7 Manfaat Positif Memuji Anak saat Berani Mencoba Sesuatu

Biasakan memuji keberanian si Kecil agar menumbuhkan sikap percaya diri.

26 Oktober 2020

7 Manfaat Positif Memuji Anak saat Berani Mencoba Sesuatu
Freepik/prostooleh

Keberanian dapat menjadi tantangan tersulit bagi si Kecil, apalagi jika itu berhubungan dengan hal-hal yang baru. Tak banyak anak yang mampu menjukkan sikap percaya diri ketika mencoba sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. 

Tahu tidak Ma, kalau ternyata tumbuhnya keberanian dalam diri si Kecil dapat dipengaruhi oleh pujian yang kamu berikan. Ketika kamu memberikan pujian, setahap demi setahap si Kecil semakin percaya diri dan berani melakukan banyak hal. 

Di sisi lain, pujian yang kamu berikan atas tindakan berani si Kecil memiliki berbagai manfaat positif bagi perkembangan dirinya. Salah satu contohnya, pujian dari orang tua dapat menjadi motivasi dan dukungan bagi anak agar lebih berani mencoba hal-hal baru. 

Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat positif memberikan pujian saat anak berani mencoba sesuatu berikut ini.

1. Anak berani mencoba dan memulai sesuatu

1. Anak berani mencoba memulai sesuatu
Pexels/Agung Pandit Wiguna

Ketika pertama kali Mama memberikan pujian atas keberaniannya memulai sesuatu, si Kecil merasa dihargai. Hal ini lama-kelamaan akan tumbuh dalam diri anak, membuatnya tidak lagi takut akan hal-hal yang asing buatnya. 

Pujian darimu itu sangatlah berarti baginya. Anak akan semakin percaya diri untuk mencoba dan memulai sesuatu di masa depan karena ia terbiasa sejak kecil. Ia juga tidak akan ragu-ragu dalam menentukan keputusan pentingnya.

Ini juga membuatnya tumbuh secara lebih mandiri dan memiliki mental yang kuat. Kedua sifat tersebut dapat menuntunnya ketika hendak memulai rencana dan impian di masa depan 

2. Anak semakin berani dan percaya diri

2. Anak semakin berani percaya diri
Freepik/Wavebreakmedia

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek yang penting dalam perkembangan diri anak. Akan ada banyak sekali peristiwa yang menuntut sikap berani dan percaya diri, baik itu dalam lingkungan sekolah, masyarakat, maupun di rumah.

Salah satu cara membangun kepercayaan diri anak dapat dimulai dengan memberikannya pujian khususnya saat ia berani mencoba sesuatu. Pujian yang Mama berikan akan membangun rasa kepercayaan dirinya.

Sayang sekali, ada banyak anak yang tidak berani mencoba hal baru karena tidak mendapat dukungan dari orangtuanya. 

Editors' Picks

3. Membangun relasi yang baik antara orangtua dan anak

3. Membangun relasi baik antara orangtua anak
Freepik

Mendapat pujian dan pengakuan dari orangtua sangatlah penting bagi anak di masa pertumbuhannya. Selain mampu menumbuhkan keberanian anak, pujian darimu itu dapat menjadi jembatan yang mempererat hubungan kalian. 

Pujian yang tulus dan apa adanya membuat si Kecil semakin menghargaimu. Di sisi lain ini membuatnya senang untuk menghabiskan waktu berkomunikasi akrab denganmu. 

Kedekatan dengan orangtua membuat anak semakin mengerti keinginan juga keresahanmu. Sehingga membuat si Kecil mau mengikuti setiap perkataan dan nasihat darimu.

4. Anak lebih mandiri dalam menentukan jalan hidupnya

4. Anak lebih mandiri dalam menentukan jalan hidupnya
runningmagazine.ca
Manfaat kemiri untuk keluarga

Orangtua selalu memberikan masukan dan arahan seiring pertumbuhan anak dengan maksud yang baik. Namun jika terlalu berlebihan, ini malah akan membuatnya merasa terkekang. 

Meskipun masih kecil, Mama dapat memberikan sedikit kemandirian pada kecil melalui pujian. Ketika menerima pujian, anak akan merasa kemandiriannya dihargai olehmu. Ia tidak merasa dibatasi setelah melakukan hal-hal positif yang baru buatnya. 

Karena Mama tidak melarang dan membatasinya, anak-anak akan merasa aman saat mereka keluar dari zona nyaman, dan menentukan jalan hidup sesuai cita-cita mereka. 

5. Membuat anak tak mudah menyerah

5. Membuat anak tak mudah menyerah
Freepik/prostooleh

Meskipun si Kecil berhasil melawan rasa takutnya, itu tidak menjadi jaminan bahwa ia akan berhasil melakukan semuanya dengan lancar. Selalu ada kemungkinan baginya mengalami kegagalan.

Seperti yang kita ketahui, kegagalan sebaiknya dihadapi dengan sikap pantang menyerah dan terus mencoba. Kedua hal tersebut ternyata tumbuh dari pujian yang kamu berikan lho.

Sebenarnya, pujian yang kamu berikan akan membuat anak-anak termotivasi untuk mau mencoba kembali setiap usaha dan kerja kerasnya. Hingga ia akan tumbuh menjadi pribadi yang pantang menyerah. 

6. Membuatnya terbiasa belajar hal-hal baru yang positif

6. Membuat terbiasa belajar hal-hal baru positif
Freepik

Hal-hal baru sangatlah asing bagi sebagian orang. Itulah mengapa tak sedikit yang merasa kesulitan ketika berhadapan dengan hal-hal baru yang sama sekali belum pernah ditemui sebelumnya. 

Hal semacam ini dapat diubah melalui pola asuh orangtua yang baik. Ketika masih anak-anak, berikan si Kecil pujian setelah berani melakukan hal-hal baru. Ini memberikannya semangat dan motivasi untuk berani mencoba hal baru yang positif. 

Anak mama pun tidak takut melakukan hal-hal baru karena mereka percaya bahwa Mama selalu ada untuk memberikan semangat dan dukungan bagi mereka. 

7. Merasa benar-benar didukung olehmu

7. Merasa benar-benar didukung olehmu
Freepik

Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak sangatlah membutuhkan dukunganmu dalam berbagai hal. Khususnya, mereka memerlukan pujian dan semangat darimu. 

Setelah melakukan hal baru dengan berani, Mama perlu memberikan pujian yang tulus kepada si Kecil. Perbuatanmu ini akan sangat berarti baginya. Anak akan merasa didukung dan diperhatikan. 

Anak akan merasa bersemangat untuk melakukan dan mencoba hal-hal baru yang positif kedepannya. 

Itulah dia 7 manfaat positif memuji anak ketika berani mencoba sesuatu. Terus bimbing si Kecil melalui dukungan dan pujian yang positif agar ia tumbuh menjadi pribadi yang berani dan percaya diri. 

Perlu diingat juga, sebaiknya Mama tidak berlebihan dalam memberikan pujian. Berilah si Kecil pujian jika ia memang pantas menerimanya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.