5 Pembelajaran Positif Saat Anak Hadir ke Pesta Ulang Tahun Temannya

Wah, ternyata ada manfaat tersembunyinya nih!

5 Desember 2018

5 Pembelajaran Positif Saat Anak Hadir ke Pesta Ulang Tahun Temannya
Freepik

Si Kecil bulan ini sudah mendapat beberapa undangan pesta ulang tahun dari temannya belum nih, Ma? 

Jika sudah ada banyak undangan, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengajak si Kecil untuk datang menghadiri perayaan ulang tahun temannya. Selain, anak mama akan merasa bahagia karena bertemu teman dan menciptakan momen baru. Dirinya juga bisa mendapatkan beragam pembelajaran hidup sebagai bekal di masa depannya nanti.

Ini waktunya, Mama mulai mengetahui manfaat tersembunyi saat si Kecil hadir di ulang tahun teman-temannya. Intip beberapa rangkuman Popmama.com kali ini ya, Ma!

1. Belajar menghargai undangan orang lain

1. Belajar menghargai undangan orang lain
Unsplash/Rahel Daniel

Ma, saat si Kecil hadir ke pesta ulang tahun temannya berarti secara tidak langsung dapat belajar menghargai orang lain. 

Kehadiran mengajarkan anak mama dalam menghargai siapapun yang telah mengundangnya. Terlebih saat dirinya bertambah umur, pelan-pelan si Kecil dapat belajar menghargai. 

Sederhana memang, namun kebiasaan ini menjadi pembelajar berarti saat dirinya beranjak dewasa nantinya. 

Baca juga: Lewat Lagu, Cynthia Lamusu Berikan Kado untuk Ulang Tahun Anaknya

Baca juga: 5 Pilihan Hadiah Ulang Tahun untuk Anak Usia 3 Tahun

2. Melatih simpati dan cara pandang anak

2. Melatih simpati cara pandang anak
Freepik

Saat sedang berulang tahun, anak-anak tentu ingin sekali temannya bisa hadir dan merayakan momen bertambahnya umur. Bila tidak ada yang datang, perasaan sedih akan muncul karena perayaan ulang tahunnya terasa sepi dan kurang bermakna. 

Si Kecil pun pasti akan mulai belajar memahami perasaan orang lain. Dirinya akan belajar menghargai perasaan seorang teman dengan menghadiri undangan tersebut. 

Tak jarang, dirinya pun membawakan kado ulang tahun yang spesial sehingga membuat temannya merasa bahagia. Mama bisa melatih cara pandang dan perasaan simpati si Kecil dari cara sederhana seperti ini. 

Secara tidak langsung, si Kecil juga akan belajar untuk memberikan perhatian kepada teman atau keluarganya yang sedang berulang tahun. 

Baca juga: Tips Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

Editors' Picks

3. Supel dalam bersosialisasi 

3. Supel dalam bersosialisasi 
Freepik

Keterampilan anak mama dalam bersosialisai bisa dilakukan dengan berusaha hadir di acara ulang tahun temannya. Apalagi teman-teman seusianya akan hadir dan berkumpul di tempat yang sama. 

Pengalaman si Kecil saat hadir ke pesta ulang tahun temannya dapat membantu dirinya sendiri dalam mengenal lingkungan dan bersosialisasi terhadap orang-orang baru. Tak hanya itu, anak mama juga akan berusaha belajar menyesuaikan diri terhadap suasana pesta ulang tahun temannya. 

Dengan pribadi yang supel, si Kecil bisa mendapatkan beragam pelajaran baru. Mulai dari berteman dengan siapapun tanpa memilih-milih, mampu beradaptasi terhadap segala jenis lingkungan yang ditemuinya hingga lebih banyak keterampilan dalam bersosialisasi. 

Tugas Mama hanya perlu melakukan pengawasan. Tujuannya untuk tetap memastikan agar si Kecil selalu berada di lingkungan yang baik.

Baca juga: Inspirasi Pesta Ulang Tahun Anak Artis yang Seru Banget

4. Mengembangkan sikap mandiri dan keberanian 

4. Mengembangkan sikap mandiri keberanian 
Freepik/Pressfoto

Bertambahnya usia si Kecil, dirinya harus pelan-pelan belajar mandiri. Terlebih dirinya tidak bisa terus bergantung dan selalu mengandalkan orangtuanya. 

Untuk itu, sikap kemandirian serta keberanian si Kecil perlu dilatih sejak dini. Mama harus mengarahkan agar si Kecil tetap mampu mengembangkan sikap-sikap positif yang ada pada dirinya. Salah satu caranya dengan membawa si Kecil hadir ke pesta ulang tahun temannya. 

Berikan kesempatan juga untuk si Kecil untuk belajar mengucapkan kata-kata seperti selamat ulang tahun kepada temannya tanpa didampingi. Kemudian saat datang ke sebuah pesta ulang tahun, biarkan si Kecil akan mulai berbaur dan bermain-main bersama temannya di sana. 

Selain itu, bila usianya sudah cukup besar dan jarak lokasi perayaan ulang tahun tidak jauh dari rumah. Tidak ada salahnya Mama memberikan kesempatan untuk si Kecil untuk menghadiri pesta ulang tahun temannya sendiri tanpa perlu ditemani. 

Dalam mengajarkan sikap mandiri berusahalah sebaik mungkin, tanpa perlu dipaksa. Ingat, memaksa hanya akan membuat dirinya enggak menjadi sosok yang diinginkan Mama.

Baca juga: 10 Kiat Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak yang Pertama

Baca juga: Ingin Anak Menjadi Sosok Generasi Maju? Eksplor 5 Potensi Ini

5. Meningkatkan kepercayaan diri

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Dok. Juniper Coco

Sebuah pesta ulang tahun yang dihadiri si Kecil dapat melatih rasa kepercayaan dirinya. 

Apalagi ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan si Kecil ketika hadir ke ulang tahun temannya seperti bernyanyi bersama, bermain, berjoget dengan badut hingga beberapa kegiatan lain. 

Kepercayaan diri si Kecil juga bisa dilatih bila dirinya hadir memakai pakaian terbaik saat hadir ke pesta ulang tahun temannya. Bila anak mama ingin tampil memesona di segala kesempatan. Mama bisa memilih berbagai brand yang menunjang penampilan si Kecil. 

Pricillia Putri Aditya, seorang ilustrator dan fashion designer asal Indonesia sudah mendirikan sebuah brand bernama Juniper Coco. Inspirasi dan kreasi yang dituangkan dalam rancangan busananya ini tentu memiliki bahan dan detail terbaik. 

Perlu diingat, jika kualitas pakaian yang dipilih si Kecil saat hadir ke pesta ulang tahun temannya menjadi salah satu poin penting untuk kenyamanannya. 

Mulai sekarang tidak ada salahnya untuk membantu si Kecil untuk hadir ke pesta ulang tahun teman-temannya! Secara tidak langsung ada banyak pembelajaran berarti yang bisa dirasakannya. 

Semangat ya, Ma!