Rayakan Ulang Tahun Anak Pertama dengan Tema Korea, Rini Yulianti Tak Memaksakan Soal Budget

Ulang tahun Xavier yang pertama menjadi momen perdana untuk Rini Yulianti

21 Januari 2020

Rayakan Ulang Tahun Anak Pertama Tema Korea, Rini Yulianti Tak Memaksakan Soal Budget
Popmama.com/Michael Andrew

Merayakan ulang tahun anak yang pertama tentu menjadi sebuah pengalaman perdana untuk setiap orangtua, sehingga saat membuat sebuah perayaan sebagai bentuk ucapan syukur perlu sekali dipersiapkan.

Detail kecil mulai dari tema, dekorasi hingga adat jika pada salah satu sesi tradisional perlu ada berbagai persiapan agar semakin matang. 

Di bulan November tepatnya di tanggal 3 November 2019 lalu, Xavier Young Min Ha atau yang dipanggil Xavier telah merayakan ulang tahun pertamanya melalui sebuah upacara tradisi Korea bernama Doljanchi. Rini Yulianti pun sebagai orangtua merayakan ulang tahun jagoan kecilnya secara perdana di salah satu restoran.  

Dear Xavier.
Terima kasih sudah melengkapi hatiku dan hari-hariku setahun ini dengan perjalanan yang tak pernah kulupakan.

Terima kasih atas perjalanan setahun ini, sangat sangat berarti dan membuatku sangat bersyukur atas apa yang Allah titipkan kepadaku.

Kamu membuatku menjadi perempuan yang bisa lebih sabar, lebih bisa mencintai sesama, lebih ikhlas menjalani hidup, lebih kuat menjalani ujian hidup, kamu menjadi kan ku Ibu yg begitu bahagia. Kamu yang selalu membuatku tersenyum, tertawa, menangis bahagia. 

Begitulah salah satu ungkapan perasaan yang pernah dituliskan oleh Rini pada sebuah video kenangan dalam unggahan Instagram pribadinya. Sebagai seorang Mama, Rini pun ingin Xavier yang telah menjadi bintang hatinya bisa terus sehat, baik soleh, selalu bahagia, menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Dari pengalamannya mengurus sekaligus mempersiapkan berbagai hal untuk menciptakan ulang tahun pertama Xavier, Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menarik dari Rini Yulianti melalui wawancara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month edisi Januari 2020

Penasaran seperti apa cerita Rini saat mempersiapkan ulang tahun anak pertama? 

Simak keseruan cerita dari Rini yuk, Ma!

1. Perayaan ulang tahun anak pertama sangat penting untuk orang Korea

1. Perayaan ulang tahun anak pertama sangat penting orang Korea
Popmama.com/Michael Andrew

Disaat-saat yang aku tunggu, ketemu kamu hai bintang hatiku. Kamu yang selalu dalam angan-anganku, kamu yang selalu dalam doaku, kamu yang selalu ku minta kepada Allah, kamu yang selalu ku impikan di dalam pelukanku.

Begitulah sebuah kalimat indah sebagai ucapan terima kasih yang pernah dituliskan oleh Rini di Instagram pribadinya. Bahkan sebelum membuat sebuah perayaan ulang tahun untuk Xavier, Rini menggunggah pertemuan pertama ketika menjalani proses panjang persalinan hingga dapat melihat sekaligus menggendong jagoan kecilnya. 

Kehadiran Xavier yang dianggap menjadi bintang hati untuk Rini ini seolah akan memberikan cahaya bahagia di keluarga kecil mereka. Perayaan ulang tahun Xavier pun telah memberikan pengalaman serta kebahagiaan baru untuk kedua orangtuanya, Rini dan Michael. 

"Ulang tahun pertama dari Xavier kemarin cukup heboh menurutku apalagi kemarin mengambil tema Korea. Papanya mau kalau perayaannya dibuat dengan tema Korea," ucap Rini. 

Xavier yang mewarisi darah Korea Selatan dari sang Papa pada usia satu tahun kemarin pun dirayakan oleh kedua orangtuanya. Apalagi ulang tahun pertama akan menjadi momen yang tak terlupakan untuk orangtua dan si Kecil. 

"Menurut kebudayaan Korea sebuah perayaan anak satu tahun itu penting banget. Ulang tahun Xavier yang kemarin perlu dirayakan, itu juga kalau ada rezeki. Kemarin pun saya dan suami lagi alhamdulillah ada rezeki, jadi sekalian merayakan bersama keluarga," kata Rini kepada Popmama.com saat diwawancarai secara eksklusif.  

Awalnya Rini dan sang Suami hanya ingin merayakan ulang tahun pertama Xavier dengan mengundang keluarga dan teman-teman terdekat. Menurut Rini, perayaan ulang tahun Xavier di umur satu tahun ini bisa membuat jagoan kecilnya berkumpul dengan orang-orang yang sayang kepadanya. 

Editors' Picks

2. Rini Yulianti mempersiapkan ulang tahun pertama Xavier kompak bersama suaminya

2. Rini Yulianti mempersiapkan ulang tahun pertama Xavier kompak bersama suaminya
Popmama.com/Michael Andrew

Perayaan ulang tahun anak yang pertama tentu menjadi momen paling dinantikan oleh orangtua, begitu juga yang dirasakan oleh Rini dan sang Suami. 

"Karena suamiku yang lebih paham dengan tradisi Korea saat anak sedang berulang tahun, jadi kalau ada apa-apa pun harus meminta persetujuan dari dia," ujar Rini. 

Dengan saling berkomunikasi satu sama lain demi memberikan kebahagiaan untuk Xavier, segala tema serta detail perayaan ulang tahunnya pun begitu diperhatikan.  

"Saya dan suami tipe yang saling mengomunikasikan hal apa saja, termasuk dalam mempersiapkan ulang tahun pertama untuk Xavier. Saya pun tidak mau terlalu mendominasi dan egois sendiri, lagipula suami saya orang Korea jadi mereka pastinya akan punya adat, kultur, tradisi tersendiri saat membuat sebuah perayaan ulang tahun," jelas Rini. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif, Rini mengaku merasa senang ketika perlahan-lahan mempersiapkan segala urusan ulang tahun pertama dari Xavier apalagi tema Korea tersebut cukup berbeda dan unik. 

Selain sering berdiskusi dengan suaminya serta mencari referensi di internet, Rini pun dibantu oleh jasa event organizer untuk memudahkannya dalam membuat sebuah ulang tahun anak bertema Korea. 

"Saat ingin merayakan ulang tahun untuk Xavier, kita benar-benar meluangkan waktu agar acara berlangsung sesuai dengan rencana," ucapnya. 

3. Rini Yulianti dan suami memperkenalkan prosesi Doljabi pada Xavier

3. Rini Yulianti suami memperkenalkan prosesi Doljabi Xavier
Popmama.com/Michael Andrew

Hanbok menjadi baju adat dari Korea yang sering digunakan saat acara formal seperti ulang tahun anak pertama, pernikahan hingga upacara kematian. 

Selain Rini sekeluarga mengenakan Hanbok saat perayaan ulang tahun Xavier, ada beberapa momen yang dilakukan oleh keluarga kecil mereka seperti prosesi tiup lilin, potong kue, menggelar Doljabi serta dihidangkan kue beras Korea alias Tteokbokki. 

"Kita sekeluarga membuat Hanbok ini langsung ke Korea yang diurus semua detailnya sama suamiku. Persiapan membuat Hanbok ini sendiri sampai dua bulan karena semuanya harus dikerjakan secara detail. Tadinya mau buat di Indonesia, namun suamiku saat mencarinya tidak ketemu sesuai yang dia harapkan. Jadilah suami yang memesan Hanbok hingga ke Korea untuk ulang tahun Xavier," jelas Rini. 

Sama seperti upacara Tedak Siten yang dilakukan oleh orang Jawa, Xavier pun mengikuti tradisi dari keluarga sang Papa yang berasal dari Korea yakni prosesi Doljabi. 

Jika Mama pernah melihat unggahan foto dari Rini di Instagram pasti akan melihat gaya gemas Xavier ketika melakukan tradisi asal Korea tersebut. Dari beberapa benda dihadapannya seperti sebuah buku, microphone, stetoskop, uang dan beberapa benda lain namun pilihan Xavier jatuh kepada sebuah palu sidang yang seringkali digunakan oleh seorang hakim. 

Menurut Rini setiap benda yang ditaruh pada prosesi Doljabi memiliki maknanya tersendiri.  

"Karena kita semua spontan teriak ngeliat apa yang dipilih Xavier saat tradisi Doljabi berlangsung, nggak lama dia nangis karena kaget. Apapun nanti yang jadi profesi pekerjaanmu, semoga sesuai dengan apa yang kamu suka," ucap Rini.

4. Rini Yulianti bagikan tips untuk orangtua lain saat merayakan ulang tahun anak

4. Rini Yulianti bagikan tips orangtua lain saat merayakan ulang tahun anak
Popmama.com/Michael Andrew

Bicara mengenai tips membuat sebuah perayaan ulang tahun anak pertama, Rini yang sudah memiliki pengalaman mengingat bahwa budget sangat penting karena dapat menentukan tema, perintilan dekorasi hingga berbagai hal lainnya. 

"Sebelum membuat ulang tahun anak yang mengesankan, cobalah untuk memikirkan budget terlebih dahulu karena kalau sudah ada budget berarti sudah bisa memikirkan perlengkapan lainnya. Apalagi menurutku pribadi, besar atau kecilnya ulang tahun itu yang paling penting kualitas termasuk momen berkumpul dengan keluarga," ucap Rini. 

Kalau untuk Rini, perayaan ulang tahun Xavier yang pertama kemarin menjadi sebuah kenangan masa kecil tersendiri untuknya. 

Selain membicara berbagai detail perayaan ulang tahun anak-anak termasuk budget, Rini pun menyarankan untuk tetap memastikan si Kecil tetap sehat. Bagi Rini sendiri, stamina anak ketika dibuatkan sebuah perayaan ulang tahun sangat penting dijaga apalagi ini semua sudah dipersiapkan begitu spesial.  

"Selain budget kalau membuat ulang tahun anak perlu juga memikirkan tempat yang nyaman, baik untuk anak-anak atau para tamu. Usahakan juga ada tempat mainnya, jadi anak-anak bisa main dan orangtuanya pun bisa menikmati suasana ulang tahun anak," tutupnya. 

Nah, itulah beberapa cerita menarik dari Rini Yulianti ketika merayakan ulang tahun pertama dari Xavier. Dari wawancara eksklusif yang telah dilakukan oleh Popmama.com bersama Rini, semoga pengalamannya dalam membuat perayaan ulang tahun anak bisa menjadi referensi serta inspirasi tersendiri. 

Semoga setelah ini, Mama sudah tak lagi bingung ketika ingin merencanakan untuk membuat ulang tahun pertama si Kecil. 

Kira-kira sudah ada rencana untuk membuat tema ulang tahun seperti apa nih, Ma? 

Baca juga: 

Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2020 - Rini Yulianti

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany & Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Alfons Yoshio
Videographer- Moch Reza Fahmi
Video Content Creator - FX Dimas Prasetyo
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup & Hair do - Dorothea Toemion
Rini’s  Wardrobe – Kara Brides
Xavier’s Wardrobe - Mothercare

#MillennialMama of the Month

Rini Yulianti
Millennial Mama

Rini Yulianti

"Menjadi istri dan Mama membuat saya memiliki kepribadian yang baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.