Hari Dongeng Sedunia, Waroeng Imaji Luncurkan "Anak Rusun Mendongeng"

Hadir dalam bentuk dongeng digital yang dapat disaksikan melalui YouTube

20 Maret 2021

Hari Dongeng Sedunia, Waroeng Imaji Luncurkan "Anak Rusun Mendongeng"
Dok. Yayasan Waroeng Imaji

Bertepatan dengan Hari Dongeng Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 Maret, Waroeng Imaji meluncurkan program "Anak Rusun Mendongeng". Dengan menyuguhkan dongeng digital yang berjudul "Midodo Badak yang Suka Menari".

Seri pertama dongeng digital ini ditayangkan pada chanel YouTube resmi Waroeng Imaji. Melalui cerita dan animasi dongeng digital, anak-anak diharapkan dapat berminat untuk mengikuti, meresapi, dan menerapkan karakter serta pesan moral yang tedapat di dalamnya.

Lebih lanjut, berikut Popmama.com rangkum beberapa informasi mengenai program "Anak Rusun Mendongeng" persembahan dari Waroeng Imaji yang digagas oleh Veronica Tan.

1. "Midodo Badak yang Suka Menari", dongeng digital seri pertama

1. "Midodo Badak Suka Menari", dongeng digital seri pertama
Dok. Yayasan Waroeng Imaji

"Midodo Badak yang Suka Menari" bercerita mengenai tokoh badak yang suka menari di mana saja. Namun suatu hari, alat pemutar musik milik Midodo rusak sehingga ia tidak bisa menari leluasa seperti biasanya.

Guna memperbaiki alat pemutar musiknya, Midodo pun mencari pekerjaan. Selama mencari pekerjaan, ada banyak nilai kebaikan yang Midodo pelajari. Dalam episode ini, Midodo didampingi teman-temannya Megamo si sapi, Verow si harimau, Turti si kura-kura dan Moyaki si monyet lucu.

Seri pertama dongeng digital dibacakan langsung oleh Veronica Tan selaku founder Yayasan Warung Imaji bersama Cinta, salah satu anak dari Rusun Daan Mogot.

Cerita seru dan animasi yang menarik untuk anak-anak ini sudah bisa disaksikan melalui chanel YouTube resmi Waroeng Imaji mulai Sabtu (20/03/2021).

Editors' Picks

2. Berisi pesan moral yang dapat diajarkan pada anak

2. Berisi pesan moral dapat diajarkan anak
Youtube.com/Waroeng Imaji

Melalui dongeng digital "Midodo Badak yang Suka Menari", anak dapat mengambil banyak pelajaran, Ma.

“Pesan moral dari dongeng ini, yaitu dapat mengajarkan anak untuk tidak pesimis, tidak mudah putus asa, menanamkan sikap pekerja keras jika ingin mendapatkan sesuatu, serta menolong teman,” jelas Veronica Tan saat live di akun media sosial Instagramnya bersama Waroeng Imaji. 

Selain itu, anak mama juga akan belajar mengenal jenis-jenis binatang khas nusantara. Menurut Dovieke Angsana, selaku Producer & Artistic Director, setiap karakter dalam dongeng "Midodo Badak yang suka Menari" menggambarkan binatang asli Indonesia yang sudah mulai langka bahkan hampir punah. 

3. Bisa dijadikan bahan belajar dalam membangun karakter anak

3. Bisa dijadikan bahan belajar dalam membangun karakter anak
Dok. Yayasan Waroeng Imaji

Dengan hadirnya dongeng digital "Midodo yang Suka Menari" ini, Mama dapat menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dalam menanamkan pendidikan karakter pada buah hati. 

Jalan cerita yang penuh nilai-nilai positif disertai animasi seru tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Anak-anak juga akan belajar hal baru, seperti menceritakan dongeng dengan ekspresi, menyesuaikan intonasi sesuai musik dan lainnya.

Selain itu, dongeng dapat meningkatkan imajinasi dan menumbuhkan kedekatan antara orangtua dengan anak.

4. "Anak Rusun Mendongeng" merupakan inovasi dari Waroeng Imaji

4. "Anak Rusun Mendongeng" merupakan inovasi dari Waroeng Imaji
Dok. Yayasan Waroeng Imaji

Veronica Tan, selaku Inisiator Operet Aku Anak Rusun dan Founder Yayasan Waroeng Imaji, mengatakan, “Waroeng Imaji senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan karakter anak Indonesia melalui berbagai kegiatan edukatif serta memberikan kesempatan pada anak-anak untuk berkreasi di bidang seni. Setelah sebelumnya menghadirkan Operet Aku Anak Rusun yang menggabungkan cerita dengan seni musik dan gerak tari, kali ini Waroeng Imaji berinovasi menghadirkan dongeng digital yang bertujuan untuk pembangunan dan pendidikan karakter anak. Program "Anak Rusun Mendongeng" juga mengundang talenta Indonesia untuk turut berkontribusi dalam program ini.”

Program Anak Rusun Mendongeng terdiri dari 2 tahap, yaitu: 

  • Tahap 1: Yayasan Waroeng Imaji bekerja sama dengan pesohor dan anak rusun dalam mengembangkan seri tahap pertama Program "Anak Rusun Mendongeng".
  • Tahap 2: Yayasan Waroeng Imaji membuka kesempatan bagi talenta muda Indonesia baik di bidang pengembangan cerita, narasi serta talenta di bidang desain grafis, animasi dan film untuk turut mengembangkan konsep dari dongeng di Tahap 1.

5. Berniat kembangkan program dengan mengajak selebriti

5. Berniat kembangkan program mengajak selebriti
Dok. Yayasan Waroeng Imaji

Ke depannya, Veronica Tan berharap dapat terus mengembangkan dongeng digital ini menjadi sarana edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak. 

“Kami akan bekerja sama dengan selebriti maupun public figure dan anak rusun untuk menjadi pembaca dongeng di seri dongeng tahap pertama ini. Saya ingin mereka juga terlibat dalam misi edukasi dengan cara yang menyenangkan. Saya senang sekali membaca dongeng untuk anak-anak. Saya berharap anak-anak yang mengikuti seri dongeng dalam Program Anak Rusun Mendongeng juga turut merasakan kesenangan itu dan akhirnya dapat memahami cerita dengan baik. Ada banyak nilai positif yang dapat dipahami dengan mudah oleh anak-anak.” ungkapnya. 

Yuk, ajak si Kecil untuk menyaksikan dongeng digital "Midodo Badak yang Suka Menari" dan jadikan mendongeng sebagai bahan ajar yang menyenangkan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.