YouTube Kids Hadir dengan Aplikasi Ramah Anak dan Keluarga

Fitur pendukungnya juga semakin memudahkan nih, Ma

29 November 2018

YouTube Kids Hadir Aplikasi Ramah Anak Keluarga
Popmama.com/FxDimasPrasetyo

Ma, ada kabar gembira nih! Sebuah kabar untuk para orangtua yang sudah membiasakan anak-anaknya bermain gadget.

Bulan September lalu, YouTube secara resmi meluncurkan YouTube Kids di Indonesia. Awalnya YouTube Kids sudah mulai merambah pasar Asia dan kini Mama dapat menikmatinya bersama si Kecil. 

YouTube Kids bisa dikatakan sebagai aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan segala kebutuhan si Kecil, sehingga didesain khusus agar dapat menjadi aplikasi yang ramah keluarga. 

Semenjak kehadirannya di 38 negara, YouTube Kids sudah ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia. Aplikasi ramah anak ini juga berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di dunia. 

“Prioritas utama dari YouTube adalah untuk memberikan akses bagi orangtua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur dan juga ramah keluarga. YouTube Kids memberikan orangtua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka lihat dan pelajari,” ucap Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia di Kawasan Kuningan (28/11). 

Untuk Mama ingin tahu lebih banyak mengenai aplikasi ramah anak ini tidak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkumnya. 

1. Orangtua semakin dimudahkan dengan beragam gitur YouTube Kids

1. Orangtua semakin dimudahkan beragam gitur YouTube Kids
Popmama.com/FxDimasPrasetyo

Mama tidak perlu khawatir dan cemas bila si Kecil menonton video-video yang belum layak untuk dilihat.

Beragam fitur yang ada di dalam YouTube Kids dapat membantu menjadi pelindung, sehingga membuat segala tontonan di dalamnya semakin ramah anak-anak. 

Untuk semakin memberikan pengalaman menonton si Kecil yang lebih terkontrol pastikan sudah mulai mengetahui fitur-fitur ini ya, Ma. 

  • Timer 

Fitur yang satu ini dapat mengatur waktu anak-anak saat menonton video favoritnya. Mama dapat mengatur pemakaian YouTube Kids maksimal selama 60 menit. Saat si Kecil telah menonton lebih dari waktu yang sudah ditentukan secara otomatis aplikasi akan berhenti bekerja. 

Fitur timer membantu agar si Kecil tidak berlama-lama di depan layar gadget. 

  • Passcode untuk anak 

Di YouTube Kids sudah disediakan fitur passcode personal untuk si Kecil. Fitur yang satu ini membantu Mama dalam memberikan kode keamanan pada pengaturan, sehingga tidak ada yang bisa mengubah pengaturan yang telah di setting sebelumnya. 

  • Looked search 

Konten yang ada di dalam YouTube Kids memang telah di filter sedemikian rupa agar layar ditonton di Kecil, namun orangtua juga diberikan fitur pendukung yaitu looked search. Fitur ini bisa digunakan Mama untuk memasukkan kata kunci apa saja ingin dikunci, sehingga membuat kata tersebut tidak dapat diakses oleh si Kecil.      

  • Profil anak

Jika Mama memiliki anak banyak, fitur ini bisa digunakan untuk masing-masing anak hingga delapan profil di dalam satu aplikasi YouTube Kids. Ini tentu dapat mempermudah orangtua karena setiap anak tentu memiliki kategori tontonan yang berbeda-beda. 

Dalam satu aplikasi setiap anak dapat menggunakannya secara bergantian. Setiap profil anak masing-masing dapat diatur sesuai preferensi tontonan, rekomendasi video hingga setelan kata sandi pribadi untuk setiap anak. 

YouTube Kids membiarkan anak-anak membuat kode sandi pribadi untuk masuk ke profil mereka walaupun orangtua selalu dapat mengganti passcode mereka untuk masuk ke aplikasi.

Editors' Picks

2. Manfaat lain dibalik aplikasi ramah anak

2. Manfaat lain dibalik aplikasi ramah anak
Popmama.com/FxDimasPrasetyo

Aplikasi yang ramah anak seperti YouTube Kids tentu bermanfaat sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Memberikan wawasan baru yang belum pernah diketahui si Kecil sudah bisa dipastikan.

Banyaknya konten yang menarik seperti belajar mewarnai, menulis bahkan berhitung dapat dijadikan media pembelajaran tersendiri untuk si Kecil. 

Tak hanya itu, Mama bersama anak-anak di rumah akan mendapatkan beragam manfaat lainnya seperti: 

  • Bentuk hiburan yang bermanfaat

YouTube Kids diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak, khususnya di umur 2-10 tahun. Aplikasi ramah anak ini telah menyediakan akses bagi anak-anak dan keluarga ke lebih dari 1 miliar konten edukasi setiap harinya. 

Untuk menjawab segala keingintahuan anak-anak terhadap informasi yang sedang kekinian sekarang, YouTube Kids membantu dalam memberikan eksplorasi dan imajinasi si Kecil agar lebih berkembang.    

  • Menciptakan kedekatan antara orangtua dengan anak 

Aplikasi yang ramah anak tanpa disadari dapat mendekatkan keluarga di rumah dengan segala fitur hiburan di dalamnya. 

Saat menonton bersama, kedekatan Mama dan si Kecil akan tercipta serta mendapatkan pelajaran dari sebuah tontonan yang aman bagi anak-anak. Aplikasi YouTube Kids seolah membuat keluarga lebih dekat melalui cara yang mudah dan menyenangkan. 

  • Orangtua dan anak saling belajar

Berjalannya waktu ada banyak hal-hal baru yang mungkin tidak diketahui orangtua karena sibuk bekerja. Melalui aplikasi seperti YouTube Kids, Mama dan si Kecil sama-sama belajar untuk mengeksplor segala pengetahuan baru. 

Terlebih Mama perlu menjawab segala pertanyaan si Kecil. Melalui aplikasi ramah anak seperti YouTube Kids, si Kecil bisa lebih mengeksplor rasa ingin tahunya sendiri melalui sebuah tontonan video. 

Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai wadah agar si Kecil mampu memperluas wawasan serta memuaskan rasa keingintahuan mereka. 

Walau aplikasi YouTube Kids terbilang ramah untuk anak, ada baiknya untuk selalu mengawasi setiap aktivitas si Kecil. 

Semoga aplikasi ramah anak seperti ini bisa berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil ya, Ma!

Baca juga: 4 Aplikasi Sadap WhatsApp Bisa Jadi "Barbuk" Saat Pasangan Selingkuh

Baca juga: Cara Membuat Sticker WhatsApp Pakai Foto Anak