Lewat Membaca Bisa Tenangkan Mama dan Anak di Masa Pandemi

Bisa jadi bonding time bersama anak di rumah, Ma

23 Juli 2021

Lewat Membaca Bisa Tenangkan Mama Anak Masa Pandemi
Freepik

Masih mewabahnya pandemi Covid-19 membuat seluruh masyarakat masih dianjurkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada demi pencegahan yang semakin meluas.

Pandemi juga banyak membuat tekanan tersendiri bagi banyak orang, terlebih jika mendapat banyak informasi negatif seputar Covid-19 yang membuat banyak orang menjadi semakin khawatir.

Tidak terkecuali para Mama yang memiliki anak usia balita, ini biasanya membuat perasaan orangtua akan terefleksi kepada anak-anaknya, Ma. Itulah mengapa penting melakukan kegiatan positif yang dapat mengalihkan perhatian Mama agar tidak terkoneksi pada si Kecil.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh Mama dan anak selama di rumah saja adalah dengan membacakan buku cerita atau dongeng. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama.

1. Memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak

1. Memiliki banyak manfaat tumbuh kembang anak
Freepik

Seperti yang diungkapkan Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo yang ditemui dalam acara virtual Mama’s Choice pada Kamis (22/7), “Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat, selain mengembangkan minat baca pada anak, membacakan buku cerita juga merupakan aktivitas yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak.”

Selain itu, Vera juga menambahkan jika membaca dilakukan bersama anak secara konsisten dalam kegiatan sehari-hari, maka akan memunculkan hormon oksitosin atau salah satu hormon anti stres yang dapat membuat anak merasa dekat dengan Mama, begitupun sebaliknya.

Editors' Picks

2. Masih kurangnya minat baca di indonesia

2. Masih kurang minat baca indonesia
Freepik

Meski membaca bisa diajarkan pada anak sejak dini, namun sampai saat ini diketahui bahwa minat membaca buku di Indonesia sangatlah rendah.

Dikatakan oleh Staf ahli Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro pada rapat koordinasi nasional, bahwa tingkat literasi Indonesia berada di posisi 62 dari 70 negara berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Itulah mengapa perlu adanya kontribusi antara pemerintah bersama masyarakat untuk memberikan kepedulian terhadap literasi di Indonesia. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dan menciptakan generasi bangsa yang lebih berwawasan.

3. Kolaborasi buku cerita anak dengan influencer Mama

3. Kolaborasi buku cerita anak influencer Mama
Dok. Mama's Choice

Sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan literasi membaca anak di tengah pandemi, Mama’s Choice yang selama ini fokus untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik yang aman bagi ibu hamil dan menyusui berkolaborasi bersama influencer Mama yakni Irish Bella dan juga penulis Watiek Ideo.

“Kami meluncurkan seri buku cerita anak “Dunia Bunbun” serta bundling produk perawatan anak yang aman, halal dan natural sebagai alat bagi ibu dan anak untuk melakukan bonding time agar bisa menciptakan rasa tenang di masa pandemi,” kata Rahne Putri, Head of Branding Mama’s Choice dalam acara yang sama.

Rahne menambahkan, kedua buku tersebut menceritakan bagaimana pentingnya kejujuran, sikap saling menghargai, kebersamaan, melindungi orang lain dan self care, yang sesuai dengan visi dan misi Mama’s Choice.

4. Menciptakan bonding time bersama anak

4. Menciptakan bonding time bersama anak
Instagram.com/_irishbella_

Sebagai influencer Mama yang berkolaborasi dalam membuat buku cerita anak, Irish Bella mengaku bahwa membacakan buku cerita kepada anak menjadi kegiatan wajib baginya untuk menciptakan bonding time bersama sang buah hati, Air Rumi Akbar.

“Membacakan cerita untuk Air menjadi salah satu kegiatan yang wajib aku lakukan di rumah, karena dengan membaca aku bisa menciptakan bonding time yang bisa memberikan ketenangan sendiri buat aku dan Air,” ujar Irish Bella dalam acara yang sama.

5. Dapat mengalihkan perhatian Mama dan anak

5. Dapat mengalihkan perhatian Mama anak
Freepik/Prostooleh

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa membaca dapat menjadi kegiatan positif bagi orangtua dan anak untuk mengalihkan perhatian mereka dari paparan informasi negatif selama pandemi.

Ketika Mama dengan konsisten membacakan cerita kepada si Kecil di rumah, maka bukan hanya memberikan manfaat sebagai pengalihan saja, tetapi juga menjadi satu cara untuk meningkatkan minat baca si Kecil sejak dini.

Itu tadi informasi seputar membaca buku cerita bersama anak di rumah selama pandemi. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada anak di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.