7 Alat Musik untuk Anak 1 Tahun, Kenalkan Demi Mendukung Kecerdasannya

Eksplorlasi perkembangan kemampuan musik anak sejak dini yuk, Ma

28 Juli 2021

7 Alat Musik Anak 1 Tahun, Kenalkan Demi Mendukung Kecerdasannya
Pexels/karolina-grabowska

Alat musik selalu menjadi hal populer, baik di kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

Hanya saja, sebagian orang dewasa lebih memilih untuk menikmati musik dibandingkan memainkan alat musik itu sendiri. Padahal dengan bermain musik, kita bisa mendapatkan banyak manfaat, begitu pula bagi anak yang masih berusia 1 tahun.

Pada usia tersebut, anak sudah dapat mengontrol pergerakan tangannya dengan baik. Oleh sebab itu, Mama sudah bisa untuk mengajarkannya beberapa kegiatan yang dapat mengeksplorasi kemampuan si Kecil, salah satunya bermain alat musik.

Selain menyenangkan, bermain alat musik bagi si Kecil juga dapat menstimulasi otak, membantu mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi, meningkatkan keterampilan kognitif dan perkembangan fisiknya, serta mengembangkan keterampilan sosialnya.

Oleh karena itu, Popmama.com telah merangkum alat musik untuk anak 1 tahun yang dapat Mama ajarkan kepada si Kecil dan dimainkan untuk mengisi waktu luang di rumah. Yuk, disimak!

1. Drum tangan

1. Drum tangan
Tokopedia/direction01

Alat musik drum tangan ini sangat cocok untuk si Kecil yang senang dengan suara-suara nyaring.

Drum tangan ini sangat mudah dimainkan. Cukup dengan memukul atau menggerakkannya sedikitsudah dapat menghasilkan suara gemerincing yang nyaring dari lonceng sisi-sisi drumnya.

Dengan drum tangan ini, si Kecil bisa belajar untuk menemukan ritme kesukaannya dan dapat merangsang perkembangan indra pendengarannya.

Alat musik ini dibuat dengan bingkai kayu, dan drumhead dari kulit hewan. Ada pula yang di desain dengan gambar kartun-kartun favorit anak. Warna-warna dari drum tangan ini juga sangat menarik mata si Kecil, Ma.

2. Harmonika

2. Harmonika
Tokopedia/magista

Harmonika termasuk alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

Namun, berbeda dengan suling yang membutuhkan jari untuk menghasilkan nada yang indah, harmonika hanya perlu menghisap lubang-lubang dan meniupnya.

Suara-suara yang dihasilkan dari tiupan harmonika akan berbeda-beda tergantung lubang-lubangnya. Hal tersebut dapat memacu si Kecil untuk mengingat-ingat lubang-lubang yang menghasilkan nada tertentu.

Dengan memberikannya harmonika, Mama dapat memberikan kesempatan si Kecil untuk melatih konsentrasi dan ketepatannya dalam memainkan musik.

Mama tidak perlu khawatir bibir si Kecil akan terluka karena meniup harmonika karena biasanya alat musik tiup satu itu terbuat dari kayu berkualitas.

Editors' Picks

3. Marakas

3. Marakas
Tokopedia/magista

Marakas merupakan alat musik sederhana yang sangat berpengaruh pada perkembangan daya pendengaran si Kecil.

Selain dapat melatih pendengaran yang membuat si Kecil semakin peka terhadap suara, alat musik ini juga dapat melatih gerak motorik dan melatih kekuatan tangan dan jari.

Alat musik yang berasal dari daratan Afrika ini biasanya terbuat dari kayu dengan pegangan yang halus yang aman disentuh dan dijamin tidak akan melukai kulit si Kecil. Di dalamnya, berisikan butiran-butiran kecil yang keras. Kalau di Indonesia, marakas biasanya terbuat dari tempurung kelapa dan diisi oleh kerikil kecil atau pasir.

Untuk mengeluarkan suara dari alat musik sederhana ini, si Kecil cukup menggoyangkan marakasnya secara bebas dan suara akan muncul dengan sendirinya. Sangat mudah, bukan?

4. Piano atau keyboard

4. Piano atau keyboard
Tokopedia/ciustoys

Piano atau keyboard juga bisa Mama jadikan sebagai alat musik yang dapat dipelajari oleh si Kecil.

Bermain piano atau keyboard terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan auditori atau pendengaran anak dan menangkap bahasa dengan lebih cepat.

Selain itu, anak-anak yang bermain piano atau keyboard dapat mengembangkan bakat penalaran spasial lebih cepat daripada yang lain lho.

Cara memainkannya juga sangat mudah. Si Kecil hanya perlu menekan tuts-tuts piano atau keyboard saja, Ma. Tuts-tuts piano atau keyboard pun bisa ditekan secara bersamaan.

5. Suling

5. Suling
Tokopedia/magista

Hampir semua masyarakat di Indonesia tidak asing dengan alat musik yang satu ini, tidak terkecuali anak-anak.

Dengan desain yang terbuat dari plastik, ringan, dan ada pula yang memiliki berbagai warna, alat musik suling ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengeksplorasi kemampuan musik si Kecil.

Mungkin suling ini tampak mudah dimainkan, karena hanya sekadar ditiup. Padahal, suling juga membutuhkan keterampilan jari-jari agar suara yang keluar lebih beraturan.

Tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan koordinasi jari-jari, suling juga sangat bermanfaat untuk melatih sistem pernapasan si Kecil. 

6. Ukulele

6. Ukulele
Tokopedia/gojekolshop

Alat musik yang lebih kecil dari gitar ini sebenarnya tidak disarankan untuk jari-jari anak usia 1 tahun. Akan tetapi, Mama bisa menyiasatinya untuk mencari ukulele atau gitar mainan kecil yang lebih aman.

Sama seperti gitar, ukulele dimainkan dengan cara dipetik agar dapat menghasilkan suara yang diinginkan.

Memetik ukulele inilah yang jadi manfaat bagi si Kecil karena dapat melatih konsentrasi otak dalam mengkoordinasi tangan kanan dan kirinya. Ketika memainkan ukulele, tangan kanan si Kecil akan fokus dalam memetik senar, sementara tangan kirinya berperan sebagai penentu nada yang akan dihasilkan.

7. Xylophone

7. Xylophone
Tokopedia/opianepratoys

Apabila si kecil sudah tertarik dengan irama, Mama bisa memberinya xylophone karena alat musik tersebut dapat mengeluarkan berbagai nada.

Xylophone merupakan alat musik yang termasuk dalam keluarga perkusi. Alat musik tersebut terdiri dari beberapa batang yang dapat menghasilkan bunyi.

Untuk menghasilkan bunyi-bunyi dari xylophone, si Kecil harus memukul batang-batang tersebut dengan pemukul khusus yang didapatkan saat Mama membeli xylophone.

Xylophone juga bisa membuat si Kecil mengontrol tangan dan jarinya saat memainkannya lho, Ma.

Itu dia alat musik untuk anak 1 tahun yang dapat Mama ajarkan kepada si Kecil dan dimainkan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Mungkin si Kecil memang belum bisa memainkannya sendiri karena ia masih sangat kecil. Tapi nggak masalah Ma, tetap diperkenalkan dan dimainkan saja di depan anak mama.

Bermain musik bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan suasana hati si Kecil. Bahkan, bermain musik bisa membantu pengobatan alzheimer lho, Ma. Jadi, yuk eksplorasi kemampuan musik anak sejak dini, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.