Terapkan 5 Permainan Ini Yuk, Agar Si Kecil Mendengarkan Perintah Mama

Buatlah perintah menjadi menyenangkan untuk si Kecil Ma, dengan menerapkan 5 permainan ini

9 Februari 2019

Terapkan 5 Permainan Ini Yuk, Agar Si Kecil Mendengarkan Perintah Mama
militaryonesource.mil

Anak yang usianya 1 sampai 2 tahun, memang cenderung lebih aktif dan tidak bisa mendengarkan perintah Mama.

Di tahap ini, si Kecil hanya melakukan apa yang ingin ia lakukan bukan diperintahkan. "Seorang balita belum tentu mau melakukan apa yang Anda inginkan karena ia sedang melatih rasa kemandiriannya," jelas psikolog Ragil Briggs, Psy.D., asisten profesor di jurusan pediatri, Fakultas Kedokteran Albert Einstein, di New York City.

Selain itu, si Kecil akan merasa semua barang yang yang ia inginkan adalah miliknya. Sehingga seringkali anak diusia itu bertengkar karena memperebutkan mainan atau suatu benda. Ia tidak akan mengerti, apa yang Mama katakan, bahkan Dr. Briggs mengatakan "Faktanya, si Kecil akan semakin tertarik untuk melakukan kebalikan dari yang Anda perintahkan."

Di lansir dari Parents, berikut 5 permainan yang bisa dilakukan bersama si Kecil agar ia menuruti printah Mama.

1. Bermain boneka untuk memerintah

1. Bermain boneka memerintah
pxhere.com

Boneka memiliki ketertarikan tersendiri bagi si Kecil. Mama dapat menggunakan boneka apa saja dan buatlah suara yang berbeda dari biasanya. Lalu, buatlah boneka seolah-olah berbicara pada si Kecil. Perintahkan ia untuk bertepuk tangan, berputar-putar dan merapikan mainannya.

Saat Mama menggenalkan boneka padanya si Kecil akan berpikir bahwa boneka itu adalah temannya. Dan ia akan lebih mendengarkan perintah teman barunya dibandingkan perintah Mama.

Mungkin Mama merasa melakukkan hal yang tidak masuk akal karena berbicara melalui boneka. Tetapi, itu semua akan bermanfaat Ma bagi si Kecil. Agar ia belajar mendengarkan orang lain dan tumbuh menjadi anak yang baik.

2. Bermain harta karun

2. Bermain harta karun
pxhere.com

Dalam masa tumbuh kembangnya, si Kecil memiliki rasa penasaran dan keinginanan yang luar biasa. Mama dapat melakukan permainan harta karun agar si Kecil mendengarkan perintah Mama.

Mama bisa menjadikan camilan dan mainan si Kecil sebagai “harta” yang disembunyikan di tempat sederhana seperti di bawah meja atau di atas kursi. Setelah itu, berikan petunjuk dan instruksi yang jelas kepada si Kecil hingga ia dapat menemukan harta karunnya.

Dengan permainan ini, si Kecil akan banyak belajar untuk mengikuti arahan dan melatih daya ingat selama melakukan permainan. Selain itu, permainan harta karun juga dapat meningkatkan fokus si Kecil terhadap perintah yang diberikan lho, Ma.

Editors' Picks

3. Bermain ekspresi

3. Bermain ekspresi
pxhere.com

Tanpa disadari Mama sering menunjukan berbagai ekspresi yang di isyaratkan untuk si Kecil. Ketika Mama menyuruhnya untuk diam, si Kecil akan lebih menuruti perintah Mama ketika diberikan isyarat yang ditandai dengan ekspresi, dibandingakan dengan mengatakannya secara langsung.

Ekspresi dapat menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi. Mama bisa mengajarkan permainan ini sejak dini. Buatlah ekspresi yang mudah dimengerti si Kecil dan mintalah ia untuk mengikutanya.

Sehingga ia akan belajar untuk fokus pada suatu isyarat yang diberikan, dan meningkatkan konsentrasinya untuk memahami ekspresi. Sampai suatu saat ia bisa melakukan hal yang sama dengan temannya.  

Selain itu, dengan melakukan permainan ekspresi ini, Mama dapat memerintah dengan risiko penolakan yang lebih kecil dan tanpa keributan.

4. Bernyanyi lagu bersama

4. Bernyanyi lagu bersama
maxpixel.net

Apa Mama tahu lagu yang biasa dinyanyikan si Kecil sambil memperagakannya?

Yup, lagu “Topi Saya Bundar!” Kegiatan bernyanyi sambil menirukan gaya pada lirik lagu yang dinyanyikan menjadi hal menyenangkan bagi si Kecil lho, Ma.

Selain “Topi Saya Bundar”, Mama juga bisa mengajarkan si Kecil untuk menyanyikan lagu “Cicak Di Dinding” atau lagu “Bangun Tidur”.

Namun, jika si Kecil masih terlalu dini, nyanyikan lagu dengan kecepatan yang lambat, gerakan yang mudah, dan terus diulang. Sehingga si Kecil tidak akan kesulitan untuk mengikutinya.

Saat si Kecil menyukai lagu-lagu itu, cobalah untuk memperagakannya sambil bernyanyi bersama. Dengan begitu, si Kecil akan melakukan apa yang ia nyanyikan bersama Mama.

5. Bermain dengan senter

5. Bermain senter
flickr.com/Harsha K R

Sesekali Mama bisa mengajak si Kecil melakukan permainan yang menantang baginya, seperti permainan senter ini.

Lakukan permainan ini pada malam hari, dan matikan semua lampu di kamar. Pangku dan peluk si Kecil dengan erat dan peganglah masing-masing senter.

Kemudian coba arahkan cahaya senter Mama kearah benda di sekitar kamar. Tantang si Kecil unuk mengikutinya, dan berikan ia perintah “Ayo kita temukan mainan di kotak itu!”

Dengan melakukan permainan ini, si Kecil akan selalu mendengarkan Mama karena tidak ada hal lain yang bisa ia lakukan di kegelapan. Selain itu, permainan senter juga bisa melatih keberanian dan membuat si Kecil belajar mengatasi takut dan kegelapan.

Nah, itulah 5 permainan yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil agar ia semakin menuruti perintah yang Mama berikan.

Namun, Mama perlu mengingat bahwa sifat dan karakter setiap anak berbeda. Dan jangan membandingkan kemampuan si Kecil dengan anak lainnya.

Berikan juga pujian atau penghargaan ketika si Kecil berhasil melaksanakan perintah Mama dengan baik. Hal itu dapat meninggalkan kesan positif untuknya lho, Ma.

Baca juga: Nggak Perlu Mahal, Asah Motorik Halus Anak dengan Permainan ini!

Baca juga: 5 Manfaat Permainan Sensori Bagi Kecerdasan Otak Anak

Baca juga: 5 Permainan Seru yang Efektif Menstimulasi Bayi Belajar Bicara

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!