Tak Hanya Tumbuhkan Minat Baca, Ini Manfaat Dongeng bagi Anak-Anak

Mengasah kemampuan motorik, kognitif, hingga komunikasi si Kecil

20 Maret 2021

Tak Ha Tumbuhkan Minat Baca, Ini Manfaat Dongeng bagi Anak-Anak
Unsplash/Josh Applegate

Pada 1000 hari pertama dalam kehidupan, orangtua perlu memerhatikan tumbuh kembang anak-anak agar berjalan secara optimal. Tak hanya dari segi nutrisi, tetapi juga stimulasinya. 

Salah satu stimulasi atau rangsangan agar anak berkembang, yaitu dengan mengenalkannya pada dongeng. Melalui dongeng, anak-anak bisa mendapatkan banyak manfaat. 

Terutama bagi anak usia 1–3 tahun yang mulai memasuki masa kritis dan sensitif. Di mana si Kecil mulai aktif bertanya dan belajar banyak hal.

Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat dongeng dan bagaimana cara mendongeng yang seru untuk anak-anak, Ma. Dikutip dari pernyataan Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis Nutritods Council Experts. 

1. Asah motorik halus maupun kasar si Kecil

1. Asah motorik halus maupun kasar si Kecil
Unsplash/Stephen Andrew

Dongeng dapat mengasah gerak tubuh atau perilaku (motorik) pada anak-anak. Baik motorik secara halus, maupun motorik kasarnya, Ma. 

"Saat mendongeng, motorik halus si Kecil akan terlatih karena mereka akan ikut belajar cara membolak-balikkan halaman buku cerita, menelusuri gambar-gambar, dan lainnya," ujar Dra. Ratih Ibrahim, M.M.

Selain itu, dongeng juga dapat meningkatkan motorik kasar anak. Misalnya, dengan ikut meniru gerakan-gerakan tokoh atau karakter dalam cerita dongeng.

2. Tingkatkan kemampuan kognitif anak

2. Tingkatkan kemampuan kognitif anak
Unsplash/Jacek Szczyciński

Dongeng dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak, lho. Hal ini karena mendongeng bisa meningkatkan rasa ingin tahu buah hati, Ma. 

"Dongeng juga dapat mengasah kemampuan anak dalam memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, imajinasi, dan menumbuhkan minat baca," jelas Ratih. 

Jadi, perkembangan otak anak dapat tumbuh maksimal karena kemampuan kognitifnya terus diasah melalui dongeng. 

Editors' Picks

3. Dongeng bisa mengajarkan anak bersosialisasi

3. Dongeng bisa mengajarkan anak bersosialisasi
Unsplash/Victoria Priessnitz

Dari beragam karakter dalam cerita dongeng, kemampuan anak-anak dalam bersosialisasi juga berkembang. Hal ini karena dongeng dapat mengenalkan si Kecil pada macam-macam perilaku setiap karakter. 

Misalnya, karakter yang memiliki sifat baik hati, suka menolong, dan dermawan. Maupun karakter yang memiliki sifat negatif, seperti pelit atau jahat pada sesama. 

Pesan moral berbeda yang disampaikan setiap karakter dalam cerita akan menumbuhkan kecerdasan emosional dan pemahaman terhadap norma-norma sosial, Ma.

Selain itu, anak juga belajar bagaimana caranya mengungkapkan perasaan dan empati. Anak pun akan mampu menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya di kehidupan nyata. 

4. Kemampuan bahasa dapat terasah dengan baik

4. Kemampuan bahasa dapat terasah baik
Unsplash/Anita Jankovic

Saat membacakan cerita dalam dongeng, Mama akan mengenalkan anak dengan beragam kosa kata. Misalnya, mengenal nama binatang, nama tumbuhan, atau nama benda. Dengan demikian, si Kecil akan mampu memahami banyak kosa kata.

Selain itu, mendongeng akan mengenalkan anak pada beragam istilah, kalimat, ungkapan, maupun peribahasa. Kemampuan komunikasi anak pun akan terasah dengan baik, Ma.

5. Manfaat kesehatan juga bisa didapatkan dari dongeng

5. Manfaat kesehatan juga bisa didapatkan dari dongeng
Unsplash/Jhonny McClung

Tak hanya bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak. Dongeng juga memiliki manfaat dari segi kesehatan, Ma. 

Hal ini karena karakter dalam cerita dongeng bisa mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada Si Kecil. Misalnya, perilaku dan pola hidup sehat yang diajarkan dalam dongeng. 

Mulai dari cara menjaga kebersihan diri hingga kebersihan lingkungan sekitar. Pembelajaran positif seperti ini tentu akan membawa dampak baik juga dalam keseharian anak. 

6. Tips mendongeng yang menyenangkan untuk anak

6. Tips mendongeng menyenangkan anak
Unsplash/Anna Kolosyuk

Setelah mengetahui beragam manfaat yang bisa anak-anak dapatkan dari dongeng. Mungkin Mama dan Papa tertarik untuk mengajak si Kecil mendongeng. 

Menurut Kak Aio, selaku pendongeng anak Indonesia, ada beberapa cara menyenangkan yang bisa dilakukan dalam mendongeng.

Misalnya, mendongeng dengan menggunakan flashcard. Mama bisa memanfaatkan satu set kartu bergambar yang memiliki kosa kata sederhana di dalamnya. 

Mama juga dapat menggunakan boneka jari untuk menggambarkan suatu karakter saat mendongeng bersama anak. 

Selain itu, bisa menggunakan alat-alat sederhana yang dapat ditemukan di rumah. Seperti, kardus yang telah dibentuk menjadi matahari atau bulan untuk menggambarkan pagi dan malam saat bercerita. 

Dongeng termasuk kegiatan yang cukup mudah untuk dilakukan bukan, Ma? Tak hanya memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, mendongeng juga dapat meningkatkan hubungan atau kedekatan orangtua dengan anak. 

Itulah manfaat mendengarkan dongeng bagi anak-anak. Pastikan Mama memiliki kesempatan untuk menceritakan sebuah dongeng sebagai quality time bersama si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.