Tidak Sama, Ini Perbedaan Anak Introvert dan Pemalu

Ketahui perbedaannya untuk mendukung perkembangan diri anak yuk, Ma

11 Februari 2020

Tidak Sama, Ini Perbedaan Anak Introvert Pemalu
wixstatic.com

Ekstrovert dan introvert adalah dua jenis karakter manusia yang paling sering dijumpai.

Umumnya, seorang anak dikatakan ekstrovert jika senang bersosialisasi dengan banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Mereka selalu tampil percaya diri dan tidak mengalami kesulitan ketika harus bicara di depan banyak orang.

Sebaliknya, anak introvert lebih suka mengerjakan segala sesuatunya sendiri dan senang berada di kondisi yang tenang. Dalam pergaulan, mereka cenderung bergaul dalam kelompok kecil. Bahkan, tidak jarang seorang introvert dikenal sebagai pribadi pendiam.

Tapi Ma, tidak semua anak pendiam termasuk introvert lho. Bisa saja, mereka hanya malu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Nah, agar Mama semakin mengenal anak Mama, berikut telah Popmama.com perbedaan antara anak introvert dan pemalu:

1. Menyendiri karena alasan yang berbeda

1. Menyendiri karena alasan berbeda
europapress.es

Baik anak introvert dan pemalu memang suka menyendiri. Tapi, mereka memiliki alasan yang berbeda ketika melakukannya.

Anak introvert akan merasa lelah ketika menghabiskan waktu terlalu lama dengan banyak orang. Untuk itu, mereka menyendiri untuk mengembalikan energinya. Mereka pun tidak masalah dengan kesendirian tersebut.

Sebaliknya, anak pemalu akan merasa resah ketika sendirian. Pasalnya, mereka bukan memilih untuk sendiri, tapi terpaksa.

Mereka terlalu takut untuk berinteraksi dengan orang lain, takut membuat suasana canggung ataupun membuat kesalahan.

2. Tidak banyak bicara karena alasan yang berbeda

2. Tidak banyak bicara karena alasan berbeda
bustle.com

Sebagian besar anak introvert memang pendiam. Tapi, mereka bersikap demikian karena lebih suka menganalisis situasi dan berpikir sebelum bicara.

Mereka juga tidak memiliki masalah komunikasi. Ketika berada dalam kelompok kecil dan orang-orang yang mereka percayai, anak introvert akan membicarakan banyak hal layaknya anak ekstrovert.

Sebaliknya, anak pemalu cenderung tidak banyak bicara karena takut salah bicara atau bingung harus berkata apa.

Mereka juga takut dikritik ketika mengutarakan pikirannya.

Editors' Picks

3. Sifat pemalu berhubungan dengan perilaku sosial

3. Sifat pemalu berhubungan perilaku sosial
independent.ie

Tahukah Mama? Karakter introvert bisa dikaji secara biologis lho. Berbeda dengan ekstrovert, anak introvert memiliki sistem saraf yang lebih sensitif. Karena itulah mereka tidak menyukai suara yang terlalu keras atau suasana ramai.

Berbeda dengan sifat pemalu. Ia termasuk dalam perilaku sosial. Anak pemalu bisa saja memiliki karakter ekstrovert. Hanya saja, karakter tersebut tidak muncul karena rasa takut yang mereka miliki.

4. Sifat pemalu muncul karena pengalaman buruk

4. Sifat pemalu muncul karena pengalaman buruk
amazonaws.com

Mengubah karakter introvert anak adalah hal yang sulit. Pasalnya, karakter tersebut adalah bawaan lahir seseorang.

Sebaliknya, sifat pemalu bukan bawaan lahir dan umumnya muncul karena pengalaman buruk yang dialami. Bisa saja anak mengalami peristiwa yang membuat mereka trauma, seperti perceraian orangtua, kasus bullying, atau pernah dipermalukan di depan umum.

Nah, karena bukan bawaan lahir, sifat pemalu pun bisa dihilangkan dengan latihan tertentu. Bahkan, sebaiknya Mama segera melatih anak. Sifat pemalu bisa menyulitkan anak di masa depan lho, Ma.

5. Sifat pemalu dapat memicu depresi

5. Sifat pemalu dapat memicu depresi
bustle.com

Poin ini menunjukan perbedaan terbesar dari introvert dan pemalu. Karena sudah bawaan lahir, anak introvert merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

Sebaliknya, anak pemalu akan terus merasa cemas. Jika kecemasan ini bertambah parah, anak pemalu berisiko menarik diri dari lingkungan dan mengalami social phobia lho, Ma. Bahkan, mereka bisa mengalami depresi.

Oleh karena itu, sangat penting mengenali ciri-ciri anak pemalu dan mengatasi sifat itu sesegera mungkin.

Itulah perbedaan antara anak introvert dan pemalu. Jangan disamakan lagi ya, Ma. Kenali anak Mama agar Mama bisa membantu perkembangan dirinya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.