5 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan Balita

Penasaran, mengapa posyandu di seluruh Indonesia menjadikan kacang hijau sebagai 'menu' utama?

10 April 2019

5 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan Balita
Pixabay.com/PDPics

Di antara jenis makanan yang ada, kacang hijau merupakan salah satu makanan yang seringkali dijadikan sebagai bekal setelah balita diperiksa di Posyandu. Tentu saja ini bukan tanpa maksud lho, Ma.

Kacang hijau dipilih sebagai makanan pendamping karena kaya akan nutrisi yang ideal bagi tumbuh-kembang anak. Selain itu, beberapa fakta ini menjadi alasan mengapa di Posyandu, anak diberi bubur kacang hijau. 
 

1. Sumber vitamin dan mineral

1. Sumber vitamin mineral
Flickr/Bagan Mart
Selain mengenyangkan, kacang hijau juga punya nutrisi baik bagi kulit

Salah satu alasan mengapa kacang hijau disajikan saat kegiatan Posyandu adalah karena kacang hijau merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh anak.

Selain mengandung vitamin C, A, K, E, B6, kacang hijau juga telah terbukti kaya akan tiamin, riboflavin, niasin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, seng, dan natrium.

Semua itu merupakan pondasi penting yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terutama untuk perkembangan fisik dan mental balita. 

2. Kaya akan protein

2. Kaya akan protein
Pixabay/PDPics

Dilansir dari parentinghealthybabies.com, dalam 100 gram kacang hijau mengandung 23 gram protein. Jumlah ini dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ada pada telur, ikan dan ayam.

Makanan yang mengandung banyak protein dianggap memiliki peran mendukung perkembangan otot dan organ pada bayi. Jika dibandingkan dengan makanan lainnya, kacang hijau adalah sumber protein baik yang minim risiko alergi pada bayi. 

Editors' Picks

3. Mudah dicerna

3. Mudah dicerna
Wikimedia Commons

Alasan utama mengapa Posyandu memberikan kacang hijau pada balita karena teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah oleh balita.

Hal ini tentunya akan mempermudah sistem cerna dalam ususnya, serta tidak akan membuat si Kecil mudah terserang sembelit. 
 

4. Melindungi anak dari gangguan kesehatan hati

4. Melindungi anak dari gangguan kesehatan hati
Pixabay/PDPics

Menurut penelitian ilmiah yang dimuat di researchgate.net, kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang berperan penting untuk kesehatan hati.

Selain itu, studi tentang efek kacang hijau pada jaringan hati juga menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki potensi besar dalam penyembuhan dan pengurangan risiko yang berkaitan dengan gangguan kesehatan hati. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

5. Meningkatkan kekebalan tubuh anak
pixabay.com/Insideout1

Tak hanya dapat melindungi hati, kacang hijau juga merupakan stimulan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada balita.

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh si Kecil tidak mudah terjangkit sakit, terutama saat terpapar virus atau bakteri penyebab terjadinya infeksi.

Meski baik bagi kesehatan, penting untuk diingat, pemberian kacang hijau pada balita baru dapat dimulai setelah si Kecil berusia 6 bulan. Demi alasan apapun, sebaiknya jangan coba-coba memberikannya pada anak sebelum waktu yang disarankan ya, Ma.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!