5 Cerita Rakyat Indonesia yang Harus Diketahui Anak

Cerita rakyat Indonesia mengandung banyak pesan moral lho, Ma

9 September 2019

5 Cerita Rakyat Indonesia Harus Diketahui Anak
Freepik/prostooleh

Kehidupan terasa semakin canggih seiring dengan modernisasi. Rasanya tidak ada aspek kehidupan yang belum tersentuh oleh teknologi. Sejak bangun tidur hingga beristirahat di malam hari, pasti kita tidak pernah lepas dari teknologi.

Modernisasi memang memberikan perubahan yang positif, tapi di sisi lain, ia membuat kita melupakan hal-hal tradisional secara perlahan. Salah satu yang perlahan menghilang adalah cerita rakyat Indonesia. Anak-anak mungkin lebih mengenal karakter Spongebob dan Doraemon daripada Timun Mas maupun Bawang Putih dan Bawang Merah.

Tentunya akan sangat disayangkan jika kekayaan Indonesia ini punah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, yuk ceritakan cerita rakyat Indonesia pada anak Ma. Selain melestarikan kekayaan Indonesia, anak bisa mendapatkan banyak pesan moral dari cerita-cerita ini lho. Berikut lima cerita yang bisa Mama ceritakan pada anak:

1. Lutung Kasarung dari Jawa Barat

1. Lutung Kasarung dari Jawa Barat
dongengceritarakyat

Cerita rakyat dari Jawa Barat ini menceritakan kisah antara Praburarang dan Purbasari. Praburarang merasa iri pada Purbasari karena ayah mereka memilih Purbasari sebagai penerus tahta. Dengan bantuan nenek sihir, Praburarang mengutuk Prabusari menjadi buruk rupa dan mengusirnya ke dalam hutan.

Di dalam hutan, Purbasari bertemu dengan seekor kera bernama Lutung Kasarung. Kera ini sangat menyayangi Purbasari karena kebaikannya. Ia pun menghilangkan kutukan yang ada pada Purbasari. Cerita ini diakhiri dengan kekalahan Praburarang. Pada akhirnya, Purbasari berhasil mendapatkan tahta yang memang miliknya dari awal.

Dari cerita ini, anak bisa belajar untuk menjauhi sifat iri dan selalu berbuat baik kepada sesama.

Editors' Picks

2. Asal Usul Candi Prambanan dari Yogyakarta

2. Asal Usul Candi Prambanan dari Yogyakarta
Pixabay/Denysabri

Mama tentunya sudah sering mendengar cerita ini. Cerita yang berasal dari Yogyakarta ini memang sangat terkenal. Ia mengisahkan kisah antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso ingin menikah dengan Roro Jonggrang, namun Roro Jonggrang tidak menginginkannya. Ia menyuruh Bandung Bondowoso membangun 1000 candi dalam satu malam sebagai syarat.

Syarat yang terlihat tidak masuk akal ini nyatanya sanggup dilakukan oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan makhluk halus. Sayangnya, Roro Jonggrang berusaha menggagalkan Bandung Bondowoso dengan bantuan penduduk desa Prambanan. Pada akhirnya, Roro Jonggrang dikutuk menjadi sebuah arca oleh Bandung Bondowoso yang marah.

Dari cerita ini, anak bisa belajar untuk selalu menepati apa yang sudah ia janjikan. Tidak seperti Roro Jonggrang yang justru mengacaukan janjinya sendiri.

3. Timun Mas dari Jawa Tengah

3. Timun Mas dari Jawa Tengah
Blogspot/Msatuabali

Timun Mas menceritakan perjuangan sepasang suami istri untuk mendapatkan keturunan. Mereka mendapatkan biji mentimun dari seorang Raksasa. Raksasa berkata bahwa mereka akan mendapatkan anak dari biji mentimun tersebut. Hanya saja, raksasa akan kembali mengambil sang anak ketika sudah berusia 17 tahun.

Apa yang dikatakan raksasa benar adanya. Dari biji mentimun tersebut lahirlah seorang anak yang cantik jelita, bernama Timun Mas. Sayangnya, raksasa juga menepati janjinya untuk mengambil kembali Timun Mas saat berusia 17 tahun. Ibu Timun Mas yang tidak ingin Timun Mas dibawa oleh raksasa pun menyuruh Timun Mas lari.

Banyak pesan moral yang bisa diambil dari cerita yang berasal dari Jawa Tengah ini. Salah satunya adalah untuk selalu meminta pertolongan hanya pada Tuhan.

4. Sang Penakluk Rajawali dari Sulawesi Selatan

4. Sang Penakluk Rajawali dari Sulawesi Selatan
Pexels/Eberhard Grossgasteiger

Cerita ini mengisahkan sebuah keluarga kerajaan yang memiliki tujuh orang putri. Salah seorang putri mereka harus dipersembahkan kepada rajawali jika tidak ingin kerajaan dalam bahaya. Raja pun mengadakan sayembara berhadiah untuk menyelamatkan sang putri.

Pada akhirnya, seorang pemuda berhasil mengalahkan rajawali. Tapi, sebelum menerima hadiahnya ia menghilang. Setelah berhasil ditemukan, raja bertanya mengapa ia tidak mau menerima hadiahnya. Pemuda itu berkata bahwa ia tulus menolong sang putri.

Dari cerita ini, Mama bisa mengajarkan anak untuk selalu tulus dalam membantu dan menolong orang lain.

Itu dia lima buah cerita rakyat penuh pesan moral yang bisa Mama ceritakan pada anak. Jika Mama bingung kapan waktu yang tepat untuk menceritakannya, Mama bisa memilih waktu sebelum anak tidur. Momen tersebut juga menjadi momen bonding antara Mama dan anak lho!

5. Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau

5. Bawang Merah Bawang Putih dari Riau
Youtube/Dongeng Kita

Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih berasal dari Riau dan merupakan kisah Cinderella versi Indonesia. Dikisahkan ada dua orang saudara tiri, yaitu Bawang Merah dan Bawang Putih. Bawang Merah dan ibunya memperlakukan Bawang Putih layaknya asisten rumah tangga. Suatu hari, Bawang Putih tidak sengaja menghilangkan baju sang Ibu di sungai.

Saat mencari baju tersebut, Bawang Putih bertemu dengan seorang nenek yang berjanji mengembalikan baju ibunya jika Bawang Putih mau membantu. Ternyata, nenek tidak hanya mengembalikan baju, tapi juga memberikan buah labu kecil berisi perhiasan. Bawang Merah yang tidak terima langsung meminta buah labu besar kepada nenek. Sayangnya, bukan perhiasan yang ia dapatkan, tapi binatang buas.

Dari cerita ini, Mama bisa mengajarkan anak untuk tidak tamak. Mama juga bisa menunjukan bahwa setiap perbuatan pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.