Eksklusif: Jadi Sebuah Doa, Rini Yulianti Sudah Punya Pilihan Nama Bayi Sebelum Hamil

Pemilihan nama "Xavier" sudah ada sebelum hamil, sehingga menjadi sebuah doa tersendiri untuk Rini Yulianti!

14 Januari 2020

Eksklusif Jadi Sebuah Doa, Rini Yulianti Sudah Pu Pilihan Nama Bayi Sebelum Hamil
Popmama.com/Michael Andrew

Mencari nama-nama bayi untuk diberikan kepada si Kecil tentu menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan.

Apalagi pemilihan nama yang unik beserta panggilannya ini sudah mulai dicari saat sebelum hamil sekaligus berandai-andai melihat wajah menggemaskan dari si Kecil saat terlahir nanti. Rini Yulianti pun melakukan hal serupa dengan mencari nama bayi dalam sebuah buku. 

Usai menikah dengan Michael Andrew Ha, Rini memang pun cukup lama menanti kehadiran seorang anak selama kurang lebih 3,5 tahun sejak pernikahan keduanya di tanggal 8 Juni 2014. 

Apalagi pasangan ini sempat menjalani LDM atau Long Distance Married selama 2 tahun. Hal ini disebabkan karena suaminya yang berkebangsaan Korea harus bekerja di Vietnam, sementara Rini harus tetap di Indonesia. 

Walau harus menjalani hubungan jarak jauh, Rini berusaha untuk melakukan program hamil dengan berbagai cara. Tak hanya berkonsultasi dengan dokter dan rutin minum obat hormon dari dokter saja, namun Rini juga mengonsumsi telur ayam kampung rebus, minum jus 3 Diva, mengonsumsi alpukat hingga menjalankan beragam olahraga akhirnya Rini berhasil memiliki satu anak laki-laki. 

Xavier Young Min Ha yang lahir pada 3 November 2018 lalu, kini sudah tumbuh sehat dan semakin aktif dari hari ke hari. 

Pemilihan nama Xavier melalui sebuah buku referensi diakui Rini kepada Popmama.com sudah cukup lama bahkan sebelum dirinya hamil. Nama yang sudah dipilihnya bersama suami seolah menjadi sebuah doa tersendiri agar ia cepat hamil. 

"Saat membeli buku referensi nama bayi bahkan sebelum hamil apalagi kebetulan sudah lama kosong juga. Ketika memiliki keinginan untuk memiliki anak tentu sangat besar sekali, jadi sudah mulai membayangkan rasanya mencintai dan mengasuh seorang anak," ucap Rini. 

Dalam perjalanan hidupnya, Rini berpegang teguh bahwa semua yang ada dipikiran dan diiringi dengan doa pasti perlahan-lahan akan dikabulkan oleh sang Pencipta seiring berjalannya waktu. 

Menurut Rini pemilihan nama anak tentu sangat penting untuk diperhatikan apalagi untuk anak pertama. Terkait pemilihan nama anak beserta artinya yang begitu diperhatikan oleh mama satu anak ini, Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menarik dari Rini Yulianti melalui wawancara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month edisi Januari 2020

Penasaran seperti apa cerita Rini? Yuk Ma, simak keseruan ceritanya!

1. Rini Yulianti jatuh cinta dan memilih nama Xavier berdasarkan maknanya

1. Rini Yulianti jatuh cinta memilih nama Xavier berdasarkan maknanya
Popmama.com/Michael Andrew

Saat kelahiran Xavier, Ririn Ekawati sebagai kakak dari Rini tentu bahagia atas karunia yang diberikan sang Pencipta kepada keluarga kecil adiknya itu. Bahkan melalui unggahan foto di Instagram, Ririn sempat menceritakan tentang proses persalinan caesar sang Adik. 

Tak hanya itu, nama Xavier Young Min Ha dijabarkan maknanya karena penuh dengan doa dan harapan. 

Xavier” berasal dari bahasa Arab berarti cerah dan bersinar, “Young” berarti kejayaan dan kehormatan, lalu yang terakhir “Min” berarti tangkas dan juga energik.

“Doa Mama Ririn semoga kehidupanmu seperti arti namamu,” tulis Ririn Ekawati melalui Instagram pribadinya.

Pemilihan nama yang indah tersebut tentu tak lepas dari peran Rini sebagai seorang Mama. Saat ditemui di kediamannya ketika melakukan photoshoot bersama Popmama.com, Rini menjelaskan bahwa pemilihan nama anak perlu diperhatikan apalagi dalam segi makna. 

"Kalau kata orang, omongan itu doa. Seperti juga pemilihan nama karena setiap orangtua ingin anaknya memiliki nama yang bermakna, sehingga perlu sekali diperhatikan dengan baik. Seperti namanya Xavier itu artinya bercahaya, saya pun ingin kalau anakku bercahaya untuk lingkungannya dan menjadi orang yang baik. Namanya juga keinginan, jadi semoga saja kelak bisa terwujud," jelas Rini. 

Pemilihan huruf depan berawal “X” tentu sangat jarang digunakan oleh orangtua lain ketika memberikan nama kepada anaknya. Berbeda dengan Rini, pemberian nama dengan awalan huruf “X” justru sudah dipilihnya sejak lama bahkan sebelum hamil. 

Tak hanya terkesan unik dari penulisan dan pelafalannya saja, namun nama Xavier yang dipilih oleh Rini dan sang Suami memiliki arti yang indah. 

2. Rini Yulianti sempat membeli buku referensi nama bayi untuk memilih sebuah nama anak pertama

2. Rini Yulianti sempat membeli buku referensi nama bayi memilih sebuah nama anak pertama
Popmama.com/Michael Andrew

Bagi Rini Yulianti pemilihan nama untuk seorang anak sangatlah penting. Bahkan sebelum hamil, dirinya sudah memiliki beberapa pilihan tersendiri yang dicarinya melalui sebuah buku referensi nama bayi. Buku yang berisikan beberapa nama-nama bayi pun dibeli atas keinginan dari Rini. 

"Sebelum hamil, saya bersama suami sudah mencari-cari nama untuk anak kita berdua. Jadi sudah sempat membeli buku referensi berisikan nama-nama bayi. Ketika sebelum hamil, aku sudah membaca bukunya untuk menemukan nama yang cocok jika nanti memiliki anak,” kata Rini. 

Namun, nama Xavier sendiri sudah menjadi incaran Rini dan ingin diberikan kepada si Kecil jika anak pertamanya berjenis kelamin laki-laki. 

“Xavier menjadi nama yang saya dan suami suka karena terkesan unik dan memiliki makna tersendiri. Waktu itu sempat mengira kalau nama Xavier seperti bukan islami karena terkesan dari Romawi. Setelah dibaca dan dicari maknanya ternyata memiliki arti yang bagus. Saat diartikan menggunakan bahasa Arab, akhirnya saya dan suami baru menyadari bahwa nama Xavier ada unsur Islam,” jelas Rini saat menjelaskan proses menemukan nama Xavier untuk anaknya kelak. 

Meskipun sempat ada beberapa pilihan nama hingga dituliskan dalam sebuah notes, namun Rini dan sang Suami tetap sepakat memilih nama Xavier saat putra pertamanya sudah lahir. 

"Menurut saya dan suami, pemilihan nama itu mencerminkan orangnya," ucap Rini. 

Editors' Picks

3. Rangkaian nama Xavier dengan tambahan "Young Min" sempat kurang disetujui mertua 

3. Rangkaian nama Xavier tambahan "Young Min" sempat kurang disetujui mertua 
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai seorang cucu yang akan segera menjadi salah satu anggota baru di keluarga terkadang pemilihan nama pun diberikan oleh orangtua atau bahkan mertua. 

Keinginan dalam memberikan referensi nama seolah menjadi sebuah bentuk cinta untuk cucunya. Apalagi rangkaian nama tersebut akan digunakan hingga usia si Kecil beranjak dewasa, termasuk saat memiliki arti makna yang indah. 

Ketika Rini dan sang Suami sudah bahagia saat menemukan nama Xavier dengan arti nama yang bagus, namun pasangan ini pun masih memiliki tugas baru karena perlu menyambungkan nama tersebut dengan rangkaian nama lainnya. 

Saat diwawancarai Popmama.com secara eksklusif, Rini sempat bercerita kalau orangtua sang Suami sempat kurang setuju jika nama Xavier diberikan rangkaian lain dengan nama Young Min. 

Hal ini dikarenakan mereka ingin semua cucunya memiliki nama yang setipe yakni ada unsur "Jin" seperti Young Jin sebagai nama keluarga. Meskipun begitu suami dari Rini tak ingin mengubah "Min" menjadi "Jin". 

Pada akhirnya permasalahan perbedaan pendapat saat menambahkan rangkaian nama untuk Xavier pun teratasi dengan musyawarah. Sang Mertua akhirnya membebaskan Rini dan Andrew ketika membuat sebuah rangkaian nama untuk Xavier, sehingga kini nama lengkapnya menjadi Xavier Young Min Ha. 

4. Rini Yulianti bagikan tips memilih nama bayi yang unik

4. Rini Yulianti bagikan tips memilih nama bayi unik
Popmama.com/Michael Andrew

Sesuai dengan arti namanya sendiri, Xavier Young Min Ha di usianya yang sudah satu satu telah menjadi sosok energik. Arti Xavier yang dalam bahasa Arab berarti bersinar pun terlihat dari bola matanya saat melihat orang dan memerhatikan sesuatu di sekitarnya. 

"Memang benar kalau arti nama berpengaruh sekali dan seolah menjadi doa untuk anak," ujar Rini. 

Sebagai seseorang yang sudah berpengalaman, Rini memiliki tips tersendiri untuk para ibu hamil ketika sedang memilih sebuah nama untuk si Kecil. 

"Saat mencari nama bayi, ada baiknya untuk cari dan memperbanyak segala informasi termasuk mencari-cari arti nama tersebut. Usahakan juga untuk melihat kondisi anaknya seperti apa sebelum diberikan nama. Kalau namanya terlalu berat artinya nanti kasihan juga," ucap Rini. 

Selain itu, Rini pun mengingatkan bahwa komunikasi dengan pasangan, orangtua dan mertua saat menentukan nama anak pun perlu dilakukan. 

Nah, itulah beberapa cerita menarik dari Rini Yulianti ketika sedang menentukan nama anak untuk putra pertamanya. Dari wawancara eksklusif yang telah dilakukan oleh Popmama.com bersama Rini, semoga ceritanya dapat memberikan inspirasi tersendiri. 

Jika Mama sedang mencari atau kebinggungan mendapatkan inspirasi nama bayi laki-laki dan perempuan, Baby Name Finder sebuah tools dari Popmama mungkin bisa mencari ide nama untuk si Kecil. 

Baca juga: 

Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2020 - Rini Yulianti

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany & Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Alfons Yoshio
Videographer- Moch Reza Fahmi
Video Content Creator - FX Dimas Prasetyo
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup & Hair do - Dorothea Toemion
Rini’s  Wardrobe – Kara Brides
Xavier’s Wardrobe - Mothercare

#MillennialMama of the Month

Rini Yulianti
Millennial Mama

Rini Yulianti

"Menjadi istri dan Mama membuat saya memiliki kepribadian yang baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!