Anak Alergi Susu Sapi? Berikan Susu Gandum Yuk!

Susu gandum mengandung nutrisi lengkap yang tidak kalah dengan susu sapi

27 Februari 2020

Anak Alergi Susu Sapi Berikan Susu Gandum Yuk
meredithcorp.io

Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anak memberikan reaksi berlebihan terhadap protein yang ada di dalam susu.

Akibatnya, muncul gejala alergi berupa muntah, diare, gatal-gatal pada kulit, hingga pembengkakan di bagian tubuh tertentu ketika anak mengonsumsi susu sapi ataupun produk olahannya.

Nah, salah satu cara mencegah timbulnya reaksi alergi adalah dengan menghindari konsumsi susu sapi. Jika anak masih menyusui, Mama juga perlu menghindari konsumsi susu sapi dan olahannya.

Namun, bukan berarti anak tidak boleh mengonsumsi susu sama sekali. Saat ini sudah banyak susu alternatif yang bisa menggantikan susu sapi lho, Ma. Salah satunya adalah susu gandum yang juga mengandung nutrisi tinggi.

Yuk, berkenalan lebih jauh dengan susu gandum. Simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut:

1. Susu gandum mengandung nutrisi yang sangat lengkap

1. Susu gandum mengandung nutrisi sangat lengkap
healthline.com

Susu gandum atau oat milk adalah susu yang terbuat dari oat, yaitu jenis gandum yang biasa dikonsumsi saat sarapan pagi. Namun, susu nabati yang berasal dari Swedia ini telah dilengkapi berbagai nutrisi tambahan. Melansir dari Healthline, dalam 240 ml susu gandum terdapat:

  • 120 kkal kalori;
  • 3 gram protein;
  • 5 gram lemak;
  • 16 gram karbohidrat;
  • 2 gram serat.

Tidak hanya itu, susu gandum juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lho, Ma, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, kalium, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Lengkap sekali kan?

2. Baik untuk menambah berat badan

2. Baik menambah berat badan
cdnparenting.com

Selama masa pertumbuhan, berat badan anak harus terus diawasi agar tidak kurang dari berat badan ideal. Pasalnya, berat badan rendah berisiko menimbulkan berbagai penyakit.

Nah, Mama dapat mengandalkan susu gandum untuk menambah berat badan anak. Berbeda dari susu nabati lainnya, susu gandum mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 120 kkal.

Perlu Mama ketahui, umumnya susu kedelai hanya mengandung 90 kalori, sedangkan susu almond hanya mengandung 35 kalori.

Baca juga:

6 Manfaat Susu Kambing untuk si Kecil, Sudah Pernah Coba?

Editors' Picks

3. Baik untuk pertumbuhan tulang

3. Baik pertumbuhan tulang
azureedge.net

Layaknya susu sapi, susu gandum mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, yaitu vitamin D dan kalsium.

Oleh karena itu, Mama tidak perlu khawatir anak akan kekurangan kalsium ketika Mama mengganti susu sapi dengan susu gandum. Pertumbuhan tulang anak akan tetap terjaga dengan baik!

4. Mengandung serat beta-glukan

4. Mengandung serat beta-glukan
intermountainhealthcare.org

Salah satu kelebihan susu gandum adalah kandungan serat beta-glukan di dalamnya. Jenis serat ini mampu memperlambat laju makanan di dalam usus.

Alhasil, tubuh pun memiliki waktu yang lebih lama untuk menyerap nutrisi dan membuat anak kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, serat beta-glukan telah banyak diteliti dan terbukti mampu mengendalikan kolesterol lho, Ma.

5. Susu gandum bukan pengganti ASI

5. Susu gandum bukan pengganti ASI
happyfamilyorganics.com

Susu gandum aman dikonsumsi anak-anak dan mampu menggantikan peran susu sapi. Meski demikian, Mama perlu tahu bahwa susu gandum tidak bisa dijadikan pengganti ASI sepenuhnya.

Oleh karena itu, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan susu gandum pada anak supaya anak tetap mendapatkan gizi yang seimbang.

Itulah informasi tentang susu gandum dan kelebihannya. Selain mengandung banyak nutrisi baik, susu gandum memiliki rasa manis yang pasti disukai anak-anak lho, Ma. Apakah anak Mama pernah mencobanya?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.