5 Pilihan Les untuk Mengasah Kecerdasan Anak Beserta Manfaatnya

Ternyata 5 pilihan jenis les ini membantu meningkatkan kecerdasan si Kecil

11 Agustus 2020

5 Pilihan Les Mengasah Kecerdasan Anak Beserta Manfaatnya
Freepik

Les merupakan bagian dari proses belajar anak yang tidak kalah penting. Mungkin Mama setuju dengan pernyataan tersebut jika itu ditujukan pada anak SD, SMP, bahkan SMA. Tapi bagaimana untuk anak balita? 

Sebenarnya, les juga menjadi sarana belajar yang baik bagi si Kecil. Khususnya terkait ilmu dan keterampilan yang tidak ia dapatkan di rumah maupun sekolah, seperti kemampuan bermusik, menari, dan mempelajari bahasa asing. 

Les juga menjadi sarana aktivitas tambahan yang mendukung perkembangan otak dan fisik anak di usia 4 sampai 5 tahun. Mengikuti les juga dapat menjadi cara anak mengetahui bahkan mendalami minat dan bakatnya. 

Pilihlah les yang cocok bagi usia si Kecil, bermanfaat namun tidak membebankannya. Untuk itu, Popmama.com telah menyediakan 5 pilihan les yang sesuai dan bermanfaat bagi si Kecil. Cari tahu yuk les apa saja!

1. Les bahasa

1. Les bahasa
Freepik/Pressfoto

Kemampuan bahasa merupakan salah satu kemampuan mendasar yang penting. Dengan meguasai beragam bahasa, si Kecil dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berbicara dan menulis. Kursus bahasa juga dapat membantu si Kecil meraih nilai akademis yang baik ketika ia belajar di jenjang berikutnya. 

Mama dapat mulai mendaftarkan si Kecil les bahasa yang umum seperti bahasa inggris. Pembelajarannya pun akan berbeda dari kursus untuk anak yang lebih dewasa. Si kecil akan dididik dengan cara yang menyenangkan namun tetap menguasai kemampuan berbahasa dengan baik. 

2. Les olahraga

2. Les olahraga
Freepik/senivpetro

Pada dasarnya berolahraga memang penting. Bukan hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa. 

Les ini akan sangat cocok bagi si Kecil yang senang bergerak dan aktif. Mama dapat mendaftarkan anak-anak untuk masuk mengikuti kursus olahraga. Ada banyak pilihan yang dapat ia pilih sesuai minat seperti yoga, ballet, sepak bola, atau menari. 

Dengan mengikuti les olahraga, anak akan mendapatkan berbagai manfaat. Seperti belajar bersosialisasi dan bekerja sama dengan teman-teman yang baru, melatih otot dan gerak tubuh, juga meningkatkan fleksibilitas gerak tubuh.

Editors' Picks

3. Les seni

3. Les seni
littlekidsbigart.com

Mengasah kemahiran anak-anak dalam bidang seni ternyata tak kalah pentingnya lho Ma. Keterampilan di bidang seni dapat menjadi cara alteratif bagi si Kecil untuk meraih prestasi di luar bidang akademik dan olahraga. 

Bagi si Kecil yang memiliki ketertarikan di dunia seni, Mama sebaiknya mulai memasukannya ke kursus seni. Di sana anak akan belajar keterampilan dasar seperti menggambar, mewarnai, juga melukis. 

Les seni atau menggambar dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Kegiatan tersebut juga dapat menjadi cara mengenalkan anak dengan bentuk, warna, pola, dan keterampilan untuk mengubah sesuatu menjadi sebuah karya yang indah.

4. Les musik

4. Les musik
Freepik

Banyak orangtua yang ingin anaknya memiliki kemampuan memainkan alat musik. Itu seolah menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. 

Tidak ada salahnya kamu mengenalkan anak pada dunia musik sejak dini. Ada banyak alat musik yang dapat menjadi pilihan, seperti piano, drum, biola, dan yang lainnya.

Anak-anak yang tertarik musik bisa mulai mendalami kesukaannya dengan mengambil kursus yang sesuai dengan minatnya. Dengan mengambil kursus ini anak akan dikenalkan dengan  berbagai lagu dan nada yang dapat mengasah daya ingat serta meningkatkan fungsi otak. 

Keterampilan ini juga menjadi penting bagi si Kecil yang ingin berkarya dan memulai karier di dunia musik. 

5. Les berenang

5. Les berenang
independent.co.uk

Les satu ini sangat cocok bagi anak mama yang aktif dan senang bermain air. Dengan mengikuti les berenang, Mama dapat membantu mengubah kesenangan si Kecil menjadi keterampilan yang membanggakan.

Ketika mengikuti les berenang, keselamatan dan keamanan mereka sangatlah terjamin. Anak akan selalu dibimbing dan didampingi pelatih mulai dari pemanasan sebelum berenang, cara mengatur nafas, serta gerakan berenang.

Ada beberapa manfaat yang akan anak mama peroleh dari mengikuti les berenang. Aktivitas berenang akan meningkatkan fungsi jangtungnya karena ia perlu mengatur pernapasan. Ini juga meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuh, melatih otot, dan mencegah obesitas. 

6. Hal penting mengenai les yang perlu Mama perhatikan.

6. Hal penting mengenai les perlu Mama perhatikan.
nmbreakthroughs.org

Meskipun les itu penting, tapi pasalnya ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk mulai memberikan les pada si Kecil. 

Pada usianya yang masih tergolong kecil, anak terkadang tidak merespon bentuk pembelajaran berat dan berlebihan, seperti menulis atau menghitung.

Anak lebih membutuhkan les yang berbentuk kegiatan fisik dan dapat mengasah kemampuan kognitif juga motoriknya. Kegiatan les sendiri juga sebaiknya berjalan maksimal 2 kali dalam seminggu, tidak lebih dari itu. 

Perhatikan, sebaiknya anak mengikuti les atas dasar kemauannya. Seperti jika ia menaruh minat pada kursus yang kamu berikan. Jika tidak, biarkan ia berhenti. Karena mengikuti les yang tidak ia minati akan membuatnya frustasi. 

Bagaimana Ma? Apakah ada les yang diminati si Kecil? Jika ada pastikan minat dan bakatnya terasah dengan baik melalui les yang ia ikuti. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.