Resep Oatmeal dengan Madu dan Almond untuk Sarapan Sehat Balita

Rasanya yang manis dan teksturnya yang menarik perhatian anak

23 Juli 2021

Resep Oatmeal Madu Almond Sarapan Sehat Balita
Freepik/user788993

Oatmeal seringkali dijadikan menu sarapan sehat keluarga. Tak hanya untuk Mama dan Papa saja, namun oatmeal juga dapat diberikan untuk anak.

Jika Mama sedang mencari resep oatmeal sebagai sarapan sehat untuk si Kecil, bagaimana dengan bubur oatmeal dengan madu dan almond?

Oatmeal juga seringkali dikombinasikan dengan bahan-bahan sehat lainnya, namun pilihan bubur oatmeal madu dengan almond ini tinggi serat, yang membuatnya mudah dicerna oleh balita.

Almond dan madu membuat resep oatmeal ini semakin sehat dan cara membuatnya yang mudah, dan dapat Mama siapkan dalam waktu singkat! Penasaran dengan manfaat serta resepnya?

Berikut ini Popmama.com telah menyiapkan apa saja manfaat bubur oatmeal dengan madu dan almond.

Simak juga resep dan cara membuat bubur oatmeal dengan madu dan almond selengkapnya di bawah ini. Jangan lupa siapkan catatannya ya, Ma!

Manfaat Bubur Oatmeal dengan Madu dan Almond bagi Kesehatan Tubuh Balita

Manfaat Bubur Oatmeal Madu Almond bagi Kesehatan Tubuh Balita
Freepik/User22100804

Sebelum mengetahui bahan-bahan dan cara membuatnya, Mama perlu tahu jika bubur oatmeal dengan madu dan almond ini mudah dibuat dan sangat bergizi.

Cari tahu bagaimana bubur ini dapat memberikan dampak kesehatan bagi anak secara keseluruhan, berikut penjelasannya:

  • Oat mengandung banyak serat di dalamnya, yang membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk balita, terutama ketika si Kecil sedang mengalami sembelit.
  • Makanan pemula yang ideal, oat mengandung zat besi, zinc, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal balita.
  • Makanan ajaib ini juga dilengkapi dengan protein dosis tinggi, yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak yang mencegahnya dari infeksi dan penyakit.
  • Salah satu makanan yang paling mudah dicerna, oatmeal dapat sangat membantu pencernaan balita dan membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan pencernaan.
  • Makanan ini juga baik untuk kesehatan kulit anak karena dapat mencegah masalah kulit tertentu seperti eksim, ruam, gatal dan peradangan.

Banyak ya manfaatnya Ma, sekarang cek apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat oatmeal dengan madu dan almond di bawah ini.

Editors' Picks

1. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur oatmeal dengan madu dan almond

1. Bahan-bahan digunakan membuat bubur oatmeal madu almond
Freepik/User22100804

Bubur oatmeal dengan madu ini dapat disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang bagi balita berusia 13 bulan ke atas. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan di rumah atau di minimarket terdekat.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 3-4 sdm Oatmeal organik atau oatmeal biasa
  • 2 sdt bubuk almond yang telah disangrai
  • Madu sesuai selera
  • ¾ sampai 1 gelas air

Setelah mengetahui bahan-bahan yang perlu Mama siapkan, berikut di bawah ini cara pembuatannya yang mudah dan cepat.

2. Cara membuat bubur oatmeal dengan madu dan almond buatan sendiri

2. Cara membuat bubur oatmeal madu almond buatan sendiri
Freepik/Ludmilanaumova1985

Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk membuat resep bubur oatmeal dengan madu dan almond buatan sendiri yang lezat dan bergizi:

  1. Haluskan oatmeal namun jaga teksturnya agar tetap kasar.
  2. Campurkan bubuk almond. Namun jika tidak tersedia dalam bubuk, Mama bisa mengaduk kacang almond yang sudah direbus menjadi pasta dan mencampurkannya ke dalam bubur.
  3. Kemudian, tambahkan oatmeal yang telah dihaluskan dan bubuk almond ke dalam wajan.
  4. Tambahkan air dan aduk rata untuk menghilangkan gumpalan.
  5. Nyalakan api dengan api sedang, dan masak campuran oatmeal dan bubuk almond hingga merata. Aduk campuran terus menerus agar menghindari oatmeal jadi gosong.
  6. Periksa konsistensi, tambahkan lebih banyak air jika diperlukan dan masak hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.
  7. Matikan kompor dan biarkan bubur oatmeal menjadi dingin hingga mencapai suhu ruangan.
  8. Ambil jumlah yang dibutuhkan ke dalam mangkuk dan tambahkan madu untuk membuat bubur jadi lebih manis.
  9. Sajikan bubur oatmeal yang sehat ini sebagai menu sarapan atau makan siang anak.

Mama juga bisa menyimpan sisa bubur di lemari es selama satu atau dua hari. Jangan menyimpan bubur sisa jika bayi belum menghabiskannya. Hanya simpan sisa bubur yang belum dimakan.

3. Tips yang dapat diikuti untuk membuat resep oatmeal dengan madu dan almond lebih nikmat

3. Tips dapat diikuti membuat resep oatmeal madu almond lebih nikmat
Freepik/Atlascompany

Berikut beberapa tips yang bisa Mama ikuti untuk membuat bubur oatmeal dengan madu dan kacang almond menjadi lebih nikmat:

  • Tambahkan bubuk kapulaga ke dalam bubur gandum untuk memberikan rasa dan aroma yang berbeda.
  • Untuk usia anak yang lebih besar, kacang almond atau kacang lainnya seperti kacang mete bisa ditambahkan. Mama juga bisa sedikit memanggang kacang terlebih dahulu, potong kecil-kecil, dan campurkan pada bubur untuk menambah tekstur.
  • Untuk anak berusia di bawah 13 bulan atau yang lebih kecil, penggunaan madu atau jenis pemanis apa pun bisa dilewatkan.
  • Susu sapi dapat digunakan sebagai pengganti air untuk anak di atas satu tahun.
  • Jika Mama tidak memiliki bubuk almond, Mama bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya dengan memanggang almond kering dan setelah didinginkan, haluskan di tabung blender. Jangan menghaluskan almond terlalu lama, karena bisa kehilangan minyak alaminya yang memiliki banyak manfaat.
  • Mama boleh tidak perlu menghaluskan oatmeal pada anak di atas usia satu tahun.

Nah, itulah resep dan cara membuat oatmeal dengan madu dan almond sebagai menu sarapan balita yang sehat dan tetap nikmat.

Di sini, Mama bisa memperkenalkan anak tentang rasa manis dari madu serta tekstur oatmeal dan kacang almond, sehingga anak dapat tertarik mencoba menu ini di kemudian hari.

Selamat mencoba resepnya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.