4 Jenis Tangan Dominan pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Selain anak kidal, ada lagi pengguna tangan dominan yang unik

26 September 2021

4 Jenis Tangan Dominan Anak Harus Diketahui Orangtua
Pexels/Anna Shvets

Sebagian besar anak akan mengembangkan kecenderungan penggunaan satu tangan yang dominan ketimbang yang lainnya.

Sementara sebagian besar anak menggunakan tangan kanan sebagai tangan dominan yang umum, sebagian anak yang lain cenderung menggunakan tangan kirinya atau kidal.

Sebagian yang lain bahkan dapat menggunakan kedua tangannya bergantian sebagai tangan yang aktif. 

Faktanya, di dunia adalah empat tipe tangan dominan pada anak. Berikut ini Popmama.com merangkum informasinya, dilansir dari Very Well Family:

1. Tangan kanan dominan

1. Tangan kanan dominan
Pexels/KeiraBurton

Anak yang lebih suka menggunakan tangan kanan untuk mengerjakan sebagian besar tugas disebut dengan right-handed (pengguna tangan kanan). Mayoritas orang menggunakan tangan kanannya sebagai tangan kanan dominan. 

Berbagai benda dalam kehidupan sehari-hari, seperti gunting, pembuka kaleng, bahkan buku, dirancang untuk pengguna tangan kanan.

Editors' Picks

2. Tangan kiri dominan

2. Tangan kiri dominan
Pexels/JepGambardella

Anak yang menggunakan tangan kirinya sebagai tangan dominan disebut dengan kidal. Anak yang kidal merasa nyaman menggunakan tangan kiri untuk mengerjakan berbagai tugas sehari-hari. Tetapi tantangan bagi anak yang kidal adalah benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin lebih sulit digunakan karena dirancang untuk mayoritas tangan kanan.

3. Tangan campuran

3. Tangan campuran
Pexels/Yan Krukov

Beberapa anak lebih suka menggunakan tangan kanan atau kiri mereka untuk satu tugas dan tangan yang lain untuk tugas yang berbeda. Misalnya: menulis dengan tangan kanan dan melempar bola dengan tangan kiri. 

Anak dengan tangan campuran ini disebut dengan dominasi silang atau mixed-handedness

4. Ambidextrous

4. Ambidextrous
Freepik

Sebagian anak dianugerahi kemampuan yang unik. Salah satunya adalah ambidextrous. Jika anak yang mixed-handedness dapat menggunakan kedua tangannya untuk tugas-tugas yang berbeda, anak dengan ambidextrous tidak memiliki tangan yang dominan, tetapi kedua tangannya memiliki kemampuan dan keterampilan yang sama-sama baiknya.

Uniknya, anak dengan kemampuan ambidextrous ini hanya terdapat sekitar satu persen populasi di dunia. 

5. Kapan tangan yang dominan mulai tampak pada anak?

5. Kapan tangan dominan mulai tampak anak
Pexels/Naomi Shi

Bayi mengembangkan keterampilan manipulasi unilateral atau kemampuan menggunakan satu tangan yang dominan pada usia 7 hingga 9 bulan. Tetapi pada usia 10 hingga 11 bulan preferensi tangan yang dominan baru benar-benar terlihat konsisten. Sebagian bayi bisa menunjukkan preferensi ini lebih awal.

Dominasi tangan pada anak biasanya mulai stabil sekitar usia 18 bulan hingga 2 tahun. Ketika anak mulai belajar menulis, biasanya preferensi tangan yang dominan semakin terlihat. 

Meskipun tangan yang dominan berperan lebih aktif menyelesaikan tugas-tugas, tangan yang tidak dominan juga memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikenal sebagai koordinasi bilateral. Misalnya, saat kita mengetik di komputer, kedua tangan bekerja bersama.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.