mama ketahui.

1. Sering mengorek hidung dan terlalu dalam

1. Sering mengorek hidung terlalu dalam
Freepik/cookie_studio

Anak-anak yang mempunyai kebiasaan mengorek hidung dapat menyebabkan terjadinya mimisan, apalagi bila kebiasaan ini terjadi ketika anak sedang tidur.

Ketika melakukannya terdapat bagian ujung dari kuku yang digunakan untuk mengorek mengenai bagian hidung sehingga menyebabkan terlukanya pembuh darah kecil yang berada di dalam hidung.

Pada bagian tengah hidung terdapat septum yang merupakan bagian yang sangat rentan terjadinya iritasi. Sehingga pendarahan yang terjadi secara tidak sengaja dapat terjadi ketika menyentuhnya.

Adanya kebiasaan mengorek hidung terlalu kuat ini menimbulkan luka yang akhirnya menyebabkan si Kecil menjadi mimisan. Maka sangat diperlukan perhatian Mama untuk meminimalisir kebiasaan anak yang selalu mengorek hidung.

Editors' Picks

2. Adanya udara yang cukup kering

2. Ada udara cukup kering
Freepik/wirestock

Adanya udara yang kering juga dapat menjadi penyebab terjadinya mimisan saat tidur pada anak. Hal ini terjadi karena saluran hidung yang terlalu kering sehingga menyebabkan terjadinya iritasi pada hidung dan terjadinya pendarahan yang membuat hidung mimisan.

Karena hal ini pula Mama perlu menyiapkan pelembab udara di ruangan untuk tetap menjaga udara agar tetap lembab. Selain itu, terlalu sering berada di ruangan yang ber-AC juga dapat membuat rongga hidup menjadi ikut kering.

Ini terjadi karena keringnya lendir yang berada di dalam hidup sehingga menyebabkan timbulnya kerak dan mengiritasi mukosa pada hidung. Darah pun akan keluar dari pembuluh darah di dalam hidung akibat digaruk.

3. Memiliki alergi

3. Memiliki alergi
Freepik/karlyukav

Alergi juga dapat terjadi karena iritasi pada hidung. Hal ini dapat memicu terjadinya pendarahan atau mimisan secara tiba-tiba, khususnya saat tidur. Apabila si Kecil mimisan saat alergi, maka hindari meniup hidup secara paksa. Hal ini akan memicu timbulnya mimisan yang lebih buruk.

Alergi ini biasanya dapat terjadi pada anak yang mengalami gejala hidung tersumbat dan juga iritasi, seperti mengalami pilek dan sinusitis. Selain itu, terkena debu juga dapat menjadi pemicu terjadinya alergi pada anak.

Terjadinya infeksi pada saluran pernapasan anak membuat produksi lendir menjadi meningkat dan memicu terjadinya bersin. Gejala umum seperti ini biasanya akan meningkat pada malam hari.

4. Mengalami infeksi dan pembekuan darah

4. Mengalami infeksi pembekuan darah
Freepik/kjpargeter

Anak yang mengalami infeksi sinusitis ataupun saluran pernapasan dapat menyebabkan terjadinya mimisan ketika tidur. Apabila hal ini terjadi, maka orangtua harus bersikap tenang dan melakukan langkah cepat dengan memberikan pertolongan pertama pada anak.

Selain itu, mimisan juga dapat terjadi pada si Kecil karena adanya gangguan dan pembekuan darah. Hal ini biasanya terjadi karena adanya efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat penyakit tertentu.

Anak yang memiliki gangguan pembekuan darah biasanya akan mengalami pendarahan secara mendadak, umumnya terjadi ketika anak sedang tidur atau ketika anak sedang beraktivitas di luar, baik di sekolah ataupun sedang bermain.

5. Adanya cedera pada hidung

5. Ada cedera hidung
prestasiglobal.id

Cedera pada hidung juga dapat menyebabkan anak mengalami mimisan ketika tidur. Hal ini dapat terjadi karena adanya kebiasaan mengigau pada anak. Terkadang anak pun ada yang memiliki kebiasaan berjalan di saat tidur.

Pada saat inilah tanpa sengaja wajah anak dapat terbentur dengan dinding ataupun tepian tempat tidur dan akhirnya menyebabkan terjadinya pendarahan dan mimisan. Hal ini tentu membuat anak jadi mengalami cedera pada hidungnya.

Tidak hanya itu, masuknya benda asing ke dalam hidung anak juga dapat membuat anak mengalami mimisan.

Nah, itulah beberapa penyebab mimisan yang terjadi pada anak ketika saat tertidur yang perlu Mama ketahui. Perhatikanlah keseharian si Kecil agar hal tersebut tidak terjadi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk