5 Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Paling Berkesan dan Tetap Murah

Intip beberapa ide dekorasi ulang tahun anak kali ini ya, Ma!

4 April 2019

5 Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Paling Berkesan Tetap Murah
Unsplash/Annie Spratt

Setiap perayaan ulang tahun, tentu dekorasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Untuk itu, semua orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak saat usianya bertambah. 

Perayaan ulang tahun anak bisa dibuat di berbagai tempat, bahkan bisa dirayakan secara sederhana di rumah. Mama hanya perlu menyulap setiap sisi ruangan di rumah dengan dekorasi yang lebih meriah. 

Jika Mama belum memiliki ide dekorasi untuk perayaan ulang tahun si Kecil, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa jenis dekorasi yang bisa digunakan. 

Penasaran seperti apa? Yuk, disimak dan semoga terinspirasi!

1. Dekorasi ulang tahun menggunakan balon

1. Dekorasi ulang tahun menggunakan balon
Unsplash/Adi Goldstein

Merayakan ulang tahun tanpa adanya dekorasi balon pasti tak terasa lengkap ya, Ma. Mengingat ini untuk memeriahkan ulang tahun si Kecil, balon warna-warni menjadi salah satu pilihan yang wajib menghiasi setiap sudut ruangan. 

Sebuah dekorasi yang memperbanyak balon akan tetap memberikan efek meriah dan seru bagi teman-teman si Kecil yang datang ke perayaan ulang tahunnya.  

Beragam jenis balon yang diperjualbelikan seharusnya semakin mempermudah Mama dalam mendekorasi perayaan ulang tahun si Kecil. Mulai dari balon dengan variasi huruf, balon berbentuk hewan dan berbagai balon warna-warni lainnya. Dari berbagai jenis balon yang sudah tersedia, tentu akan semakin membantu dalam mendekorasi perayaan ulang tahun untuk anak. 

Baca juga: Berkesan! 5 Konsep Ulang Tahun Anak-Anak Ini Bisa Menjadi Tren 2019

2. Dekorasi ulang tahun dengan hiasan bendera warna-warni

2. Dekorasi ulang tahun hiasan bendera warna-warni
Unsplash/Chris Lawton

Sesuatu yang warna-warni sebagai dekorasi perayaan ulang tahun anak bukan hanya balon, melainkan bisa menggunakan hiasan bendera. Apalagi bila ruangan sebagai tempat berlangsungnya acara cukup berukuran luas, hiasan bendera bisa digunakan lebih banyak agar semakin menghiasi setiap sudut. 

Untuk menghemat pengeluaran perayaan ulang tahun si Kecil, Mama tidak perlu membeli hiasan bendera warna-warni ini. Hiasan sebagai dekorasi seperti bendera warna-warni dapat dibuat sendiri dengan berbagai peralatan di rumah. 

Untuk membahagiakan si Kecil diperayaan ulang tahunnya, Mama bisa memotong membuat bendera warna-warni dari kertas warna. Potonglah menjadi bentuk segitiga, lalu tempelkan potongan kertas yang sudah dibuat menggunakan benang atau pita. 

Rangkailah bendera warna-warni hasil buatan tangan sendiri agar semakin enak dilihat oleh para tamu yang datang nanti ya, Ma. 

Baca juga: Rachel Vennya Tak Ingin Ada Tiup Lilin, Ini 5 Fakta Ulang Tahun Xabiru

Editors' Picks

3. Dekorasi ulang tahun dengan aneka permen

3. Dekorasi ulang tahun aneka permen
Unsplash/TiagoMendes

Permen menjadi salah satu yang selalu disukai anak-anak karena rasanya yang manis. Hampir tidak ada yang anak-anak yang menolak saat diberikan permen ya, Ma. 

Untuk Mama yang ingin mendekorasi perayaan ulang tahun anak menggunakan permen menjadi sebuah pilihan tepat. Bersama aneka jenis permen yang ada di acara ulang tahun si Kecil tentu akan membuat semua yang datang semakin bersemangat. 

Dekorasi ulang tahun anak menggunakan permen bisa disulap menjadi hiasan di atas meja. Selain itu, aneka permen juga bisa dijadikan penghias di sisi-sisi meja agar terlihat lebih menarik. 

Mama hanya tinggal membeli berbagai ukuran dan jenis permen, lalu melakukan rangkaian dekorasi. Untuk menghias setiap sisi dari meja, cobalah mempersiapkan beberapa peralatan seperti benang elastis, peniti atau jarum. Rangkailah semua permen yang ada menggunakan bahan-bahan tersebut.

4. Dekorasi ulang tahun dengan hiasan daur ulang

4. Dekorasi ulang tahun hiasan daur ulang
Pixabay/stux

Memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah juga bisa menjadi dekorasi untuk perayaan ulang tahun si Kecil lho, Ma. Memanfaat bahan sisa atau yang dianggap sudah tak berfungsi dapat mengajarkan anak mama untuk berkreasi. 

Barang-barang bekas yang dapat didaur ulang bisa digunakan sebagai elemen tambahan dalam mendekorasi ruangan. Saat sedang mendekorasi, Mama juga bisa mengajak si Kecil dalam proses pembuatannya. 

Sisa atau potongan kertas sebagai bahan dasar hiasan bisa dirangkai menjadi beberapa hiasan dinding yang cantik. Jika perlu, warnailah kertas agar terlihat senada menggunakan cat semprot. Setelah itu, susunlah agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan keinginan. 

Selain mudah dibuat, hiasan yang bisa dibuat dari bahan daur ulang dapat membantu pengeluaran menjadi lebih murah. 

5. Dekorasi ulang tahun dengan banner

5. Dekorasi ulang tahun banner
Pixabay/sever111

Ulang tahun anak-anak biasanya identik dengan suatu tema tersendiri, bisa dari karakter atau warna favoritnya. 

Untuk mempercepat dan mempermudah dekorasi ulang tahun anak, Mama bisa mencetak banner sesuai dengan tema yang sedang dibuat. Banner yang digunakan sebagai dekorasi ulang tahun dapat dibuat sendiri untuk semakin memeriahkan setiap sudut ruangan. Bahkan, tak jarang banner dapat menjadi spot utama dan menarik perhatian mata para tamu yang datanng. 

Nah, itulah beberapa dekorasi ulang tahun anak yang bisa diaplikasikan agar si Kecil semakin bahagia di hari spesialnya. Perlu diingat kalau dekorasi ulang tahun itu tidak perlu mahal, Mama bisa membuatnya dengan harga yang murah atau bahan-bahan bekas tak terpakai. 

Semoga bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk dekorasi ulang tahun anak-anak nanti ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!