7 Bahan Pakaian yang Aman dan Nyaman untuk Anak Balita

Pilih bahan pakaian yang tidak membuat kulit anak gatal dan panas

14 Oktober 2020

7 Bahan Pakaian Aman Nyaman Anak Balita
Freepik/User18617236

Apakah Mama sering bingung saat memilih pakaian untuk anak? Selain dari model, warna dan ukurannya, bahan pakaian juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Bukan hanya merasa tak nyaman, namun kulit si Kecil juga bisa iritasi jika salah memilih bahan pakaian.

Apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, Mama lebih sering membeli pakaian anak secara online. Ada baiknya Mama memahami jenis-jenis bahan yang nyaman untuk dipakai anak.

Baju untuk si Kecil haruslah aman dan nyaman, karena kulit anak yang masih cenderung sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit. Pastikan anak memakai pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan adem saat digunakan.

Lalu jenis bahan kain apa saja yang nyaman untuk anak?

Berikut ini Popmama.com akan membahas 7 bahan pakaian yang aman dan nyaman untuk anak. Yuk simak informasinya, Ma!

1. Katun

1. Katun
Globaltrademag.com

Katun adalah jenis kain yang tentunya sudah tak asing lagi di telinga Mama, bahan yang satu ini sering ditemukan pada pakaian seperti kaus. Katun juga umumnya menjadi pilihan Mama saat ingin membeli pakaian untuk anak.

Namun Mama juga perlu memperhatikan jenis-jenis katun yang nyaman untuk anak, karena katun memiliki beragam jenis. Salah satu katun yang bisa Mama pilih yaitu bahan katun combed.

Katun combed memiliki serat yang halus sehingga mudah menyerap keringat dan nyaman saat digunakan oleh anak sehari-hari.

2. Batis

2. Batis
Fabrics-hemmers.com

Selain katun combed, kain batis juga merupakan jenis katun yang sangat lembut dan tidak transparan. Kain ini juga lebih tahan lama jika dibandingkan dengan katun lainnya, selain itu juga nyaman saat digunakan karena bahannya yang lembut.

Kainnya  yang ringan membuat kain batis menjadi bahan pakaian yang tepat untuk anak. Kain batis juga bisa digunakan untuk membuat baju tidur atau baju pesta untuk si Kecil.

Editors' Picks

3. Minky

3. Minky
Fursuitsupplies.com

Mungkin Mama sebelumnya jarang mendengar kain minky, namun sebenarnya jenis bahan ini sudah ada lama dan seringkali digunakan sebagai bahan baju anak dan bayi. Jadi jangan heran jika bahan kain ini memang jarang ditemukan pada pakaian orang dewasa.

Kain ini terbuat dari bahan microfiber yang halus dan juga lembut. Selain itu, jenis kain ini juga banyak tersedia dengan warna pastel yang cocok digunakan sebagai bahan baju si Kecil.

Karena memiliki tekstur yang lembut, selain menjadi baju bayi, kain minky ini juga banyak digunakan sebagai bahan selimut bayi, penutup kursi bayi, sprei, dan juga sarung bantal bayi.

4. Baby terry

4. Baby terry
Kaospabrik.com

Kalau bahan baby terry pasti Mama sudah sering dengar. Kain baby terry ini memang dikenal sebagai pembuat handuk atau jaket. Namun kini juga digunakan sebagai bahan baju anak dan bayi, bahan baby terry ini juga sering digunakan untuk pakaian orang dewasa seperti kaus dan sweater.

Karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan sebagian besar terbuat dari bahan kapas, maka kulit si Kecil akan lebih nyaman dan aman saat menggunakan baju dengan bahan baby terry ini.

5. Viscose

5. Viscose
Bioplasticsnews.com

Jenis katun lainnya yang nyaman digunakan anak adalah katun viscose. Jenis kain ini dikenal dengan sebutan CVC yang terbuat dari 55 persen katun combed dan 45 persen katun viscose.

Jenis kain ini juga sangat nyaman digunakan sebagai baju anak karena bahannya yang mudah menyerap keringat anak saat beraktifitas sehari-hari. Keunggulan lainnya adalah tingkat susut katun viscose ini jauh lebih kecil saat dicuci berkali-kali, dibandingkan kaus yang berbahan katun murni.

Sehingga, katun viscose ini bisa jadi pertimbangan Mama selanjutnya saat membeli pakaian untuk anak-anak.

6. Rayon bambu

6. Rayon bambu
Galafabrics.com

Jika si Kecil memiliki kulit yang sensitif atau mudah alergi, maka cobalah untuk memberikan anak pakaian dengan bahan kain rayon bambu. Kain rayon bambu ini dibuat dengan menggunakan serat rayon, yang sangat lembut dan tahan lama karena berasal dari selulosa tanaman bambu.

Karena dibuat dari bahan organik, kain ini sangat cocok untuk anak yang menderita alergi dan kulit sensitif. Rayon bambu juga cenderung mampu menyesuaikan dengan suhu tubuh anak saat digunakan.

7. Broadcloth

7. Broadcloth
Voguefabricsstore.com

Bahan broadcloth ini sangat ringan dan halus, biasanya terbuat dari campuran katun atau kapas. Mama juga bisa kreasikan kain ini sebagai bahan untuk membuat pakaian pesta anak perempuan. Selain itu, bahan broadcloth ini juga sering digunakan oleh merek-merek yang menjual baju atasan anak.

Memilih bahan pakaian yang tepat untuk anak memang bukan pekerjaan yang mudah. Karena kenyamanan anak merupakan hal yang utama. Mama juga perlu mempertimbangkan bahan kain terlebih dahulu sebelum modelnya, agar si Kecil tetap nyaman dan aman saat menggunakannya.

Setelah mengenal 7 bahan baju yang aman untuk anak ini, Mama jadi tidak perlu bingung lagi saat membeli baju untuk anak! Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.