TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Susu A1 vs Susu A2: Perbedaan dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Anak

Untuk si Kecil yang mengalami intoleransi laktosa, bisa mencoba salah satu jenis susu ini

1 Maret 2022

Susu A1 vs Susu A2 Perbedaan Dampak Terhadap Kesehatan Anak
Pexels/Alex Green

Susu adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak untuk menunjang tumbuh-kembangnya. Namun ada beberapa kondisi di mana tidak semua anak dapat mencerna protein susu sapi sehingga menyebabkan anak mengalami intoleransi laktosa. 

Oleh karena itu, di pasaran kini terdapat beragam jenis susu dengan kandungan-kandungan berbeda yang ditujukan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Misalnya susu A1 dan susu A2.

Lalu, apa sih perbedaan antara susu A1 dan A2? Dan apa keunggulan susu A2 ketimbang susu A1? Berikut ini Popmama.com merangkum informasi mengenai susu A1 dan susu A2 untuk anak, dilansir dari Healthline:

1. Apa itu kasein?

1. Apa itu kasein
Freepik/azerbaijan_stockers

Kasein adalah kelompok protein terbesar dalam susu. Kasein membentuk sekitar 80 persen dari total kandungan protein. 

Ada beberapa jenis kasein dalam susu. Beta-kasein adalah jenis yang paling umum dan ada dalam setidaknya 13 bentuk yang berbeda.

Dua bentuk beta-kasein paling umum adalah A1 beta-kasein dan A2 beta kasein.

Editors' Picks

2. Apa itu A1 beta-kasein?

2. Apa itu A1 beta-kasein
Freepik/freepik

Susu dari peternakan sapi yang berasal dari Eropa utara umumnya tinggi akan A1 beta-kasein. Yang termasuk dalam jenis ini adalah Holstein, Friesian, Ayrshire, dan British Shorthorn. 

Susu yang mengandung A1 beta-casein dianggap lebih sulit dicerna. Ini disebabkan karena di dalam susu A1 mengandung beta-casomorphin-7 (BCM-7) . BCM-7 adalah peptida opioid yang dilepaskan selama tubuh mencerna A1 beta-kasein.

Beberapa kelompok penelitian menunjukkan bahwa BCM-7 terkait dengan diabetes tipe 1, penyakit jantung, masalah pencernaan, autisme, hingga kematian bayi. 

Studi belum menemukan BCM-7 dalam darah orang dewasa sehat yang minum susu A1. Tetapi beberapa tes menunjukkan BCM-7 kemungkinan terdapat pada bayi. Namun masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. 

3. Apa itu A2 beta-kasein?

3. Apa itu A2 beta-kasein
Pexels/Pixabay

Susu yang tinggi A2 beta-kasein terutama ditemukan pada peternakan yang berasal dari Kepulauan Channel dan Prancis selatan. Yang termasuk di dalam jenis ini adalah sapi Guernsey, Jersey, Charolais, dan Limousin. 

Perlu diketahui bahwa susu biasa mengandung baik A1 maupun A2 beta-kasein. Tetapi susu A2 sendiri hanya mengandung A2 beta-kasein. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa A2 beta-casein adalah pilihan yang lebih aman untuk anak. 

4. Apakah susu A2 lebih aman dikonsumsi anak?

4. Apakah susu A2 lebih aman dikonsumsi anak
Freepik/mdjaff

Secara umum, jumlah laktosa dalam susu A1 dan A2 adalah sama. Tetapi beberapa orang merasa bahwa setelah mengonsumsi susu A2 mereka tidak merasa sekembung ketika mengonsumsi susu A1. 

Penelitian lain yang dipublikasikan di PubMed menunjukkan bahwa susu A1 menyebabkan tinja yang lebih lunak ketimbang susu A2 pada beberapa orang. Sementara susu A2 lebih sedikit menimbulkan ketidaknyamanan pencernaan setelah makan ketimbang susu A1.

Hal ini meningkatkan kepercayaan bahwa susu A2 relatif lebih aman dan nyaman dikonsumsi anak, terutama anak yang mengalami intoleransi laktosa.

5. Apakah kita harus menghentikan konsumsi susu biasa sepenuhnya?

5. Apakah kita harus menghentikan konsumsi susu biasa sepenuhnya
Pixabay/couleur

Perdebatan tentang potensi efek kesehatan susu A1 dan susu A2 masih berlangsung hingga kini. 

Penelitan menunjukkan bahwa A1 beta-kasein menyebabkan gejala pencernaan yang merugikan pada individu tertentu. Namun buktinya masih terlalu lemah untuk membuat kesiumpulan yang kuat. Terutama tentang hubungan antara A1 beta-kasein ddengan kondisi lain, seperti diabetes tipe 1 dan autisme.

Namun, apabila si Kecil kesulitan mencerna susu biasa, mama dapat mencoba memberikan susu A2 sebagai alternatifnya.

Konsultasikan dengan dokter apabila anak mengalami masalah pencernaan setelah mengonsumsi susu jenis tertentu.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk