TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Permainan Seru yang Bisa Dimainkan Bersama Anak 3 Tahun

Bermain dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan cara yang menyenangkan

31 Januari 2022

7 Permainan Seru Bisa Dimainkan Bersama Anak 3 Tahun
Freepik/Gpointstudio

Tidak ada yang lebih disukai anak kecil selain bermain. Ketika Mama turun dan bermain dengan si Kecil, itu dapat membantunya tumbuh dan berkembang, dan itu dapat memperkuat ikatan yang terbentuk di antara keduanya. 

Namun dari sekian banyak permainan di luar sama, Mama mungkin bingung permainan apa yang menyenangkan dan cocok untuk anak berusia 3 tahun. 

Namun Mama tak perlu bingung-bingung lagi, kali ini Popmama.com telah mengumpulkan tujuh permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama anak usia 3 tahun, dan banyak di antaranya adalah permainan yang dimainkan Mama saat masih kecil!

Yuk simak Ma!

1. Permainan panas dingin

1. Permainan panas dingin
Freepik/gpointstudio

Permainan selalu berakhir lebih baik jika seorang anak akan belajar sesuatu darinya, dan "panas & dingin" adalah permainan petak umpet yang menyenangkan.

Permainan panas dingin ini dimulai dengan Mama yang mengambil suatu barang milik si Kecil, dan menyembunyikannya di area rumah. Kemudian minta balita untuk mulai berburu mendapatkan barangnya tersebut.

Mama dapat memberikan anak petunjuk dengan cara, jika anak berada dekat dengan tubuhnya maka itu akan "panas". Sebaliknya, jika anak berada jauh, katakanlah "dingin". Permainan yang menyenangkan ini mengajarkan anak-anak cara bekerja keras.

Untuk melatih balita dalam berkomunikasi, Mama juga bisa memberikannya giliran untuk menyembunyikan barang dan memintanya untuk memberikan petunjuk pada Mama di mana barangnya berada, dengan menyebutkan panas atau dingin.

2. Permainan Simon Says

2. Permainan Simon Says
Freepik/karlyukav

Simon Says atau Simon Berkata telah menjadi permainan yang populer selama beberapa waktu, dan ini sangat bagus karena dapat membuat tubuh bergerak. Ini juga akan membantu mengajari balita cara mendengarkan dan mengikuti arahan.

Cara bermainnya pun sederhana, Mama akan memberikan perintah yang harus diikuti anak, tetapi ia hanya melakukannya jika Mama mengatakan "Simon berkata...".

Jika Simon mengatakan untuk mengangkat tangan, anak harus melakukannya, tetapi jika Mama tidak mengatakan "Simon berkata", maka anak tidak akan melakukannya. 

Editors' Picks

3. Permainan parasut

3. Permainan parasut
Freepik/oksix

Ini akan menyenangkan ketika anak dapat melihat "parasut" di rumahnya. Aktivitas ini dapat dilakukan di rumah, dan bahkan jika Mama tidak memiliki parasut yang sebenarnya.

Mama bisa menggunakan sprei berukuran besar, yang akan dicuci. Meski menggunakan sprei yang akan diganti, pastikan sprei tidak benar-benar kotor, seperti ada tumpahan air ya Ma. Selain itu, Mama mungkin membutuhkan lebih dari dua orang yang cukup tinggi.

Tetapi jika hanya Mama dan si Kecil di rumah, Mama bisa gunakan sprei yang lebih kecil. Bersenang-senang membolak-balik sprei hingga membentuk seperti balon parasut. Mama bahkan dapat meletakkan balon di atasnya dan mencoba dan menyeimbangkan balon di "parasut" dari sprei.

4. Permainan perburuan

4. Permainan perburuan
Freepik/Senivpetro

Di usia balita, setiap anak sedang mengembangkan keterampilan eksplorasi sekitarnya. Selain permainan "panas dingin", Mama juga bisa mengajak anak melakukan permainan perburuan.

Bagian terbaik dari permainan ini adalah, Mama tidak selalu perlu membeli bahan dan menyiapkan barang-barang yang sulit demi petualangan besar ini.

Jika hari ini cerah, Mama dapat mengajak balita pergi ke luar dan mengumpulkan barang-barang dari alam. Buatlah daftar barang-barang apa yang mudah ditemukan. Misalnya daun, batang, biji pinus, batu, bunga kering, dll.

Bersama-sama dengan balita, temukan barang-barang yang ada di daftar. Minta si Kecil untuk memberikan tanda centang pada barang yang telah ditemukan.

5. Permainan membangun benteng

5. Permainan membangun benteng
lifestyle.howstuffworks.com

Dilansir No Time For Flashcards, membangun benteng adalah cara yang bagus untuk bermain dengan anak yang berusia 3 tahun. Anak akan bersenang-senang membawa furnitur dan membangun bentang ini di kamar ataupun di ruang tamu.

Pilihannya tidak terbatas, dan itu benar-benar akan membuat si Kecil menggunakan kemampuan imajinasi dan kreativitasnya. Susunlah dua kursi yang saling membelakangi satu sama lain, berikan jarak sekitar satu meter, lalu tutupi bagian atas dengan sprei atau selimut besar.

Isi bagian dalam dengan bantal-bantal, boneka, selimut, mainan, atau buku kesukaan anak. Jika sudah, Mama dapat merencanakan piknik makan siang di benteng, membaca dongeng, atau permainan pesta teh bersama para boneka.

6. Permainan kotak kardus

6. Permainan kotak kardus
Freepik

Jika Mama memiliki kotak kardus besar tergeletak di sekitar atau disimpan di gudang, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkannya.

Dilansir dari We Have Kids, ada kemungkinan permainan tidak terbatas menggunakan kotak kardus. Tergantung dari seberapa ukurannya, kardus dapat diubah menjadi apa pun yang anak inginkan.

Misalnya anak bisa membuat rumah-rumahan dari kardus, kapal roket atau bahkan mobil balap. Mama bisa mengambil beberapa spidol dan bersenang-senang mendekorasi kotak dan membuatnya sendiri. Pastikan tidak ada benda tajam seperti staples di dalam dan pinggiran kardus ya Ma!

7. Melakukan kerajinan

7. Melakukan kerajinan
Freepik/User18526052

Kerajinan selalu menyenangkan, terutama untuk anak berusia tiga tahun yang suka berkreasi dan sedikit berantakan.

Salah satu ide kerajinan terbaik untuk balita adalah mengambil daun kering, merekatkannya ke kertas, lalu mengecat atau mewarnainya dengan spidol.

Si Kecil bisa bersenang-senang menciptakan apa pun yang ia inginkan, dan Mama akan segera mengingat betapa ia suka melakukan kerajinan tangan. Selain itu, ada banyak kemungkinan dalam hal kerajinan tangan yang bisa anak coba.

Nah itulah tujuh permainan seru yang bisa dimainkan bersama anak 3 tahun. Selain menyangkan, permainan di atas juga bisa membantu tumbuh kembang anak lebih optimal, terlebih lagi jika Mama mengambil peran dengan bermain bersamanya. 

Segera ajak si Kecil main ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk