5 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bisa Tingkatkan Bonding dengan Anak

Bonding antara anak dan orangtua akan semakin erat hingga besar nanti

27 Mei 2022

5 Rutinitas Sebelum Tidur Bisa Tingkatkan Bonding Anak
Pexels/Werner Pfenning

Anak-anak saat ini cenderung mulai menjauh dari orangtuanya ketika usia mereka semakin besar. Salah satu faktor yang mendasari hal tersebut di antara lain adalah kurangnya bonding yang terbentuk sejak kecil.

Ketika bonding yang kuat sudah terbentuk sedari kecil, maka anak pun akan lebih terbuka dan dekat dengan Mama meski usianya kian bertambah. Itulah mengapa bonding antara anak dan orangtua sangat dibutuhkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengeratkan hubungan Mama dan si Kecil adalah melakukan sejumlah rutinitas sebelum tidur. Rutinitas bersama sebelum pergi tidur akan membantu memberikan hubungan emosional yang lebih baik.

Lantas, rutintas seperti apa yang bisa dilakukan? Berikut Popmama.com telah merangkumkannya untuk Mama. Simak baik-baik dan coba praktikan yuk, Ma!

1. Menyikat gigi bersama-sama

1. Menyikat gigi bersama-sama
Freepik/prostooleh

Tak hanya dapat meningkatkan hubungan antara Mama dengan si Kecil, menyikat gigi bersama juga dapat menjadi satu cara yang efektif untuk mengajarkan kebersihan gigi dan mulut sejak kecil. Dengan melakukannya bersama-sama, ini akan membuatnya jauh lebih semangat dalam melakukannya. Jadi double manfaat nih, Ma!

Editors' Picks

2. Ciptakan suasana hangat di dalam kamar

2. Ciptakan suasana hangat dalam kamar
Pexels/PNW Production

Kualitas tidur seseorang juga bisa dirasakan ketika suasana kamar mendukung. Menciptakan suasana hangat sebelum tidur akan membuat si Kecil mendapatkan tidur yang lebih baik untuk mengistirahatkan tubuhnya.

Nggak cuma itu saja, orangtua yang mendampingi anak tidur pun akan merasakan kehangatan serupa sehingga memberikan kesan nyaman antara anak dan orangtua. Kenyamanan inilah yang dapat meningkatkan hubungan erat antara Mama dan si Kecil.

3. Memberikan sentuhan fisik satu sama lain

3. Memberikan sentuhan fisik satu sama lain
Freepik

Tak sebatas komunikasi yang baik, sentuhan fisik yang lembut juga dapat menjadi kunci eratnya bonding antara anak dan orangtua. Untuk itu, Mama bisa memberikan sentuhan fisik satu sama lain sebelum pergi tidur. Misalnya saja adalah memberikan pelukan atau kecupan hangat pada anak. Dengan begitu, anak dan orangtua menjadi lebih terkoneksi melalui cara yang hangat dan nyaman.

4. Bertukar cerita sebelum tidur

4. Bertukar cerita sebelum tidur
Freepik/Pch.vector

Seperti poin sebelumnya, komunikasi menjadi hal penting dalam mengeratkan hubungan antar satu dengan yang lain. Baik antara suami dan istri, juga anak dan orangtua.

Untuk itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk terus mengajak anak berkomunikasi agar kelak anak tidak menjauh dari orangtuanya. Cara yang bisa dilakukan sebelum tidur adalah dengan menanyakan cerita harian anak, atau saling bertukar cerita mengenai hal-hal ringan yang terjadi antara satu sama lain.

5. Membacakan dongeng sebelum tidur

5. Membacakan dongeng sebelum tidur
Pexels/Alex Green

Rutinitas membacakan dongen sebelum tidur memang bukan cara baru yang mampu meningkatkan hubungan Mama dengan si Kecil. Selain meningkatkan bonding, membacakan dongeng pada anak juga bisa melatih perkembangan anak lho! 

Jadi, nggak hanya sebagai pengantar tidur agar terlelap, tetapi juga mampu meningkatkan bonding dan membantu tumbuh kembang buah hati tercinta.

Dari rutinitas sebelum tidur di atas, Mama bisa mencobanya sebagai cara terbaik dalam mengeratkan hubunga antara orangtua dan anak. Yuk, langsung praktikan malam ini dengan si Kecil di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk