Pemimpin Alami, ini 7 Karakter Anak Pertama Perempuan

Tumbuh menjadi pemimpin yang peduli pada orang lain

10 Maret 2021

Pemimpin Alami, ini 7 Karakter Anak Pertama Perempuan
Freepik/Lookstudio

Karakteristik seorang anak perempuan dapat ditentunya oleh berbagai faktor, seperti pengaruh keluarga dan lingkungan sekitar anak. Namun tak hanya itu saja, karakteristik anak sebagian ditentukan oleh urutan kelahiran dalam keluarga.

Hal ini pertama kali dikemukakan oleh psikiater asal Austria, Alfred Adler. Adler percaya bahwa hierarki saudara kandung memiliki efek mendalam pada kepribadian anak, dan dapat memengaruhi segalanya mulai dari pilihan karier, hingga menentukan orang yang ia akan cintai.

Ada sejumlah ciri yang menarik yang dimiliki oleh semua anak sulung perempuan.

Jika anak perempuan mama adalah anak tertua ata anak sulung, Mama mungkin tertarik untuk mengetahui tujuh sifat anak perempuan pertama menarik yang mungkin dimiliki oleh anak mama.

Berikut Popmama.com siapkan rangkuman karakter anak pertama perempuan.

1. Anak sulung perempuan lebih mandiri

1. Anak sulung perempuan lebih mandiri
Freepik/Pvproduction

Anak sulung perempuan cenderung tidak memiliki masalah dalam menjelajahi dunianya sendiri. Hal ini disebabkan karena setelah memiliki adik, anak sulung cenderung mengandalkan diri sendiri dalam melakukan apapun.

"Tumbuh dengan satu atau lebih adik sering berarti orangtua fokus ke saudaranya yang lain, meninggalkan anak sulung, hingga akhirnya mereka mengandalkan atau menghibur diri mereka sendiri," Kryss Shane, BS, MS, MSW, LSW, LMSW yang dilansir dari Bustle.com

2. Tumbuh dengan peduli pada orang lain

2. Tumbuh peduli orang lain
Freepik/Jcomp

Mungkin sudah tak mengherankan lagi jika kakak tertua khususnya perempuan bisa membantu Mama dalam mengasuh dan merawat adik-adiknya saat mereka membutuhkannya. Hal ini pun mengajarkan anak untuk tumbuh dengan rasa peduli pada orang lain

"Tumbuh dengan satu atau lebih adik-adik berarti anak sulung menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama saudara-saudara yang lebih kecil. Ia mungkin memandang mereka membutuhkan kenyamanan, atau mungkin membutuhkan perlindungan atau bantuan," kata Kryss.

Editors' Picks

3. Pemimpin yang alami

3. Pemimpin alami
Freepik/kariyukav

Dilansir dari theguardian.com, anak tertua seringkali merupakan pemimpin alami yang bisa dilihat nantinya di lingkungan sekolah dan lingkungan kerjanya.

Karena anak sulung cenderung lebih memiliki otoritas atas adik-adiknya, atau mengambil peran sebagai orangtua pengganti. Sehingga anak sulung memiliki kecenderungan untuk menjadi bos, dan ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cara mereka.

Selain itu, anak tertua seringkali menjadi orang yang bertanggung jawab. Satu penelitian besar studi dari University of Georgia menemukan bahwa anak sulung lebih cenderung memegang peran kepemimpinan. Faktanya, mayoritas presiden Amerika Serikat adalah anak sulung, serta banyak astronot dan CEOS yang juga merupakan anak sulung.

4. Belajar lebih keras

4. Belajar lebih keras
Freepik/Ulkas

Anak sulung perempuan cenderung sangat berorientasi pada prestasi, di mana anak tertua umumnya seringkali menjadi contoh bagi adik-adiknya dalam belajar, prestasi, hingga karirnya kelak, dan juga memegang tanggung jawab pada adik-adiknya.

Hal ini mendorong anak sulung untuk lebih bekerja keras.

"Dengan adik-adik, anak sulung bisa jadi lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua, jadi anak sulung sering kali bekerja lebih keras untuk memastikan bisa menyenangkan atau mengesankan orangtua mereka," kata Kryss.

5. Mudah menyesuaikan diri

5. Mudah menyesuaikan diri
Freepik/prostooleh

Sebagian dari keberhasilan dalam sekolah dapat dikaitkan dengan anak sulung perempuan, yang lebih bersedia melakukan apa yang diperintahkan oleh orangtua, guru, atau tokoh otoritas lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak sulung lebih cenderung menyesuaikan diri. Mereka cenderung tidak memberontak dibandingkan anak kedua, yang memiliki kemungkinan lebih suka berpetualang.

6. Lebih pandai dalam memilih bahasa kedua

6. Lebih pandai dalam memilih bahasa kedua
Freepik/pvproductions

Ini mungkin mengejutkan, tetapi urutan kelahiran dapat memengaruhi seberapa baik seseorang dapat mempelajari bahasa kedua.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa dalam keluarga dua bahasa, anak sulung menunjukkan kemampuan bahasa kedua yang lebih baik daripada saudaranya yang lahir belakangan.

7. Kemungkinan kecil terlibat dalam perilaku berisiko

7. Kemungkinan kecil terlibat dalam perilaku berisiko
Freepik/Senivpetro

Anak sulung dapat lebih menunjukkan perilaku yang lebih baik selama masa remajanya. Sebuah studi dari jurnal Economic Enquiry menemukan bahwa anak sulung jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan zat-zat berbahaya dan aktif secara seksual, dibandingkan mereka yang lahir di tengah dan terakhir.

Namun perlu Mama ketahui bahwa tidak setiap anak sulung memiliki karakteristik yang sama, tetapi jika anak mama adalah perempuan sulung di keluarga, para ahli mengatakan anak cenderung menunjukkan banyak sifat pekerja keras dan mandiri.

Itulah karakter anak pertama perempuan yang sering terlihat. Apakah anak sulung mama juga demikian?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.