7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak 3 Tahun ke Atas

Bingung cari susu pelengkap gizi si Kecil? Cek 7 rekomendasi susu formula untuk si prasekolah ini

2 Mei 2020

7 Rekomendasi Susu Formula Anak 3 Tahun ke Atas
viralko.si

Mama tentu tahu, aktivitas anak semakin meningkat begitu ia masuk jenjang prasekolah atau PAUD/TK. Selain memberikan makanan dan minuman sehat, sebagian besar orangtua memandang perlunya asupan tambahan seperti susu untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Apalagi, usai ASI eksklusif 2 tahun kadang Mama sering khawatir apakah anak makan cukup? Bagaimana dengan gizi dari makanan yang ia butuhkan? Ini masih ditambah dengan kecemasan jika anak mulai susah makan.

Apa yang membuat si Kecil sangat membutuhkan susu untuk mendukung tumbuh kembangnya? Cek informasinya di bawah ini!

Mengapa Anak Usia 3 Tahun ke Atas Butuh Susu Formula?

Mengapa Anak Usia 3 Tahun ke Atas Butuh Susu Formula
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Anak usia 3 tahun ke atas yang memasuki usia prasekolah juga masih mengalami proses tumbuh kembang pesat. Pada rentang usia ini pula, perkembangan otak anak melaju pesat hingga mencapai 90% dari ukuran otak dewasa. Demikian pula dengan pertumbuhan fisiknya.

Ma, kebutuhan nutrisi anak memang bergantung pada usia, tinggi badan, berat badan, aktivitas, dan jenis kelamin anak. Selain memastikan ia menyantap aneka makanan bergizi seimbang, Mama juga perlu melengkapi nutrisinya dengan susu.

Susu diyakini para ahli mampu membantu kecukupan nutrisi anak dan memberikan perlindungan bagi tubuhnya. Itulah mengapa susu formula difortifikasi sedemikian rupa agar mempunyai gizi lengkap dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan zat penting bagi tubuh lainnya.

Nah, supaya Mama tidak lagi bingung memilih susu formula mana yang tepat untuk si prasekolah, berikut Popmama.com memberikan rekomendasinya.

1. Frisian Flag Karya Suprima 4-6

1. Frisian Flag Karya Suprima 4-6
frisianflag.com

Frisian Flag Karya Suprima 4-6 mendukung tumbuh kembang anak dengan memberi nutrisi khusus guna meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuhnya. Pada susu formula ini sudah mengandung zat gizi makro, yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak.

Kandungan tersebut masih ditambah dengan kalsium, vitamin A, C, D, dan E, fosfor, serat pangan inulin, seng dan selenium, dan zat gizi lain. Mama bisa memilih varian rasa vanila, cokelat, atau madu untuk si Kecil. Oh ya, susu ini juga bisa jadi campuran bahan makanan lain, seperti puding atau kue. Jadi, anak nggak akan bosan menikmati susu favoritnya.

2. Vidoran Xmart 3+

2. Vidoran Xmart 3+
blibli.com

Mama pasti tahu minyak hati ikan kod kaya dengan omega 3 (DHA+EPA). Namun, nggak semua anak suka suplemen vitamin minyak ikan tersebut. Biasanya karena bau yang asing dan kurang sedap menurut mereka.

Nah, sekarang ada susu Vidoran Xmart 3+ yang sudah dilengkapi minyak hati ikan kod. Selain kandungan omega 3, susu ini juga sudah memiliki vitamin A dan D alami yang bisa mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Susu pertumbuhan ini juga berperan meningkatkan pertumbuhan dan daya tahan anak. Nutrisi lain yang tercakup di dalam kandungan gizinya antara lain serat pangan inulin dan asam linoleat. Sudah cukup komplit kan, Ma?

Editors' Picks

3. SGM Eksplor 3PLUS dengan Presinutri+

3. SGM Eksplor 3PLUS Presinutri+
klikindomaret.com

Siapa yang nggak kenal SGM? Susu produksi Sari Husada ini memang sudah terkenal sejak dulu. Malah mungkin Mama saat kecil sempat minum susu SGM?

SGM kini hadir dengan lebih banyak varian sesuai usia anak, termasuk untuk usia prasekolah 3-5 tahun. Salah satunya adalah SGM Eksplor 3PLUS dengan Presinutri+.  

Varian SGM Eksplor mendukung kebutuhan gizi dan pertumbuhan si Kecil. Dalam susu ini sudah terkandung protein, asam linoleat, vitamin A, kalsium, zinc, dan zat besi.

Susu pertumbuhan ini tak sekadar memenuhi asupan gizi seimbang anak, tetapi juga menjaga saluran pencernaan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi si Kecil.

4. Lactogrow 4 HappyNutri

4. Lactogrow 4 HappyNutri
rewards.sahabatnestle.co.id

Lactogrow 4 HappyNutri kaya akan lemak baik seperti asam alfa-linoleat atau lebih dikenal omega 3 dan asam linoleat (omega 6). Keunikan susu pertumbuhan ini adalah kandungan susu sudah dilengkapi Lactobacillus reuteri yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Selain itu, Lactogrow HappyNutri mengandung riboflavin dan tiamin yang berperan sebagai koenzim dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Lalu, ada niasin yang mendukung reaksi pembentukan jaringan dan energi. Jadi, karena kebutuhan energi dan kekebalan tubuh si Kecil terjaga, ia pun bisa lebih giat beraktivitas.

5. Nutricia Bebelac 4

5. Nutricia Bebelac 4
blibli.com

Nutricia Bebelac 4 dirancang untuk melengkapi nutrisi anak prasekolah atau 3-6 tahun. Kandungan asam linoleat, minyak ikan, vitamin, dan 9 mineral lain memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak untuk berkembang.

Kandungan prebiotik FOS-GOS yang ada pada susu pertumbuhan ini membantu menjaga fungsi pencernaan anak. Sementara, ekstra kalsium, zat besi, dan zinc juga mendukung pembentukan tulang dan gigi kuat, serta perkembangan otak dan memelihara sistem kekebalan tubuh.

6. Friso Gold 4

6. Friso Gold 4
friso.co.id

Friso Gold 4 memang diperuntukkan bagi anak usia 3 tahun ke atas yang kian aktif menjelajahi lingkungan sekitarnya.

Teknologi Locknutri menjaga kualitas alami nutrisi agar tidak berubah saat proses pemanasan. Tubuh anak pun lebih mudah mencerna susu dan kandungan gizi di dalamnya.

Berbagai kandungan nutrisi diformulasikan pada Friso Gold 4, seperti ALA dan LA, Nukleotida, Prebiotik dan Probiotik, vitamin A, C, E, zinc, dan selenium. Dengan kandungan gizi yang padat, si Kecil mendapat dukungan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan memperkuat daya tahan tubuh dari dalam.

7. Nutrilon Royal 4

7. Nutrilon Royal 4
jd.id

Nutrilon Royal 4 sekarang hadir dengan Kombinasi Emas ActiDuoBio+ yang mempunyai dua manfaat penting, yaitu untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir anak.

Kombinasi unik Prebiotik FOS-GOS serta vitamin C dan E berperan mendukung ketahanan tubuh anak. Sementara, kandungan omega 3, omega 6, dan zat besi meningkatkan kemampuan berpikir si Kecil. Dengan dukungan ratusan ahli di Benua Eropa dan pengalaman lebih dari 100 tahun di bidang early life nutrition, terobosan Nutricia ini tentu menambah referensi Mama dalam memilih susu formula untuk si Kecil.

Demikian 7 rekomendasi susu formula untuk anak prasekolah usia 3-5 tahun. Mama bisa pilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan anak dan tentu saja bujet! Atau Mama punya rekomendasi lain? Yuk, silakan share juga susu pertumbuhan pilihan Mama untuk si Kecil!

Baca juga;

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.