5 Pilihan Hadiah Ulang Tahun untuk Anak Usia 3 Tahun

Sudah siapkan kado untuk anak mama?

12 November 2018

5 Pilihan Hadiah Ulang Tahun Anak Usia 3 Tahun
playfulnotes.com
hadiah untuk si kecil

Nggak terasa anak mama sudah memasuki 3 tahun dan mulai prasekolah, mulai meyuap makanannya sendiri, bersiap buat menggunakan toilet.

Jika anak mama hendak berulang tahun, Mama dan Papa harus bersiap memberikannya hadiah nih.

Jadi, siap-siap ya memberikan hadiah yang berguna bagi anak dan sesuai dengan usianya. Ini juga berlaku jika kamu ingin memberikan hadiah untuk anak dari teman kamu yang menginjak usia 3 tahun.

Berikut rekomendasi hadiah yang cocok untuk diberikan anak yang berulang tahun ketiga.

1. Buku edukatif untuk belajar dan mengenali

1. Buku edukatif belajar mengenali
Freepik

Pada usia ini, anak-anak yang mulai prasekolah akan mulai mencari tahu banyak hal dan mereka akan siap untuk punya buku-buku bergambar yang pastinya lebih menigkat dari usia sebelumnya.

Berikan hadiah berupa buku dengan ilustrasi berwarna-warni, ini sangat berguna pada usianya.

Pilih juga buku dengan kata-kata yang sering digunakan dan perlu dikenali oleh anak-anak dengan cepat. Buku dengan teks yanng besar dan sederhana sangat cocok untuknya semakin mengenali banyak kosa kata baru.

Bukan hanya sebagai hadiah, buku-buku ini akan jadi teman baginya untuk belajar.

Editors' Picks

2. Pilih mainan yang mengajarkannya buat belajar dan menyelesaikan

2. Pilih mainan mengajarkan buat belajar menyelesaikan
Freepik/yanalya

Mainan buat anak usia 3 tahun, banyak sekali jenisnya. Tapi, sebaiknya pilihlah mainan yang bukan hanya membuatnya merasa senang tapi juga membantunya semakin pintar dalam menyelesaikan sesuatu.

Contohnya, sebuah mesin kasir mainan yang bisa mengajarkan anak-anak tentang konsep matematika dasar yang juga berguna meningkatkan kemampuan berhitung dengan cara yang menyenangkan.

Bisa juga memberikan anak komputer mainan dengan keyboard QWERTY yang bisa membantu anak-anak terbiasa dengan tata letaknya.

Huruf dan angka magnetik dapat disimpan di lemari es (atau papan magnet), ini jadi cara sederhana buat mempelajari alfabet.

Teka-teki kayu dengan huruf, angka, binatang, dan bentuk bisa jadi favorit lain untuk mengajarkan pemecahan masalah dan mengembangkan keterampilan motorik halus.

Beberapa mainan semacam ini bahkan menawarkan cara memecahkan solusi lho, mainan ini menumbuhkan kreativitas dan mempertajam pemikiran.

3. Sepeda untuk belajar mengayuh dan mendorong

3. Sepeda belajar mengayuh mendorong
Pixabay/atimedia

Kebanyakan anak usia yang mulai menginjak 3 tahun sudah mulai bisa mengendarai sepeda roda tiga dan skuter.

Saat berusia 3 tahun, saatnya anak mama belajar roda dua. Dengan memberikan hadiah berupa sepeda roda dua, Mama dapat mendukung anak belajar menyesuaikan diri dengan dua roda tanpa gangguan pedal.

Awalnya mungkin akan banyak terjatuh, tapi anak akan mulai menyesuaikan dan belajar dengan baik.

4. Mainan yang bisa bangkitkan imajinasi anak

4. Mainan bisa bangkitkan imajinasi anak
Unplash/li tzuni

Selanjutnya, Mama bisa memberikan mainan berupa perlengkapan yang membangkitkan imajinasi anak seperti perlengkapan berdandan, kostum profesional, seperti petugas polisi, pemadam kebakaran, astronaut, atau koki, dan beberapa yang berbasis fantasi, seperti peri, putri, bajak laut, atau ksatria.

Pilih juga boneka bayi, boneka binatang, dan boneka jenis apa pun yang bisa membuat anak belajar menjaga bonekanya.

Ini jadi mainan yang berguna buat menorehkan rasa saling menyayangi pada sesama makhluk.

5. Pilih mainan yang mengembangkan keterampilan bernyanyi dan menari

5. Pilih mainan mengembangkan keterampilan bernyanyi menari
Freepik/bristekjegor

Saat memasuki prasekolah anak-anak akan mengembangkan keterampilan berbahasa. Biasanya mereka akan belajar berbahasa melalui lagu, mengingat kata dari gerakan tangan, dan mempelajari banyak lagu untuk mengungkapkan suasana hati yang berbeda.

Carilah mainan yang mengeluarkan beragam suara dan menginspirasi musikalitas pada anak-anak yang mulai menginjak usia 3 tahun.

Instrumen irama yang sesuai dengan tangan kecilnya termasuk drum, shaker, dan rebana, meskipun beberapa anak usia 3 tahun mampu menangani instrumen dengan fitur yang lebih rinci, seperti kazoo dan harmonika.

Mama juga bisa mencari buku atau kumpulan kombinasi CD dari lagu anak-anak untuk melatih anak mencintai musik dan menari.

Itulah lima pilihan hadiah yang bisa Mama berikan pada anak yang memasuki usia 3 tahun. Saat membeli hadiah untuk anak, sebaiknya pilih mainan yang berlabel 2+ ya. Pilih mainan yang sudah memiliki label aman untuk anak ya, Ma.

Baca juga: 5 Tips Memilih Mainan yang Berguna untuk Anak

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.