7 Cara Efektif Meningkatkan Jangkauan Perhatian pada Anak

Poin No.3 pasti akan membuat Si Kecil tanpa sadar meningkatkan jangkauan perhatian secara otomatis

17 Februari 2019

7 Cara Efektif Meningkatkan Jangkauan Perhatian Anak
parintecuminte.ro

Sebagai orangtua, Mama pastilah mengharapkan segala yang terbaik untuk proses tumbuh kembang anak mama tercinta.

Tahukah Mama? Salah satu wujud dari proses yang positif adalah apabila si Kecil menunjukkan peningkatan attention span atau jangkauan perhatian.

Maka dari itu, Mama sangat ditekankan untuk tidak lupa melakukan upaya dalam meningkatkan jangkauan perhatian anak mama sejak usianya masih sangat dini.

Sebagai rekomendasi, lakukanlah 7 cara efektif untuk meningkatka jangkauan perhatian jangka panjang pada anak di bawah ini.

1. Ketahuilah cara anak mempelajari sesuatu

1. Ketahuilah cara anak mempelajari sesuatu

Mama dianjurkan untuk tidak hanya fokus pada upaya untuk meningkatkan jangkauan perhatian anak mama tetapi juga cara si Kecil mempelajari sesuatu.

Pasalnya, setiap anak memiliki kemampuan berbeda yang memengaruhi cara penanganan.

Coba perhatikan bagaimana si Kecil mempelajari sesuatu guna membangun kemampuannya satu per satu sebagaimana bimbingan dan instruksi Mama.

Mulai dari waktu menjalani proses, gerak-geriknya dan semacamnya.

2. Fokus pada kesenangannya

2. Fokus kesenangannya
sciencenordic.com

Mama telah mempelajari bagaimana cara anak mama membangun kemampuannya melalui proses mempelajari sesuatu.

Itu artinya, Mama sudah dapat masuk ke tahap untuk melakukan perencanaan dalam mengupayakan attention span anak mama.

Namun, pastikan, setiap upaya maupun cara yang hendak Mama bangun dalam keseharian si Kecil menjalani proses tumbuh kembangnya haruslah fokus pada kesenangannya.

Sebagai contoh, pilihlah topik yang disukainya saat Mama mengajak si Kecil membaca, menyanyi dan aktivitas seru lainnya.

3. Tingkatkan melalui permainan

3. Tingkatkan melalui permainan

Berbicara mengenai kesenangan, Mama pastilah sangat setuju kalau permainan selalu menjadi hal yang paling disukai anak mama tercinta.

Menariknya, permainan kesukaan si Kecil nyatanya bisa turut membantu Mama meningkatkan jangkauan perhatiananak mama.

Kenapa begitu?

Memberi waktu pada si Kecil untuk bermain dapat membuatnya menyalurkan setiap kemampuan seperti problem-solving, motorik dan hal lain semacamnya.

Tanpa disiruh, si Kecil pasti akan melatihnya secara otomatis dan tanpa disadarinya.

Editors' Picks

4. Tetapkan rutinitas yang konsisten

4. Tetapkan rutinitas konsisten
blog.bookemon.com

Anak mama yang masih berusia dini tentulah masih dalam proses tumbuh kembang yang masih memiliki berbagai batasan sehingga anak mama sangat mungkin untuk mengalami kebingungan dan distraction yang mengalihkan perhatiannya.

Dalam rangka mengantisipasinya, Mama ditekankan untuk menetapkan rutinitas keseharian anak mama tercinta secara konsisten atau tanpa perubahan yang signifikan dan terus menerus supaya si Kecil bisa belajar untuk fokus dalam keterbatasan yang haruslah dikikis.

5. Jauhkan dari hal-hal yang mengalihkan perhatian

5. Jauhkan dari hal-hal mengalihkan perhatian
mommyish.com

Sebagaimana kita menyebut mengenai kecenderungan si Kecil yang dapat teralihkan oleh hal-hal yang mengganggu pada poin sebelumnya, Mama tentu harus menyadari bahwa hal tersebut wajib diperhatikan dalam melaksanakan upaya meningkatkan jangkauan perhatian.

Caranya, Mama sebaiknya menjauhkan hal-hal yang memiliki kemungkinan tinggi untuk mengalihkan perhatiannya ketika si Kecil tengah melakukan rutinitas yang telah ditetapkan Mama secara konsisten supaya si Kecil bisa fokus sampai selesai.

6. Aktivitas yang bikin si Kecil aktif

6. Aktivitas bikin si Kecil aktif
famlii.com

Berbicara mengenai rutinitas yang bersifat konsisten sebagaimana anak mama tercinta sangat membutuhkannya, Mama sebaiknya tidak lupa untuk melengkapinya dengna aktivitas seru yang bisa bikin si Kecil aktif.

Selain permainan yang diseganinya, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan aktivitas lainnya seperti jalan-jalan bersama, olahraga yang layak untuk si Kecil dan lainnya.

Membuat anak mama bergerak akan membuatnya kinerja otaknya meningkat dan begitu juga attention span-nya.

7. Ingatkan si Kecil senantiasa

7. Ingatkan si Kecil senantiasa
ahaparenting.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anak mama yang masih berusia sangat dini ini berada pada tahap proses tumbuh kembang yang terbatas. Ada berbagai macam hal yang bisa membuatnya tidak fokus dan teralihkan.

Untuk menyempurnakan upaya Mama menjauhkan si Kecil dari hal-hal tersebut, Mama sebaiknya turut membangun hubungan dengan anak mama di mana dalam proses tersebut, ingatkan si Kecil senantiasa untuk fokus dan menyelesaikan aktivitasnya.

Sekarang, Mama telah melihat, bukan? Jangkauan perhatian pada anak mama nyatanya bisa ditingkatkan dengan 7 cara efektif di atas.

Selamat mencoba, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.