Latih Keseimbangan Sejak Dini, Inilah 5 Rekomendasi Skuter untuk Anak

Temukan skuter terbaik bagi si Kecil di sini!

13 Juli 2020

Latih Keseimbangan Sejak Dini, Inilah 5 Rekomendasi Skuter Anak
Freepik/prostooleh

Skuter atau otoped merupakan sarana alternatif bermain anak. Bermain skuter membuat si Kecil bergerak aktif dan menyehatkan tubuhnya.

Di samping itu, ini dapat menjadi cara efektif untuk melatih keseimbangan tubuhnya dan melatih koordinasi sejumlah indera, seperti pengelihatan juga sentuhan. 

Mama tak perlu khawatir anak-anak akan terjatuh ketika bermain skuter. Alat yang satu ini umumnya memiliki 3-4 roda untuk memberi keamanan. Bermain skuter ini sepenuhnya aman.

Namun Mama tetap perlu memperhatikan skuter yang si Kecil gunakan.

Skuter yang baik dibuat dengan bahan yang lebih kokoh sehingga tak mudah rusak. Tentunya juga dapat mengurangi risiko anak mama terjatuh. 

Popmama.com telah merangkum 5 pilihan skuter untuk anak yang bisa masuk dalam pilihan nih, Ma. Simak yuk!

Tips Memilih Skuter untuk Anak

Tips Memilih Skuter Anak
Freepik/prostooleh

Ada baiknya Mama mengetahui tips atau cara memilih skuter yang baik bagi anak. Ini memudahkanmu ketika hendak membeli skuter untuk anak.

Beberapa hal kecil perlu diperhatikan sebelum Mama membeli skuter. Seperti perhatikanlah kesesuaian skuter dengan tubuh si Kecil.

Sebaiknya Mama tidak memilih yang terlalu pendek atau terlalu tinggi. Pilihlah ukuran yang pas agar memudahkan anak untuk memegang dan mengendarainya.

Mengenai keselamatan, sebaiknya skuter yang Mama beli terdapat rem belakang. Ini mengurangi risiko jatuh ketika anak menggunakan otoped.

Pilihlah juga skuter dengan 4 roda bagi anak-anak usia balita. Jika ia sudah cukup besar, Mama dapat memberikanya skuter roda 2 atau 3. 

1. Maxi Micro Deluxe Skuter

1. Maxi Micro Deluxe Skuter
tokopedia.com

Skuter merek Maxi Micro Deluxe ini cukup populer dikalangan para selebgram. Ini merupakan merek skuter yang direkomendasikan banyak oleh orang.

Skuter ini memiliki kelebihan pada rodanya yang berkualitas tinggi. Sehingga otopet dapat berjalan dengan lancar dan tak membuat setang menjadi gemetar.

Skuter ini hadir untuk anak berusia 5-12 tahun, dengan desain yang chic dan modern. Keseimbangan dan keamanan si Kecil lebih terjaga akibat adanya dek injeksi anti slip, sehingga meminimalisir kemungkinan anak tergelincir sewaktu memainkannya.

Selain itu, tinggi tiang kemudi juga dapat disesuaikan dengan ketinggian anak, bahkan bisa dilepaskan juga.

Tampilan skuter ini hadir dengan kombinasi warna beragam. Juga mampu menampung beban hingga 75 kg. Skuter yang aman, nyaman, ringan, mudah dipelajari ini dapat diperoleh dengan harga mencapai di atas Rp2 juta.

Editors' Picks

2. PMB skuter roda tiga

2. PMB skuter roda tiga
tokopedia.com

Skuter PMB yang roda tiga ini mengedepankan konsep pengereman tangan. Dilengkapi dengan karet rem yang bekualitas dan pakem. Benar-benar dapat menjamin keamanan anak saat menggunakannya. Produk ini ditunjukan untuk anak berusia 3 – 4 tahun.

Barang ini juga memiliki desain minimalis dengan balutan beragam warna yang menarik.

Ukuran roda yang kecil pada skuter ini juga kuat ketika melewati medan berbatu. Skuter fleksibel ini memiliki kemudi yang tingginya dapat disesuaikan hingga mencapai 77 cm. 

Kerangka utamanya pun terbuat dari besi sehingga skuter ini lebih awet dan tidak cepat rusak. Skuter ini tersedia dengan harga Rp. 449.000.

3. Skuter Roda Tiga Jet Turbo

3. Skuter Roda Tiga Jet Turbo
shopee.co.id

Mama mencari skuter yang punya tampilan keren dan sesuai buat si Kecil? Skuter ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Skuter Roda Tiga Jet Turbo ini memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi. Dapat bertahan hingga beberapa tahun. 

Seperti namanya, terdapat desain menyerupai roket pada otoped yang akan memberikan kesan kece dan keren saat dinaikkan. Bagian papan memiliki motif grafiti dengan kombinasi warna biru dan merah. 

Pada bagian 2 bentuk turbo atau jet berdaya 4000 mAh di dekat roda belakang skuter dilengkapi lampu LED yang dapat menyala. Bahkan mampu mengeluarkan uap tak beracun yang berasal dari air dan dapat diisi ulang setiap kali diperlukan.

Skuter keren satu ini dapat Mama peroleh dengan harga Rp. 1.300.000. 

4. Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake

4. Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake
decathlon.co.id

Ini merupakan salah satu produk skuter yang didesain dengan simpel dan memiliki warna menarik. Sangat cocok bagi anak laki-laki juga anak perempuan. Skuter ini menggunakan 2 roda dan memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Otoped ini sangat sesuai untuk melatih keseimbangan bagi anak usia  4 – 6 tahun. 

Skuter ini juga dapat dilipat, sehingga memudahkanmu untuk memasukannya ke dalam bagasi mobil dan digunakan ketika berlibur di tempat yang jauh.

Adanya rem belakang pada skuter ini semakin menjamin keselamatan anak saat bermain. Skuter Oxelo Play 5 ini dipatok dengan harga sekitar Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 800.000.

5. Y Glider Skuter

5. Y Glider Skuter
bennettsdirect.co.uk

Skuter produksi Y Glider ini sangat cocok untuk bagi anak-anak yang ingin melatih keseimbangan dan mulai bermain skuter. Alat satu ini dilengkapi dengan kursi, sangat efektif menjaga anak tetap aman selama bermain skuter. 

Produk ini diciptakan dengan kombinasi konsep otopet dan sepeda.

Untuk anak yang sedikit dewasa berusia sekitar 3-5 tahun, Mama juga dapat melepas kursinya agar ia bisa belajar menggunakan skuter seperti pada umumnya. 

Tak hanya itu, skuter ini juga dilengkapi dengan 3 roda yang terbuat dari material kokoh sehingga takkan mudah patah meski dinaiki oleh anak yang berobot hingga puluhan kilogram.

Skuter ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1.700.000 ke atas. Harga tersebut sudah cukup untuk produk yang memperhatikan keselamatan dan perkembangan anak selama bermain skuter.

Itu dia beberapa rekomendasi skuter terbaik bagi si Kecil. Yuk ajak si Kecil untuk aktif bergerak dan melatih tubuhnya dengan bermain skuter. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.