Tips Memilih Gadget yang Aman untuk Anak

Konten aman, orangtua tak perlu repot mengawasi secara langsung selama anak bermain

9 Juni 2021

Tips Memilih Gadget Aman Anak
Dok. HUAWEI

Menjadi orangtua dari generasi Alfa bukanlah perkara mudah. Sebab, Mama dan Papa harus mulai mengenalkan anak tentang teknologi sejak dini. Contohnya adalah gadget.

Namun, kini banyak sekali kejahatan yang menyerang anak melalui gadget. Hal tersebut membuat Mama dan Papa akhirnya ragu mengizinkan anak menggunakan gadget. Jika keraguan tersebut terus menghantui, nantinya anak akan mengalami keterbatasan dalam mengeksplore gadget. 

Padahal melalui gadget, salah satunya yang berupa tablet, anak bisa banyak belajar dan mengetahui hal baru. Meski masih pro dan kontra, Mama bisa mempertimbangkan memperbolehkan anak menggunakan gadget sebagai media pembelajarannya.

Untuk anak di bawah 6 tahun atau yang masih balita, Mama bisa memilihkan gadget dengan fitur yang sesuai usia dan fase tumbuh kembang anak. 

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum berbagai keunggulan tablet atau gadget yang bisa Mama pilihkan untuk anak. Simak yuk, Ma! 

Editors' Picks

1. Konten aman untuk anak

1. Konten aman anak
HUAWEI

Apa saja konten di dalam tablet untuk anak sebenarnya sangat penting lho, Ma. Saat ini banyak sekali permainan yang bisa mengasah kecerdasan anak, seperti melatih anak mengenali bentuk dan warna, belajar beberapa bahasa, melatih motorik anak atau mengasah daya ingat. 

Untuk itu, pada webinar Selasa, 8 Juni 2021 Li Xi, HUAWEI Consumer Business Group, APAC Product Expert, mengatakan bahwa kini telah meluncurkan HUAWEI MatePad T10 Kids. Gadget dengan berbagai konten yang cocok untuk anak serta dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu orangtua mengawasi anak dalam penggunaan gadget. 

Tablet ini dilengkapi dengan Kids Corner, taman bermain virtual yang dapat dijelajahi oleh anak-anak dengan aman. Kids Corner memiliki kontrol penuh dari orangtua. 

Orangtua dapat memilih video, gambar dan aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh anak. Sehingga Mama dan Papa tak perlu khawatir lagi anak mendapat konten yang tidak sesuai. 

Selain itu, anak mama juga dapat dilindungi dari pesan instan yang tidak jelas dan hanya dapat bertukar pesan dengan orang yang dikenalnya.

Kids Corner juga memiliki beberapa trik untuk menjaga kesehatan fisik anak lho, Ma!

Seringkali saat bersantai menghabiskan waktu dengan tablet, anak akan berada dalam postur dan posisi yang merusak sendi dan otot. Kids Corner memiliki peringatan postur yang dapat mengidentifikasi ketika anak berbaring diam terlalu lama dan memperingatkan anak untuk bergerak dan memperbaiki postur mereka.

2. Tahan banting

2. Tahan banting
HUAWEI

Jika memilihkan gadget atau tablet untuk anak balita, pilihkan yang tahan banting. Pilih desain yang ramping dan ringan, namun cukup kuat. 

"Tablet ini tahan benturan dan stabil untuk digunakan anak-anak. Tablet ini pun dilengkapi dengan Kids Case yang cantik yang terbuat dari silikon ramah lingkungan dan bagian belakang yang melengkung. Case dapat memberikan kenyamanan pada anak saat memegang tablet dan juga anti-guncangan," kata Li Xi.

"Bagian matt bisa dilepas dan software juga aman sehingga bisa digunakan anak di atas 6 tahun," ucap Li Xi.

3. Bisa dipakai dalam jangka panjang

3. Bisa dipakai dalam jangka panjang
HUAWEI

Target pasar untuk produk ini adalah anak usia 3-6 tahun. Namun, produk ini cocok untuk digunakan hingga anak berusia 12 tahun. Jadi, bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berbagai konten dan fitur yang disajikan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan anak mama terhadap perangkat elektronik dengan aman. 

Itulah tips memilih gadget atau tablet untuk anak balita. Pastikan semuanya aman untuk si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.