5 Rekomendasi Merek Helm Sepeda untuk Anak agar Tetap Aman

Lindungi si Kecil selama bersepeda. Simak 5 rekomendasi helm terbaik untuknya.

13 Juli 2020

5 Rekomendasi Merek Helm Sepeda Anak agar Tetap Aman
medibank.com.au

Berbicara mengenai olahraga, bersepeda menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati akhir-akhir ini. Bersepeda sangatlah mudah dan menyenangkan, asalkan berlatih sedini mungkin biasanya anak langsung mahir mengendarainya. 

Banyak orang dewasa yang menyukai bersepeda, begitu pula anak-anak. 

Sebelum anak-anak memulai bersepeda, Mama perlu memastikan dulu keselamatan si Kecil agar tetap terjaga.

Ingatkan anak mama untuk selalu mengenakan helm saat bersepeda. 

Memilih helm sepeda anak, tidak boleh sembarangan ya Ma.

Tidak sedikit helm sepeda yang terbuat dari bahan yang tidak sesuai atau malah membuat anak-anak menjadi tidak nyaman ketika mengenakannya. Sebaiklah pilihlah helm sepeda yang kualitasnya terjamin baik.

Cara Memilih Helm Sepeda untuk Anak

Cara Memilih Helm Sepeda Anak
cycleability.org

Sebelum kita membahas merk-merk helm sepeda terbaik untuk si Kecil, ada baiknya Mama juga mengetahui bagaimana cara memilih helm yang tepat untuknya. Ada dua hal penting yang perlu Mama perhatikan, standar keamanan pada helm, juga ukuran helm yang sesuai.

Helm dapat dikatakan aman jika telah memenuhi standar keamanan. Di Indonesia sendiri terdapat SNI (Standar Nasional Indonesia) sebagai standar keamanan yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Helm-helm standar SNI umumnya memiliki bahan kuat, tahan air dan juga tahan lapuk. 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah ukuran helm yang sesuai dengan kepala si Kecil. Mama dapat memperhatikan ukuran helm terlebih dahulu sebelum membelinya.

Jika memungkinkan, sebaiknya si Kecil mencoba helm terlebih dahulu. Mama dapat membelinya jika ukuran helm pas dengan kepala anak mama, dan ia merasa nyaman mengenakannya. 

Pada umumnya, helm sepeda dapat digunakan dalam waktu tiga tahun.

Gantilah helm sepeda secara berkala untuk selalu memperoleh kualitas yang terbaik. Perhatikan kembali pertumbuhan anak mama, ini memengaruhi ukuran dan jenis helm sepeda yang dibutuhkan olehnya.

Berikut Popmama.com bagikan beberapa rekomendasi helm sepeda anak agar selama bersepeda si Kecil tetap aman.

1. Decathlon

1. Decathlon
archiwum.allegro.pl

Decathon memproduksi helm-helm sepedanya dengan keistimewaan, yaitu memiliki adjuster yang  berfungsi untuk menyesuaikan ukuran kepala si Kecil.  Sehingga helm ini dapat dipakai si Kecil dengan nyaman. Helm ini tersedia untuk anak usia 3 sampai 10 tahun. 

Helm dari Decathon ini memiliki 6 buah ventilasi berbahan polystyrene dengan shell polikarbonat terikat. Produk ini menyediakan berbagai pilihan ukuran, yatu S, M, L, hingga XL.

Helm sepeda anak merek ini juga dilengkapi dengan desain yang simpel, namun tetap menarik dengan tampilan warna yang terang dan mencolok.

Helm anak ini tersedia dengan harga sekitar Rp. 170.000 saja. Salah satu produk helm anak Decathlon yang bagus ialah produk B'Twin dan B'Twin 300.

Editors' Picks

2. Giro

2. Giro
shopee.co.id

Giro merupakan merk helm sepeda terbaik lainnya. Meskipun banyak produk helmnya yang ditunjukan untuk orang dewasa, namun ada juga beberapa yang dapat digunakan anak-anak. 

Helm sepeda anak merek Giro ini dibuat dengan desain yang terlihat kokoh dan tangguh. Dilengkapi dengan 21 lubang ventilasi udara, membuat kepala si Kecil tidak terasa panas ketika bersepeda. 

Visor yang terdapat pada helm ini juga dapat dinaikkan hingga 15 derajat atau dapat dilepas, sesuai kebutuhan.

Ukuran helm ini juga dapat disesuaikan dengan adanya adjuster di bagian belakang helm.

Giro ini dibanderol dengan harga Rp. 170.000. 

3. Kuyou

3. Kuyou
shopee.co.id

Kuyou merupakan salah satu produk helm sepeda anak berkualitas. Helm satu ini punya tampilan yang lebih dewasa dan keren. Membuat si Kecil merasa bersepeda sebagai anak remaja. 

Helm sepeda ini cocok bagi anak-anak berusia 3 sampai 8 tahun. Bagian dalam helm ini menggunakan busa EPS yang lembut dan PVC Shell yang sangat kuat pada bagian luarnya. 

Membuat helm ini tidak mudah retak ketika terkena benturan, namun tetap nyaman untuk digunakan.

Helm sepeda Kuyou dijual dengan harga yang cukup murah. Sekitar Rp. 80.000 hingga Rp. 120.000.

4. London Taxi

4. London Taxi
jefferys.co.id

Helm London Taxi ini memiliki bobot ringan dengan diameter 50-54 cm. Model helm ini didesain dengan simpel namun tetap menarik. Bagian luarnya terbuat dari bahan PVC shell yang dapat melindungi kepala dari benturan keras. Helm ini dapat Mama beli dengan harga Rp 400.000 lebih.

Helm sepeda anak yang satu ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu mudah untuk dibersihkan. Bagian dalam helm dapat dilepas dengan mudah. Sehingga Mama dapat mencucinya tanpa khawatir akan merusak kualitas dan fungsi helm. Ini menghindarkan bagian dalam helm dari lembap, bahkan dari bau yang tidak sedap. 

5. Polygon

5. Polygon
rodalink.com

Polygon merupakan salah satu merk aksesoris dan perlengkapan sepeda yang terkenal dan kualitasnya sudah teruji.

Merek helm sepeda anak yang satu ini juga memproduksi berbagai pilihan corak dan warna, salah satunya seperti Polygon Wave Kids.

Helm sepeda ini yang diproduksi Polygon menggunakan teknologi glue on, yaitu teknologi yang menggabungkan shell helm dan polisterence dengan lem khusus.

Ini membuat bagian-bagian helm melekat kuat.

Teknologi ini jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan teknologi tape on.

Harga yang ditawarkan helm-helm Polygon cukup beragam, sesuai dengan model dan tipenya. Umumnya ada pada kisaran harga Rp. 120.000 hingga Rp. 200.000.

Itu dia beberapa rekomendasi merek helm sepeda anak yang bisa masuk dalam daftar belanja mama.  Apa ada salah satu yang si Kecil sukai?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.